Detail Ukuran Hebel/ Bata Ringan Standar Indonesia (SNI)

Anda ingin renovasi Rumah? ⏩ Kenali dulu 4 macam ukuran hebel dinding SNI ☑️ Detail ukuran hebel/ bata ringan (panjang lebar & tinggi)☑️

Hebel atau bata ringan semakin banyak diminati oleh masyarakat sebagai dinding penopang bangunan. Bata ini mempunyai bentuk yang lebih praktis dan massa lebih ringan daripada bata merah konvensional.

Ada berbagai ukuran hebel yang sering digunakan pada bangunan. Setiap ukuran dapat digunakan pada posisi bangunan yang berbeda-beda. Tentunya masing masing ukuran bata ringan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Berikut detailnya.

Ukuran Hebel / Bata ringan

ukuran hebel

Standar ukuran hebel adalah 60 x 20 x (7.5 / 10 / 12.5 / 20 cm) untuk ACC block hebel, sedangkan untuk ACC Jumbo Block berukuran 60 x 40 x (7.5 / 10/ 12.5 / 20 cm). Tentunya ukuran bata ringan atau hebel cukup bervariasi.

Pada setiap ukuran, Anda dapat memilih untuk membelinya dalam satuan meter kubik atau per biji. Secara umum, ukuran hebel standar terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Ukuran 7,5 cm x 20 cm x 60 cm

Ukuran bata ringan berdasarkan standar yang pertama adalah 7,5 cm x 20 cm x 60 cm. Bentuknya persegi panjang, dengan massa tidak terlalu tebal sehingga mudah dibawa kemana-mana dalam jumlah besar.

Ukuran 10 cm x 20 cm x 60 cm

Ukuran bata ringan hebel berdasarkan standar yang kedua adalah 10 cm x 20 cm x 60 cm. Ukuran ini sedikit lebih panjang daripada ukuran pertama. Meskipun demikian, secara massa keduanya tidak jauh berbeda.

Selain ukuran hebel standar yang dijadikan acuan dalam pembuatan bata ringan, ada juga ukuran yang didasarkan pada merk hebel. Sebenarnya tidak jauh berbeda antara ukuran standar dengan ukuran merk, hanya saja tekstur permukaan dan massa hebel merk sedikit berbeda dari jenis standar.

Ukuran Hebel Citicon

Ukuran bata ringan citicon mempunyai varian ketebalan 0,075 m dan 0,1 m. Dengan ketebalan ini, Anda dapat memperkirakan berapa banyak bata yang dibutuhkan untuk mengisi luas dinding tertentu. Ukuran bata ringan citicon yang bobotnya ringan sangat praktis dalam hal pengerjaan.

Ukuran Hebel Dinding

Ukuran batu bata ringan yang biasanya digunakan pada dinding tidak berbeda dengan ukuran standar, baik dari segi panjang, lebar, maupun ketebalan. Ukuran hebel dinding ini sudah proporsional.

Bata Ringan Hebel vs Bata Merah

ukuran standar hebel

Seiring makin banyaknya yang menggunakan bata ringan, sebagian orang tentu bertanya-tanya. Apa yang membuat bata ringan banyak diminati? Apakah lebih baik dari bata merah, atau sebaliknya? Berikut jawaban atas pertanyaan bata ringan vs bata merah, mana yang terbaik?

  1. Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan

Hebel mempunyai keunggulan dalam ukuran bata ringan hebel dan massa. Bata ini lebih praktis sehingga memudahkan mobilisasi. Selain itu, untuk merekat ukuran hebel apapun tidak perlu banyak perekat. Adapun yang menjadi kekurangan hebel adalah rumit dalam penyusunan. Selain itu strukturnya kurang cocok untuk cuaca ekstrim.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Aspek bata ringan vs bata merah lain yang perlu dipertimbangkan adalah segi harga. Dalam poin ini bata merah lebih unggul karena harganya lebih terjangkau. Selain itu bata merah juga lebih tahan terhadap panas. Kekurangan bata merah terletak pada sisi kepraktisan dan kerapian yang butuh waktu lama dalam pemasangan.

Tips Memilih Hebel / Bata Ringan

ukuran bata ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli bata ringan dengan merek tertentu, ada beberapa hal yang sepatutnya menjadi pertimbangan. Hal ini agar Anda tidak kecewa karena terlanjur memilih bata ringan tapi dengan kualitas rendah. Inilah tips memilih bata ringan terbaik untuk berbagai jenis bangunan.

  1. Pastikan Keaslian Hebel

Ketika Anda tengah memilih hebel dinding yang pas, pastikan juga keaslian hebel tersebut. Jangan sampai Anda terkecoh dengan hebel palsu atau KW yang kualitasnya sangat buruk. Hebel asli tidak akan tenggelam dalam air karena terapung. Anda dapat coba memasukkannya ke dalam air untuk uji keaslian.

  1. Pilih Hebel yang Berwarna Putih

Tidak peduli berapapun ukuran batu bata ringan yang akan dipilih, pastikan Anda memilih bata ringan yang mempunyai warna putih. Warna ini berasal dari senyawa pasir silika yang dikandung bahan hebel berkualitas tinggi.

  1. Pastikan Bentuk Hebel Presisi

Tips memilih bata ringan yang tidak boleh dilewatkan adalah pilihlah hebel yang mempunyai bentuk presisi. Hebel berkualitas memiliki bentuk persegi panjang yang sempurna, bahkan lebih sempurna daripada persegi panjang bata konvensional ataupun batako.

  1. Beli Hebel dengan Produk Bermerk dan Berkualitas

Produk bata ringan yang bermerk dan berkualitas tinggi menyediakan beragam ukuran bata ringan, dari yang berukuran kecil, ukuran standar, hingga ukuran besar. Merk berkualitas telah diuji melalui proses ketat sehingga menghasilkan bata ringan yang bermutu dan awet.

  1. Sebaiknya Melakukan Uji Mutu Sendiri

Berapa pun ukuran bata ringan yang telah Anda pilih, semuanya patut Anda uji mutu untuk memastikan kualitasnya. Anda dapat coba menjatuhkan hebel dari ketinggian satu meter, jika tetap utuh maka hebel tersebut mempunyai kualitas terbaik.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Atap Baja Ringan
Batu Granit Harga Cat Tembok

Itulah beberapa ukuran hebel sekaligus tips dalam memilihnya. Ukuran bata yang beragam dapat diaplikasikan untuk ukuran dinding yang beragam pula. Jika Anda memang tertarik untuk menggunakan bata ringan, tips yang telah dituliskan di atas dapat menjadi tambahan referensi sehingga pertimbangan semakin matang sebelum membeli hebel.

Kata Kunci :

bata ringan,ukuran hebel,ukuran bata ringan,ketebalan tembok,berat jenis tembok sni,berat bata hebel,beda hebel 7 5 dan 10,ukuran tembok,kETEBALAN TEMBOK BATA,koefisien hebel batu bata ringan sni,lebar dan panjang meja sni,panjang hebel,Standart sni bata ringan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *