Mengenal 7 Jenis Sheet Pile dan Perencanaan Perhitungannya

⏩ Mengenal lebih dalam apa itu Sheet Pile beton☑️ ragam jenis☑️ perencanaan perhitungan Sheet Pile excel☑️ dan metode pemancangannya☑️

Ada banyak jenis material bangunan yang bisa digunakan untuk konstruksi besar. Contoh yang mungkin tidak banyak diketahui masyarakat secara umum adalah sheet pile. Nah, untuk lebih memahami tentang material satu ini, berikut akan dijelaskan secara singkat dan jelas.

Apa Itu Sheet Pile

 

Sheet Pile

Sheet pile adalah dinding vertikal yang relatif tipis berbentuk seperti lembaran dan umumnya terbuat dari beton. Konstruksi ini umumnya dikenal sebagai sebuah konstruksi yang dimanfaatkan untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor.

Berdasarkan fungsi utamanya, konstruksi ini umumnya digunakan dalam proyek pembuatan dinding penahan tanah yang bisa dijumpai di daerah-daerah bertebing. Tak hanya itu, konstruksi ini kini juga sudah digunakan untuk membuat pondasi langsung, hingga pembangunan basement.

Jenis Jenis Sheet Pile

Jenis Sheet Pile

Berdasarkan Kekuatan Pondasi :

1. Sheet Pile Diangker

Untuk jenis yang satu ini merupakan jenis yang cocok untuk menahan galian yang dalam dan beban horizontal. Diangker mulai dikembangkan di negara bagian Eropa sekitar tahun 2000an silam.

2. Sheet Pile dengan Landasan

Tipe dengan landasan ini sifatnya menahan tekanan tanah secara horizontal dengan bantuan dari tiang tiang yang fungsinya untuk dijadikan landasan dalam peletakan bangunan tertentu.

3. Sheet Pile Kantilever

Untuk jenis yang satu ini mengandalkan kekuatan struktur tanah yang ada didepan dinding bangunan. Kantilever hanya cocok untuk menahan tanah dengan kedalaman yang sedang (tidak terlalu dalam)

4. Sheet Pile Bendungan Elek Selular

Bentuk yang menyerupai dinding sel yang diisi dengan pasir membuat jenis bendungan elek selular ini mampu menahan beban dan tekanan tanah melalui beban beratnya sendiri.

Bedasarkan Material :

1. Sheet Pile Kayu

Konstruksi dengan fungsi penahan tanah agar tidak longsor ini bisa dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan material atau bahan dasar pembuatnya. Ada sheet pile yang terbuat dari kayu, yang mana material ini umumnya digunakan pada tanah dengan permukaan yang tidak terlalu tinggi.

2. Sheet Pile Baja

Ada pula sheet piles yang penggunaannya bahkan lebih umum lagi, yaitu baja. Sheet piles ini bisa digunakan untuk bangunan yang bersifat permanen maupun sementara. Jenis ini penggunaannya lebih menguntungkan karena penanganannya lebih mudah.

3. Sheet Pile Beton

Terakhir ada sheet piles beton yang terbuat dari bahan beton dengan bentuk yang lebih seragam, betonnya sudah dicetak terlebih dahulu sehingga memudahkan pengerjaan. Jenis ini umumnya digunakan pada konstruksi yang sifatnya berat.

Metode Pemancangan Sheet Pile

Sheet Pile beton

  1. Vibro Hammer

Ada 3 metode pemancangan sheet pile beton yang dikenal, yang pertama adalah vibro hammer. Perencanaan ini terdiri atas satu pasang pembangkit bekerja berlawanan. Perencanaan ini lebih cocok digunakan pada jenis tanah lepas hingga tanah granular padat. Kurang efektif jika digunakan pada jenis tanah lempung yang keras.

  1. Water Jetting

Jika penggunaan Vibro Hammer tidak mungkin dilakukan, maka diganti dengan perencanaan sheet pile water jetting. Fungsinya juga berbanding terbalik dengan vibro hammer, yang mana perencanaan ini lebih efektif digunakan pada tanah granular hingga tanah lempung yang padat dan kaku.

  1. Diesel Hammer

Terakhir ada diesel hammer. Pemancangan sheet pile beton ini dilakukan pada tanah berjenis lempung yang kaku. Masing-masing pemancangan ini dilakukan dengan perhitungan yang akurat sehingga pemasangannya juga akurat dan memberi fungsi lebih optimal. Perhitungan sheet Pile excel adalah salag satu cara perhitungan yang sering digunakan.

Tipe Sheet Pile Beton

Jika melihat dari bentuknya, ada 2 tipe sheet pile beton yang bisa digunakan. Dua tipe itu antara lain:

  1. Flat Sheet Pile

Tipe ini adalah tipe yang memiliki defleksi lebih sedikit. Bahan yang digunakan adalah beton ready mix yang terkenal dengan kuat tekan yang tinggi. Pemasangannya lebih praktis dan ketepatan tinggi. Penggunaannya cocok untuk pembuatan dermaga, konstruksi dinding penahan tanah dan bantaran sungai.

  1. Corrugated Sheet Pile

Pembuatan jenis sheet pile ini menggunakan cetakan dengan presisi tinggi. Karena dibuat dengan cetakan, jadi lebih seragam sehingga lebih mudah diatur dan dipindahkan. Kualitasnya tinggi dan daya tahan lama. Tipe ini biasa digunakan pada lereng dan proyek penggalian.

Kelebihan Material Sheet Pile

Menggunakan sheet pile dalam konstruksi besar merupakan pilihan terbaik, terutama jika fungsinya digunakan untuk menahan tanah, seperti proyek pembuatan dinding penahan tanah di tebing atau pinggir sungai. Selain fungsi tersebut, konstruksi ini dipilih juga karena memberikan banyak keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Dapat Digunakan pada Daerah dengan Daya Dukung Tanah Rendah

Perencanaan sheet pile sebelum dipasang membuat konstruksi ini memiliki daya tahan yang sangat bagus, terutama jika digunakan pada daerah dengan kekuatan tanah rendah. Penggunaannya bisa diaplikasikan pada tanah dengan sifat lunak hingga keras.

  1. Nilai Estetika Lebih Tinggi

Sheet Pile beton ini merupakan struktur konstruksi yang dibuat oleh pabrik. Karena buatan pabrik, jadi bentuknya seragam. Selain itu, dari aspek tampilan, sheet pile dari beton ini memiliki tampilan yang lebih menarik. Karena itu, tak jarang konstruksi ini diaplikasikan pada tempat-tempat wisata. Jadi selain memberikan nilai fungsi untuk menahan tanah agar tidak longsor, sekaligus bisa memberi nilai estetik lebih.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Dengan semua keunggulan yang diberikan dari konstruksi ini, semua pasti menyangka jika konstruksi ini hanya bisa didapatkan dengan harga tinggi. Padahal justru sebaliknya, harga sheet Pile ini lebih terjangkau. Inilah mengapa konstruksi ini lebih banyak dipilih.

Ragam Informasi Lainnya :
Pondasi Tiang Pancang Pondasi Cakar Ayam
Pengertian Konstruksi Harga Besi Beton

Demikian tadi penjelasan singkat dan lengkap tentang jenis jenis sheet pile yang harus Anda ketahui. Material konstruksi ini memiliki fungsi yang penting, terutama sebagai penahan tanah agar tidak mengalami longsor. Tanpa adanya konstruksi ini, daerah dengan kondisi tanah berkekuatan rendah bisa diatasi sehingga tidak menyebabkan kelongsoran.

Kata Kunci :

apa itu sheet pile driver,ukuran sheet pile

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *