Mengenal Ukuran Batako, Jenis & Kelebihan Kekurangannya

⏩ Mengenal apa itu material batako, ukuran batako standar SNI, jenis jenis batu batako ☑️ dan juga kelebihan kekurangannya untuk konstruksi bangunan ☑️

Rumah yang kokoh tidak hanya berasal dari pondasi saja, tapi juga dipengaruhi pemilihan bahan dinding. Batako adalah salah satu material bangunan yang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan dinding. Bahan ini dapat dijadikan dinding yang cukup kuat dan mampu bertahan lama. Berikut berbagai jenis dan ukuran batako sekaligus kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal Apa Itu Batako?

batako

Batako merupakan material untuk dinding bangunan yang terbuat dari bahan campuran pasir, kricak, semen, dan air. Setelah mengalami berbagai macam proses pembuatan, bahan ini berubah menjadi padat yang berbentuk balok dengan ukuran batako bervariasi.

Bahan ini dicetak pada sebuah tempat yang telah disiapkan agar membentuk balok. Cetakan ini tidak hanya berfungsi untuk memadatkan batako, tapi juga menjaga bentuknya sehingga tetap preposisi. Cetakan batako juga digunakan sebagai tempat adonan untuk mencampurkan material penyusun.

Ukuran Batako

ukuran batako

Ukuran batako standar Nasional (SNI) adalah 30 x 10 cm  untuk panjang x lebar, dengan tinggi 15 cm. Selain ukuran tersebut, batako juga memiliki ragam ukuran lain, misalkan saja batako dinding luar memiliki ukuran 40x20x20 cm. Berikut kami paparkan detail ukuran batako yang ada dipasaran.

Jenis Ukuran (Px Lx T) Material
Batako Standar SNI 30x10x15 cm Beton
Batako Beton H 29x14x14 cm Beton
Batako Semen PC 38x8x18 cm Beton
Batako Balok 300x6x10 cm Beton
Batako Lengkung 50x30x10 cm Beton
Batako Kolom 29x29x14 cm Beton
Batako Beton U 29x14x14 cm Beton
Batako Dinding Indoor 40x10x20 cm Beton
Batako Dinding Outdoor 40x20x20 cm Beton

Jenis Jenis Batako

jenis batako

Ada berbagai jenis dan ukuran batako yang didesain secara khusus berdasarkan spesifikasi bangunan tertentu. Bahan ini memberikan model yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Berikut jenis jenis batako beserta ukurannya yang perlu anda ketahui.

  1. Jenis Ringan

Jenis jenis batako yang pertama adalah model ringan. Sesuai namanya, bahan ini mempunyai massa yang tidak berat, sehingga lebih memudahkan dalam hal mobilisasi. Batako ringan didesain secara khusus untuk menjadi struktur bangunan yang mudah dan praktis dalam hal pemasangan.

  1. Jenis Press

Batako press terbuat dari bahan semen yang dicampurkan dengan batuan pasir kasar, sehingga sering juga disebut jenis semen. Material ini mempunyai sifat kedap air jadi aman meskipun digunakan pada bangunan yang mempunyai curah hujan tinggi.

Ukuran batako press juga memungkinkan pengerjaan lebih mudah. Biasanya berukuran 36-40 cm untuk panjang,8-10 cm ukuran lebar, dan 18-20 cm sebagai ukuran tinggi.

  1. Jenis Putih

Material ini terbuat dari bahan campuran batu kapur, trass, dan air. Hampir sama seperti batako ringan yang memiliki massa tidak terlalu berat, material ini relatif ringan.

Jika ukuran batako press berupa persegi panjang, maka jenis ini berbentuk balok dengan rongga di bagian tengahnya. Biasanya berukuran 20-30 cm untuk panjang, 8-10 cm ukuran lebar, dan 14-18 cm untuk tingginya.

Cara Membuat Batako

cara memasang batako

Cara membuat batako secara teoritis tidaklah sulit. Hanya saja untuk mengolah bahan-bahan sesuai komposisi yang seimbang, bukan perkara mudah. Oleh karena itu yang paling baik adalah diciptakan oleh produsen material bangunan profesional. Berikut langkah-langkah pembuatannya yang perlu Anda ketahui.

  1. Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam pembuatan material ini adalah sediakan bahan-bahan yang akan digunakan, antara lain semen, kerikil pasar, air, pasir halus, dan mesin batako jika memang memungkinkan. Kumpulkan bahan-bahan pada satu tempat sehingga memudahkan pembuatan.

  1. Siapkan Peralatan

Selain mempersiapkan bahan-bahan, Anda juga perlu menyiapkan peralatan, seperti cetakan batako, kotak adukan, sendok semen, ember, sekop, ayakan pasir, dan lain-lain. Masing-masing peralatan akan digunakan pada step yang berbeda.

  1. Ayak Pasir yang Akan Digunakan

Cara membuat batako selanjutnya adalah ayak pasir yang akan digunakan. Proses ayakan ini bertujuan untuk memisahkan partikel halus dan kasar dari pasir. Hasil ayakan berupa partikel haluslah yang akan dijadikan bahan, sedangkan yang kasar dibuang. Setelah diayak campurkan pasir halus dengan bahan-bahan lain untuk diolah menjadi beton.

  1. Aduk Betok dengan Menggunakan Tangan

Langkah selanjutnya adalah aduklah beton yang berisi bahan-bahan di atas dengan menggunakan tangan berlapis sarung tangan. Pada proses yang lebih modern, biasanya menggunakan mesin batako yang dapat mengaduk secara lebih efektif dan efisien.

  1. Cetak Menggunakan Cetakan

Setelah beton usai diaduk, cetaklah adonan dengan menggunakan cetakan sesuai bentuk dikehendaki. Jika ingin membuat batako press misalnya, maka gunakan cetakan berbentuk balok. Selanjutnya tunggu hingga cetakan mengeras.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Berbicara mengenai batako, tentu tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Mulai dari aspek ukuran batako, material penyusunnya, hingga pengerjaan, berikut kelebihan dan kekurangan batako yang perlu Anda ketahui.

  1. Kelebihan Batako

Kelebihan dan kekurangan batako yang pertama adalah kelebihan dari segi material/bahan. Batako terbuat dari bahan bertekstur halus, sehingga lebih memudahkan dalam hal pemasangan. Jika dibandingkan batako vs hebel, batako memang sedikit lebih berat, tapi batako lebih kokoh dan lebih mampu menahan beban lebih banyak.

  1. Kekurangan Batako

Kelebihan dan kekurangan batako selanjutnya adalah kekurangan dalam segi ketahanan. Bahan batako tergolong rapuh dan mudah hancur, jika jatuh bisa langsung pecah atau retak tergantung ketinggian. Dibandingkan batako vs hebel, hebel lebih tahan karena bahannya lebih compact.

Ragam Informasi Lainnya :
Ukuran Hebel Harga Bata Ringan
Bata Ringan Batu Granit

Itulah hal-hal seputar batako, mulai dari pengenalan, jenis, ukuran batako, hingga kelebihan dan kelemahannya. Seiring perkembangan dunia arsitektur, semakin banyak pula inovasi bahan dan material yang dapat digunakan pada bangunan. Batako dapat menjadi opsi dinding yang kokoh dan tahan lama.

Pencarian :

ukuran batako

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page