15+ Ide Rak Dinding Tempel Minimalis untuk Buku, TV & Dapur

⏩ 15+ Ragam ide desain rak dinding minimalis: ❤️ rak buku dinding ☑️ rak tempel kayu ☑️ rak untuk dapur, kamar, dan ruang tamu☑️

Rak dinding menjadi pilihan banyak orang untuk meletakkan berbagai perabotan. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang simple dan tidak memakan banyak tempat. Sehingga, rak dinding tempel minimalis sangat sesuai untuk diterapkan pada ruangan yang memiliki gaya minimalis.

Di samping itu, jika dibandingkan dengan jenis rak yang lain, rak dinding tempel ini memerlukan biaya yang cukup terjangkau. Jadi, ketika Anda memilih rak jenis ini, bisa sekaligus menghemat pengeluaran Anda.

Desain Rak Dinding Minimalis

rak dinding minimalis

  1. Mengaplikasikan Bentuk Heksagon

Untuk Anda yang ingin memiliki tampilan rak yang unik, Anda bisa memilih bentuk yang satu ini, yaitu menyerupai sarang lebah. Anda bisa meletakkan rak dinding ini di dua sudut yang berbeda.

  1. Menggunakan Rak Dinding Vertikal

Penggunaan rak dinding minimalis yang satu ini bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi dari kenyataannya. Selain itu, juga bisa membuat sudut jauh dari kesan sumpek dan padat.

  1. Membangun Built-in Shelving

Rak ini bisa Anda pilih ketika ruang yang Anda miliki tidak terlalu luas. Rak ini juga bisa menjadi pilihan rak buku dinding yang cukup simple.

  1. Rak Berbentuk Tangga

Desain rak yang satu ini cukup menjadi tren dalam desain interior. Rak ini menjadi salah satu rak dinding tempel yang dapat memberikan kesan rustic.

Desain Rak Buku Dinding

rak buku dinding

  1. Desain di Tengah Ruangan

rak dinding buku

Desain rak yang satu ini cocok untuk ruangan yang cukup mungil. Anda bisa menggunakan rak dinding kayu berbentuk persegi panjang, sehingga tercipta kesan minimalis. Untuk contoh modelnya bisa anda lihat pada gambar diatas.

  1. Rak Buku Tangga

rak dinding kayu

Rak ini bisa menjadi salah satu rak dinding kamar. Bentuknya yang simple sangat cocok untuk desain yang ada di kamar tidur. Anda bisa meletakkan buku dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga buku Anda bisa tertata dengan maksimal. Untuk merapikannya pun cukup mudah dibandingkan desain rak buku yang lainnya.

  1. Rak Berbentuk Sudut

rak sudut minimalis

Anda juga bisa membuat rak dinding di sudut ruangan. Sehingga Anda tidak perlu mengkhususkan space ruangan tertentu untuk menyimpan koleksi buku Anda. Anda hanya perlu menambahkan lampu beserta dekorasi yang sederhana.

Desain Rak Dinding Dapur

rak dinding dapur

  1. Rak Dinding Dapur Kayu

rak dapur kayu

Pemakaian bahan kayu pada rak dinding dapur dapat memberikan kesan hangat ala pedesaan. Bahkan rak ini bisa dibuat hanya dengan menggunakan sisa kayu yang sudah tidak terpakai.

  1. Rak Dapur Sederhana

rak dapur sederhana

Untuk membuat rak dapur sederhana anda bisa memanfaatkan barang bekas yang ada dirumah. Selain menghemat anggaran, pilihan ini bisa membuat dapur tampak cantik dengan sentuhan warna yang senada.

  1. Rak Dapur Bumbu

rak bumbu dapur

Selain digunakan untuk menyimpan perabotan memasak, rak juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan bumbu. Dengan adanya rak tersebut, dapat mempermudah Anda ketika mencari bumbu tertentu.

Desain Rak Dinding Tempel

rak dinding

  1. Rak Ambalan (Floating Shelf)

Jenis rak dinding ini sangatlah sederhana. Model rak dinding yang diterapkan dibuat melayang dengan tetap menempel pada dinding.

  1. Cabinet (Hanging Cabinet)

Bentuk dari rak ini lebih masif jika dibandingkan dengan rak ambalan. Rak kayu dinding ini bisa digunakan untuk meletakkan buku ataupun barang yang lain.

Desain Rak Dinding TV

rak tv minimalis

  1. Rak TV Minimalis

rak tv

Rak TV minimalis bisa menggunakan desain rak untuk TV. Bentuknya simple dan bisa sekaligus untuk meletakkan DVD.

  1. Rak TV Modern

rak tv sederhana

Desain rak TV ini menggunakan dua sisi. Sisi pertama untuk meletakkan TV, sedangkan sisi kedua untuk meletakkan speaker.

  1. Rak TV Sederhana

rak dinding tv

Rak ini menggunakan model tingkat dan berbentuk persegi panjang. Bagian atas merupakan letak TV, sedang bawahnya sebagai letak alat elektronik yang lain.

Cara Membuat Rak Dinding

  1. Membuat Bracket

Sebelum membuat rak, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu plat besi yang akan digunakan untuk menempelkannya pada tembok. Ukurannya bisa Anda sesuaikan dengan rak yang akan dibuat.

  1. Membuat Papan

Anda dapat memotong multipleks berdasarkan kebutuhan dan sesuai dengan ukuran bracket. Kemudian Anda dapat merakitnya menggunakan lem kayu.

  1. Menggunakan skrup dan paku

Untuk menggabungkan semua komponen yang ada, Anda bisa menggunakan paku dan skrup. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan paku angin.

  1. Tutup Bagian Samping

Cara membuat rak tempel tembok cukup mudah. Pada langkah terakhir Anda cukup mengamplasnya hingga rata. Kemudian mengaplikasikan cat pada multipleks.

Ragam Informasi Lainnya :
Hiasan Dinding Minimalis Warna Cat Rumah
Warna Cat Ruang Tamu Partisi ruangan Minimalis

Rak dinding ternyata memiliki desain yang sangat beragam. Anda dapat memilihnya sesuai yang Anda sukai. Selain itu Anda juga bisa sembari menyesuaikan dengan desain ruangan yang ada di rumah Anda, supaya kombinasi rak dengan ruangan tetap terlihat rapi, serasi, dan enak dipandang. Sehingga, di samping sisi fungsional, sisi estetikanya juga tetap nampak.

Kata Kunci :

rak tempel dinding

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *