Kenali 10 Macam Tekstur Kayu & Serat Kayu Kualitas Terbaik

⏩  Mengenal macam macam tekstur kayu dan serat kayu berkualitas terbaik⭐tekstur kayu jati ☑️ mahoni ☑️ sungkai ☑️ sonokeling ☑️ sengon☑️

Kayu merupakan hasil kekayaan alam yang sangat melimpah di Indonesia. Fungsi kayu tidak hanya sebagai penguat bangunan saja, melainkan juga digunakan sebagai material favorit dalam pembuatan aneka macam furniture.

Hal ini dikarenakan pola tekstur kayu yang unik membuat hasil perabotan rumah menjadi menarik. Nah untuk teman teman yang penasaran dengan detail texture kayu beragam jenis, berikut paparan lengkapnya.

Macam Macam Tekstur Kayu

teksture kayu

Setiap jenis kayu yang dihasilkan oleh pohon tentunya memiliki keunikan dan ciri khas tekstur kayu maupun serat kayu tersendiri. Hal ini karena setiap pohon tumbuh dari gen dan juga lingkungan yang berbeda. Misalkan saja texture kayu jati tentunya berbeda dengan tekstur kayu kamper.

Kayu Jati

Jati dinilai menjadi jenis kayu termahal jika dibandingkan dengan yang lain. selain tekstur kayu jati indah, kekuatan dari kayu ini juga tidak tertandingi lagi. Terlebih dalam hal ketahanan dari cuaca, suhu, dan jamur. Oleh karenanya furniture yang berbahan dasar jati pasti terlihat sangat mewah dan kokoh.

Kayu Sengon

Kayu sengon memiliki serat yang tidak berantakan, sehingga membuatnya hampir terlihat seperti kayu polosan. Dengan warna kuning kecoklatan yang alami bisa membuat furniture menjadi lebih cantik.

Kayu Sonokeling

Sonokeling merupakan sejenis kayu yang kerap kali ditemui sebagai penguat dari kontruksi bangunan. Alasannya teksturnya kuat dan awet sehingga cocok jika dibuat untuk pengokoh bangunan dan furniture. Selain itu serat yang indah dengan kombinasi warna ungu disertai coretan hitam  menjadi ciri khas dari kayu ini

Kayu Pinus

Memiliki texture kayu yang sangat halus dan warna terang membuat pinus bisa menjadi material rekomendasi untuk menjadi perabotan rumah yang cantik. Harganya pun bisa dikatakan cukup murah dan mudah untuk dijumpai

Tekstur Kayu Sungkai

Mempunyai ciri khas perpaduan warna putih dan kuning membuat kayu sungkai juga memancarkan aura cantik ketika dibuat menjadi benda-benda rumahan. Serat yang dimilikinya agak kasar sehingga bisa dikatakan memiliki tingkat kerentanan pecah yang cukup tinggi.

Tekstur Kayu Merbau

Kayu merbau juga bisa dijadikan bahan untuk membuat furniture. Hal ini dikarenakan warnanya yang cokelat kemerahan dapat tahan dari serangan serangga. Tekstur kayu merbau cukup halus dan harganya pun lebih terjangkau.

Tekstur Kayu Mahoni

Dari segi tampilannya mahoni mempunyai warna yang sangat mencolok, yakni merah menyala dan merah muda. Selain itu, teksturnya pun lembut sehingga lebih mudah untuk dibentuk menjadi barang-barang sesuai keinginan.

Kayu Akasia

Kayu akasia juga mempunyai kekuatan yang bisa diandalkan. Pasalnya daya tahan ini bisa mencapai 20 tahun ke atas lamanya. Teksturnya agak kasar, serta berserat searah atau lurus.

Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki tekstur yang lumayan halus, keras, dan kuat. Warnanya coklat mentah dengan guratan yang tidak teratur. Dengan keunikan dan kelebihan ini membuat ulin sering dijadikan material untuk benda-benda outdoor.

Kayu Mindi

Dilihat dari segi ketahanan kayu mindi bisa dikatakan sangat kuat. Serat kayu ini cukup halus dengan warna cokelat mudah yang netral. Harganya juga sangat terjangkau sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan furniture.

Sifat Fisik Kayu

tekstur kayu jati

  • Keawetan

Zat ekstraktif yang ada di dalam kayu sangat mempengaruhi tingkat keawetannya. Oleh karenanya hama tidak akan menyerang karena bisa teracuni oleh senyawa tersebut.

  • Tekstur kayu

Berdasarkan teksturnya kayu dibedakan menjadi beberapa. Diantaranya ialah halus seperti kulim dan giam. Lalu ada sedang dengan contoh kayu sonokeling dan kayu jati.

Fungsi Kayu

  • Sebagai material bangunan dan furniture

Fungsi kayu yang paling lumrah yakni sebagai material untuk bangunan dan furniture. Tingkat kekuatan beserta serat yang dimiliknya selalu menjadi alasannya yang paling utama.

  • Bahan bakar

Berbagai jenis kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alami untuk memasak, membuat api unggun, dan sebagainya. Sebab kayu mampu menghasilkan api yang lebih lama dengan keluaran asap yang sedikit.

Keuntungan Penerapan Kayu untuk Lantai Rumah

  • Ruangan lebih hangat

Kayu mempunyai sifat alami dapat menyimpan panas ketika siang hari dan menghangatkan udara saat cuaca dingin. Oleh sebab itu, jika lantai menggunakan bahan dasar kayu maka akan menciptakan kehangatan pada ruangan.

  • Efek visual yang menarik

Tekstur lantai kayu yang terkesan murni dari alam akan memberikan efek visual yang menarik bagi rumah. Terlebih jika kombinasi warna temboknya juga sepadan, maka bisa dipastikan keindahan rumah akan terpancarkan.

  • Perawatan lebih mudah

Perawatan lantai dari kayu lebih mudah daripada keramik. Cukup sapu dan berikan vakum cleaner maka lantai sudah terlihat kinclong dan bersih.

Tips Merawat Furniture Kayu

texture kayu

  • Saat memindahkan jangan diseret

Jangan pernah menyeret barang yang terbuat dari kayu. Jika itu terjadi maka tekstur kayu akan rusak sehingga kualitasnya berkurang. Lebih parahnya lagi resiko retak jauh lebih besar.

  • Berikan alas kaki

Alas kaki akan sangat berguna bagi furniture kayu untuk menjaga seratnya yang ada di bagian bawah. Bukan itu saja namun ini juga akan membuat lantai rumah tidak tergores.

Perbedaan Kayu Lunak dan Keras

  • Kayu lunak

Pada umumnya kayu lunak dihasilkan dari jenis-jenis pohon yang mempunyai daun lebar atau dikotil. Ciri utamanya terletak pada serat kayu yang rapat sehingga tidak terlalu menonjol.

  • Kayu keras

Sementara untuk kayu keras didapati dari pohon yang memiliki daun menyerupai jarum atau conifer. Seratnya tidak terlalu rapat dan bisa lebih diperhatikan lagi karena tercetak jelas.

Ragam Informasi Lainnya :
Tekstur Vinyl Lantai Tekstur Kayu Jati Belanda
Harga Triplek Harga HPL
Tekstur Lantai Kayu Keramik Motif Kayu

Demikianlah penjelasan dari 10 ragam contoh tekstur kayu beserta seratnya yang bagus. Jika ingin melihat contoh-contoh di internet maka sebaiknya memilih gambar teksture kayu HD agar semakin memperjelas polanya.

Kata Kunci :

dimensi serat kayu pinus,kayu memiliki tekstur,kayu sejenis pohon petai yg mempunyai serat bagus,Kayu ulin tekstur,tekstur dari kayu,tekstur kayu

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *