Supervisor Adalah ? Arti Apa itu Supervisor dan Tugasnya

⏩ Supervisor adalah ? Ulasan lengkap pengertian apa itu Supervisor menurut KBBI ☑️ Fungsi ☑️ Tanggung Jawab ☑️ Gaji ☑️ Tugas Supervisor☑️

Di dalam struktur pegawai di sebuah perusahaan, ada jabatan yang dikenal sebagai supervisor. Jabatan ini posisinya lebih tinggi dibandingkan jabatan karyawan biasa. Namun tentu saja tanggung jawab dan beban yang dimiliki pun lebih besar.

Supervisor adalah jabatan yang bisa dibilang sangat populer diminati oleh para tenaga marketing. kalau Anda ingin menduduki jabatan ini, kenali dulu apa itu supervisor, tanggung jawab, tugas dan gajinya.

Arti Supervisor Adalah ?

supervisor adalah

Sebelum mengenal lebih jauh tentang jabatan ini, Anda harus tahu lebih dahulu apa itu supervisor. Setiap perusahaan pun umumnya memiliki rincian pekerjaan yang berbeda-beda. Tanggung jawabnya pun umumnya ditentukan berdasarkan bidang tempat perusahaannya bekerja.

Supervisor adalah jabatan yang memiliki kuasa dan hak untuk mengatur serta memberikan perintah kepada karyawan pelaksana. Secara sederhana, supervisor bisa diartikan sebagai jabatan yang berada di bawah manager dan berada di atas karyawan pelaksana.

Meski memiliki hak dan kuasa untuk mengatur dan memberi perintah kepada karyawan pelaksana, namun hak dan kuasa tersebut tetap berdasarkan arahan dari atasan langsungnya.

Fungsi Supervisor

Tidak hanya tanggung jawab dan tugas, supervisor juga memiliki fungsi penting bagi perusahaan. Karena itulah posisi ini hampir selalu ada, baik itu di perusahaan besar, instansi bahkan di restoran.

  1. Penghubung Antara Staff dan Manager

Sebagai jabatan yang posisinya di atas karyawan biasa dan dibawah manajer, maka diperlukan supervisor sebagai penghubung antara staff dan atasan. Seperti yang sudah disebutkan dalam tugas supervisor sebelumnya.

Posisi ini bertugas apabila ada kebijakan dari atasan yang harus disampaikan. Begitu pula ketika ada keluhan dari staff atau karyawan, maka supervisorlah yang akan meneruskan kepada manajer.

  1. Menyelesaikan Masalah Tanpa Turun Tangan Manajer

Sebagai penghubung, supervisor juga memiliki fungsi untuk sebisa mungkin menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan kerja tanpa harus ditangani oleh atasan langsung. Barulah jika nanti masih belum bisa diatasi, supervisor bisa mengatakan pada manajer untuk dibantu mengatasi.

Tugas Supervisor

tugas supervisor

Sepert yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa supervisor tidak selalu memiliki tugas yang sama di setiap perusahaan atau tempat bekerja. Tanggung jawabnya lebih ditentukan berdasarkan bidang perusahaan atau tempat kerjanya saja. Namun, secara umum ada beberapa tugas supervisor yang harus dilakukan apapun bidang pekerjaannya.

  1. Mengawasi dan Mengatur Kerja Bawahannya

Tugas paling umum dari supervisor adalah mengawasi dan mengatur kerja staff bawahannya. Atas arahan dari manajer, supervisor bisa memberikan perintah da peringatan kepada staff atau karyawan yang melakukan kesalahan.

  1. Menyampaikan Kebijakan

Tugas selanjutnya dari jabatan ini adalah menyampaikan kebijakan yang diberikan oleh  atasannya kepada staff atau karyawan bawahannya. Kembali lagi, tugas ini juga dilakukan berdasarkan arahan dari manajer yang diberikan kepada supervisor.

  1. Menegakan Aturan dan Mendisiplinkan Karyawan

Tugas atau job desk supervisor selanjutnya adalah menegakkan aturan perusahaan yang berlaku bagi semua karyawan. Tugas ini diberikan agar kinerja karyawan tetap maksimal dan tidak meragukan perusahaan.

Tanggung Jawab Supervisor

supervisor

Jabatan sebagai supervisor ini memang cukup tinggi kedudukannya di perusahaan. Meski begitu tanggung jawab supervisor yang harus diemban pun juga lebih besar dari karyawan biasa. Tanggung jawab supervisor bisa dijabarkan dalam beberapa aspek.

Pertama adalah planning, maka supervisor bertanggung jawab untuk merencanakan kegiatan di perusahaan atau tempatnya bekerja. Perencanaan yang dimaksud adalah merencanakan tugasnya atau tiga.

Organizing dan Staffing adalah tanggung jawab selanjutnya dari supervisor. Maksudnya, organizing adalah mengatur agara tugas dab pekerjaan yang berada di lingkup wilayahnya bisa tetap berjalan baik. Sedangkan staffing adalah memastikan setiap karyawan atau staff yang terlibat dalam tugas bisa mengerjakannya dengan baik.

Terakhir adalah tanggung jawab direct dan controling. Tanggung jawab ini membuat supervisor harus bisa mengarahkan staff atau karyawan di bawahnya akan tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan. Sedangkan controling artinya supervisor harus selalu mengontrol pekerjaan yang dilakukan staff serta menegur jika ada kesalahan.

Gaji Supervisor

Hal selanjutnya yang mungkin paling membuat penasaran adalah berapa jumlah gaji supervisor dengan tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukannya tersebut? Posisi ini bisa dibilang setara dengan manajer karena salah satu peran dari orang yang menjabat posisi ini adalah berhadapan dengan manajer lainnya.

Namun, supervisor berbeda karena posisi ini harus berhadapan dengan dua kelompok sekaligus, yaitu jajaran manajer dan karyawan atau staff. Jika berbicara tentang gaji, sudah pasti gaji setiap perusahaan berbeda untuk supervisornya.

Namun jika dilihat dari posisi yang hampir sebanding dengan manajer, maka gaji yang diterima pun bisa dikira-kira tidak jauh dari manajer. Supervisor adalah jabatan fungsional yang sangat penting dalam perusahaan, jadi wajar jika gaji supervisor mendekati level manajer.

Nah, itulah tadi serba serbi tentang posisi sebagai supervisor yang pasti ada di setiap perusahaan, instansi hingga restoran atau cafe. Setelah mengetahui seluk beluk tentang posisi ini, masihkah Anda ingin menduduki posisi ini? Atau Anda justru semakin terpacu untuk bekerja keras agar bisa menduduki posisi ini?

Kata Kunci :

supervisor adalah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *