Mengenal Apa itu Solar Panel (Solar Cell), Cara Kerja & Harganya

Apa itu Solar Panel ? ⏩Berikut penjelasan lengkap & detail seputar solar panel ☑️ dan solar cell☑️ Harga, Manfaat & Cara Kerja☑️

Teknologi semakin maju terutama di bidang energi dan listrik. Salah satu yang sedang mengalami perkembangan signifikan adalah solar panel. Orang mengenalnya sebagai panel surya yaitu alat untuk mengubah sinar matahari  menjadi energi listrik.

Dengan cara ini, Anda berupaya untuk membuat sebuah sistem mandiri untuk pasokan listrik. Solar panel Indonesia sudah mulai berkembang untuk penggunaan rumah tangga, gedung, sekolah, area terpencil, dan kebutuhan khusus.

Selain itu, penggunaannya semakin mudah dan produk tersedia dengan berbagai merek. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja kita simak detailnya.

Apa itu Solar Panel ?

solar panel

Banyak yang masih bingung mengenai istilah yaitu antara panel dan cell. Solar panel adalah sebuah lapisan mirip dengan papan dimana terdapat cell untuk menangkap energi matahari. Saat Anda melihat instalasi ini di atap rumah, bentuknya mirip seperti lapisan yang sengaja direkatkan di atap tersebut.

Lapisan ini memiliki sebuah sistem terdiri dari kumpulan cell atau reseptor yang berinteraksi saat terpapar matahari. Secara umum, solar cell adalah semacam komponen yang terdiri dari kumpulan semikonduktor. Teknologi ini mirip yang ada di komputer tetapi berbeda fungsi. Tujuannya sebagai reseptor untuk menerima serta penyerap energi listrik.

Cara Kerja Solar Panel

harga solar panel

Cara kerja solar panel akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Photovoltaic cell

Sel-sel untuk menangkap sinar matahari disebut dengan photovoltaic cell yaitu semacam semikonduktor. Cell seperti ini memiliki kumpulan electron yang acak dalam keadaan stabil ketika belum ada paparan. Setelah sinar matahari menyentuh langsung. Electron bergerak lalu menyeimbangkan diri sehingga mengeluarkan aliran listrik akibat gerakan tersebut.

  • Arus DC ke AC

Arus yang muncul adalah DC yang searah. Contoh arus ini ada di baterai. Anda tidak bisa memakainya untuk lampu, charger, dan alat listrik lain. DC harus dibuat ke bentuk AC.

  • Teknologi inverter

Saa sudah menjadi AC, arus masih memiliki tegangan yang stabil. Jika alat elektronik menerima arus seperti ini, penggunaan dan fungsi tidak optimal. Apabila terus dipakai, alat justru rusak. Oleh karena itu, panel surya juga terdapat teknologi inverter untuk stabilitas arus.

  • Listrik untuk alat elektronik

Setelah itu, listrik bisa langsung dipakai untuk apapun. Opsi lain adalah menyimpan di baterai.ini merupakan produk akhir dari teknologi panel surya.

Cara Instalasi / Pasang Solar Panel

Cara pasang solar panel sebenarnya tidak sulit tetapi ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pemilik rumah tidak perlu mengganti seluruh bahan atap. Instalasi bisa dilekatkan langsung atau berbentuk panggung mirip kanopi.

Opsi pertama sangat cocok untuk atap yang sudah kompatibel. Cara kedua diperuntukan untuk rumah apapun terlepas dari desain dan konfigurasi atap.

Panel harus selalu menghadap matahari tidak boleh ada penghalang. Anda menebang semua pohon di sekitar area yang menghalangi jatuhnya sinar ke panel. Instalasi dapat untuk semua atap atau sebagian tergantung kapasitas panel tersebut. Anda menyesuaikan dengan kebutuhan target listrik yang ingin diperoleh.

Harga Solar Panel & Biaya Perawatan

harga solar panel

Harga solar panel bervariasi dan dipengaruhi beberapa faktor. Yang paling utama adalah kapasitas. Contohnya adalah solar panel 100wp dimana harga sekitar 1,5 hingga 2 juta per panel.

Ada juga versi kecil seperti 10wp dengan harga Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Kapasitas ini menentukan ukuran dan Anda lebih baik membeli yang panel besar daripada yang kecil jika ingin memperoleh listrik kapasitas besar.

Manfaat Solar Panel

Apakah manfaat panel surya pada rumah ? Jawabannya adalah sebagai berikut ini:

  • Listrik cadangan

Pju solar cell berguna untuk mengelola listrik. Anda mendapatkanya setelah diubah ke bentuk listrik yang bisa diterima oleh mayoritas alat elektronik. Secara umum, fungsinya dari sebuah panel surya dan sel-selnya adalah untuk listrik cadangan.

  • Kebutuhan listrik daya rendah

Manfaat lain adalah mendapatkan listrik untuk kebutuhan daya rendah. Contoh mudah adalah laptop, smartphone, lampu, dan lainnya dimana konsumsi energi tidak besar. Anda sengaja beralih ke solar cell  karena lebih praktis dan fleksibel. Sistem seperti ini dapat dipakai kapan dan dimana saja.

  • Listrik utama

Di beberapa tempat, listrik utama dari PLN tidak dapat masuk. Kendalanya adalah geografis yang membutuhkan sarana besar. Untuk situasi seperti tersebut. Solusi yang tetap adalah penggunaan panel surya. Listrik utama dipasok dari teknologi ini.

Kualitas Solar Panel

Banyak yang bertanya berapa harga solar cell. Jawabannya tergantung kepada kualitas. Beberapa tahun lalu, hanya beberapa perusahaan memproduksi benda seperti. Kualitas juga belum mengalami regulasi. Artinya, Anda bisa menerima kualitas berbeda dari dua perusahaan meskipun secara teknis sama.

Hal seperti ini terjadi untuk solar panel vector. Anda akan membutuhkan ahli dan orang berpengalaman untuk memastikan kualitas sudah layak. Saat ini, banyak perusahaan memproduksi panel dan berusaha meningkatkan kualitas. Target pengguna bukan orang awam tetapi mereka yang peduli akan masa pakai dan kapabilitas.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Besi Hollow
Harga Besi Beton Baja Ringan
Besi Siku Cara Kerja Panel Surya

Biaya untuk perawatan panel surya disesuaikan dengan sistemnya. Anda perlu membersihkan secara berkala. Setelah itu, baterai juga perlu diganti setelah pemakaian beberapa tahun. Secara umum, teknologi solar panel seperti ini bisa bertahan hingga 25 tahun dengan perawatan yang baik dan rutin.

Kata Kunci :

warna tosca,solar cell adalah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *