9 Macam Ukuran Batu Bata Merah SNI Standar Indonesia

⏩ 9+ Varian ukuran batu bata standar nasional Indonesia (SNI) ☑️ Ukuran batu bata merah oven, bata expose, bata merah press & bata putih☑️

Batu bata adalah material bangunan paling umum yang banyak digunakan oleh masyarakat. Batu bata biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan dinding bangunan, karena sifatnya yang kokoh, kuat, dan tidak rapuh.

Batu bata merah, salah satu jenis batu bata yang ukurannya telah ditentukan dalam standar SNI, mempunyai beragam ukuran. Berikut macam macam detail ukuran bata merah yang perlu Anda ketahui.

Ukuran Batu Bata Merah SNI

ukuran bata merah

Ukuran standar batu bata merah adalah 20 cm x 10 cm x 5 cm untuk jenis bata oven dan bata merah biasa. Sedangkan untuk ukuran bata merah press expose standarnya adalah 22 cm x 11 cm x 5 cm.

Ukuran standar yang dibuat pemerintah diatas dikhususkan untuk menyelaraskan mutu dan kualitas bata sehingga lebih merata. Berikut ragam ukuran batu bata lainnya seperti bata merah oven, press, expose yang bisa anda simak.

Jenis Ukuran
Bata Merah Oven 20 cm x 10 cm x 5 cm
Bata Merah 4 Lubang 15 cm x 7 cm x 8 cm
Bata Press Cikarang 20 cm x 10 cm x 5 cm
Bata Tempel Expose 23 cm x 5 cm x 2 cm
Bata Merah Press 17 cm x 8 cm x4 cm
Bata Merah Expose 22 cm x 11 cm x 5 cm
Bata Merah Jumbo 20 cm x 10 cm x 5 cm
Bata Merah Super Grade A 17 cm x 9 cm x 5 cm
Bata Press Merah Jumbo 20 cm x 10 cm x 5 cm

Ada berbagai macam varian ukuran batu bata merah baik yang sesuai standar nasional Indonesia ataupun yang bebas aturan. Misalkan saja batu bata tempel, ukurannya biasanya lebih panjang dan tipis daripada batu bata oven biasa.

Panjang Batu Bata

Ukuran batu bata yang pertama adalah panjang. Panjang bata merah biasanya sekitar 240 mm, tapi ada juga yang 230 mm. Apabila ketika proses pembuatan ternyata terjadi penyimpangan yang menyebabkan hilang presisi, maka penyimpangan maksimal yang diperbolehkan sebesar 3% dari panjang standar.

Lebar Batu Bata

Ukuran batu bata merah selanjutnya yaitu lebar. Lebar bata merah umumnya sekitar 110 mm hingga 115 mm, tergantung kepada kebutuhan. Apabila ketika proses pembuatan ternyata terjadi penyimpangan yang menyebabkan hilang presisi, maka penyimpangan maksimal yang diperbolehkan sebesar 4% dari lebar standar.

Tebal Batu Bata

Sebagian mungkin tidak dapat membedakan lebar dengan tebal, meskipun sebenarnya sangat berbeda. Ukuran batu bata merah tebalnya adalah 50 mm hingga 52 mm. Apabila ketika proses pembuatan ternyata terjadi penyimpangan yang menyebabkan hilang presisi, maka penyimpangan maksimal yang diperbolehkan sebesar 5% dari tebal standar.

Ciri Bata Merah yang Berkualitas

ukuran batu bata

Ukuran bata merah yang ideal berpengaruh secara langsung terhadap kualitas dinding bangunan yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu pemilihan bata yang sesuai dengan kriteria idealnya material bata. Berikut kriteria bata merah yang baik yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih bata merah untuk bangunan.

  1. Resistensi Terhadap Air

Bata yang baik tahan terhadap air. Bata ini mempunyai resistensi atau ketahanan yang kuat terhadap air, sehingga tidak mudah keropos atau mengalami pelapukan alamiah.

  1. Berwarna Merah Keunguan

Terlepas dari ukuran bata yang ideal, sebuah bata dikatakan baik jika mempunyai warna yang merah menyerupai keunguan. Hal ini dikarenakan bahan utama bata adalah dari tanah liat, sehingga bata yang paling baik haruslah mewakili warna bahan bakunya.

  1. Tidak Mudah Hancur atau Dihancurkan

Ukuran bata apapun yang tidak mudah hancur atau dihancurkan, maka itulah bata yang baik. Bata harus mempunyai sifat kokoh dan kuat dalam menghadapi gempuran cuaca ekstrim dan serangan jamur, oleh karena itu tidak boleh mudah hancur.

  1. Memiliki Suara Gemerincing

Kriteria bata merah yang baik selanjutnya adalah adanya sura gemerincing akibat benturan logam. Struktur keras dalam bata yang berkualitas tinggi mampu menghasilkan gesekan komponen sehingga menimbulkan gemerincing.

Persyaratan Kekuatan Bata Merah

ukuran standar batu bata

Persyaratan kekuatan dan ukuran bata merah telah diatur menyesuaikan dengan standar nasional Indonesia. Standar ini pun mengacu kepada undang-undang yang telah disusun sebelumnya oleh pemerintah bersangkutan.

Selain ukuran batu bata yang sudah ditetapkan, standarisasi harga bata merah juga ternyata berlaku di pasaran bahan bangunan yang ada di Indonesia. Berikut persyaratan kekuatan bata merah berdasarkan standar nasional yang perlu Anda ketahui.

  1. Bentuk Standar

Standar bentuk bagi bata merah adalah segi empat prisma yang memanjang, dengan sudut siku-siku pada bagian diagonalnya. Permukaan bata tidak boleh retak-retak alias halus rata. Hal ini berkaitan dengan presisi bata yang harus seimbang.

  1. Ukuran Standar

SNI telah menentukan standar ukuran bagi batu bata yaitu mempunyai panjang 240 mm, lebarnya 115 mm, serta tinggi 52 mm. Misalnya selama proses pembuatan mengalami penyimpangan diperbolehkan asal tidak lebih dari lima persen.

  1. Pembagian Kelas Kekuatan

Persyaratan kekuatan bata merah berdasarkan SNI selanjutnya adalah adanya pembagian kelas, yaitu kelas 250, kelas 200, kelas 150, kelas 50, dan kelas 25. Setiap kelas ini menunjukkan beban kekuatan yang digunakan sebagai penguji bata.

  1. Kandungan

Bata yang sesuai SNI tidak mempunyai kandungan garam terlarut dalam pengkristalan. Kristal ini tidak boleh sampai menutupi permukaan bata lebih dari 50%, karena jika lebih dapat merusak struktur kimiawi bata itu sendiri.

Fungsi Batu Bata Merah yang Perlu Anda Ketahui

Bata merah mempunyai fungsi yang tidak dapat diremehkan begitu saja. Fungsi batu bata merah yang pertama adalah sebagai bahan material dinding bangunan yang kokoh.

Kedua, sebagai tambahan seni artistik bagi desain bangunan. Fungsi batu bata merah ketiga yaitu untuk melindungi bagian interior bangunan dari cuaca ekstrim yang datang silih-berganti.

Ragam Informasi Lainnya :
Ukuran Hebel Harga Batako
Ukuran Batako Harga Bata Ringan

Itulah beragam ukuran sekaligus persyaratan kekuatan batu bata yang telah disahkan oleh otoritas terkait. Ada beragam ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Memastikan ukuran batu bata merah saja tentunya masih belum cukup, Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal lain seperti yang telah dipaparkan di atas, agar bata yang dipilih berkualitas terbaik sesuai SNI.

Pencarian :

ukuran bata merah,bata merah,batu bata standar,ukuran batu bata merah standar sni

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page