27+ Motif Railing Tangga Minimalis Unik + Harga Per Meter

⏩Berikut 27+ Motif railing tangga minimalis, unik, mewah dan Modern☑️️ harga railing tangga kayu, kaca, stainless & besi hollow MURAH❤️

Railing adalah bagian dari tangga yang ditempatkan di bagian sisi tangga. Masyarakat lebih sering menyebut bagian tangga ini dengan pegangan tangga. Ini karena memang fungsinya digunakan sebagai pegangan saat naik atau turun tangga.

Ukuran Standar Railing Tangga

railing tangga

Standar ukuran railing tangga memiliki tinggi railing 90 cm – 120 cm dari anak tangga (tread). Dan Jarak antara dinding dengan railing ini setidaknya lebih dari 90cm. Penempatan reling harus diperhitungkan dengan baik agar mendapatkan reling tangga yang ideal.

Ada ukuran standar yang bisa menjadi acuan dalam penempatan reling, jarak reling dengan lantai tangga, serta jarak dari dinding ke reling juga diperhitungkan. Jika Anda membuat tangga dengan satu sisi, maka sisi satunya otomatis adalah dinding.

Komponen Railing Tangga

Kalau Anda perhatikan gambar railing tangga, Anda bisa melihat bahwa reling ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian-bagian tersebut saling menyusun dan memberikan fungsi berbeda. Bagian dari railing tersebut adalah:

  1. Tiang Utama

Bagian pertama dari railing adalah tiang utama. Bagian ini berfungsi sebagai tumpuan atau tiang sandaran railing. Bentuknya bervariasi, bisa lingkaran atau bujur sangkar. Ukurannya lebih besar dibandingkan dengan bagian railingnya.

  1. Pegangan Tangga

Sesuai namanya, bagian reling tangga ini berfungsi sebagai pegangan, berbentuk batangan horizontal yang dibuat tidak terlalu tinggi. Ini adalah bagian yang akan langsung terpegang, jadi saat memilih bagian ini, upayakan pilih material yang aman, tidak ada sudut yang tajam, dan kalau bisa licin. Bentuknya juga beragam, bisa berbentuk bulat atau persegi.

  1. Jeruji (Balustrade)

Bagian terakhir adalah jeruji. Inilah bagian railing yang sering divariasikan dengan beragam desain. Biasanya dibuat berbentuk jeruji biasa dari baja atau kayu, dibentuk berupa ukiran maupun menggunakan kaca.

Motif Railing Tangga Minimalis

Reling juga bisa dibuat dengan berbagai desain. Salah satu yang paling sering digunakan dan cukup disukai adalah railing tangga minimalis. Beberapa waktu belakangan, railing minimalis bahkan menjadi trend dan dibuat sangat stylish.

Railing Tangga Kaca

railing tangga kaca

Tangga merupakan bagian konstruksi yang sangat penting bagi Anda yang memiliki rumah dua lantai. Tanpa tangga, tentu tidak akan bisa menghubungkan bagian rumah lantai satu dan dua. Salah satu model railing tangga minimalis yang jadi favorit adalah reling kaca seperti gambar diatas.

Railing Tangga Besi

railing tangga besi

Membuat tangga pun harus memperhitungkan setiap detailnya agar tetap menjaga keamanan. Fungsi keamanan itu bisa didapatkan dari komponen tangga bernama reling tangga. Railing tangga besi merupakan pilihan paling aman yang bisa anda terapkan pada rumah minimalis anda.

Railing Tangga Kayu

railing tangga kayu

Dengan menggabungkan kayu dan kaca, ruangan di dalam rumah Anda akan terkesan modern, elegan dan hangat. Desain ini bisa diterapkan pada rumah berkonsep minimalis chic. Jadi, selain sebagai pengaman, reling tangga kaca kayu ini juga meningkatkan style rumah Anda.

Railing Tangga Stainless

railing tangga stainless

Selain dikombinasikan dengan kayu, kaca juga bisa menjadi perpaduan yang cocok untuk reling tangga. Kombinasi reling tangga stainless kaca ini akan membuat rumah minimalis terasa lebih modern. Anda bisa melihat gambar reling tangga stenlis mewah pada contoh gambar diatas.

Railing Tangga Besi Hollow

railing tangga besi hollow

Desain railing ini terbuat dari besi hollow atau baja ringan tipis dengan pewarnaan yang selaras untuk dikombinasikan ruangan sekitar. Model railing tangga besi hollow ini sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah minimalis dengan interior bernuansa dominan putih.

Reling Tangga Stenlis Mewah

reling tangga stenlis

Penggunaan bahan stenlis untuk pembuatan tangga bisa dibilang sangat selaras. Selain karena material stenlis yang anti karat, bahan satu ini juga sangat mudah ditemukan meskipun di kota kota kecil. Jika anda tertarik, refrensi gambar motif reling tangga stenlis mewah diatas bisa anda tiru desainnya.

Railing Tangga Minimalis Unik

railing tangga minimalis unik

Desain yang unik merupakan idaman bagi sebagian orang yang tidak ingin terlihat mainstream. Salah satunya juga termasuk dalam pemilihan reling untuk dekorasi rumah. Jika anda tertarik untuk menggunakan railing tangga minimalis unik dan modern, anda bisa mencontoh desain gambar yang kami paparkan diatas.

Desain Railing Klasik

Railing Klasik

Tema klasik/ classic merupakan konsep yang tidak pernah termakan zaman. Dengan motif khas yang banyak lekukan layaknya sebuah batik, reling dengan mootif klasik sepertinya memiliki value tersendiri untuk mempercantik dekorasi tangga rumah anda.

Railing Transparan

railing transparan

Jika anda tertarik untuk menggunakan model reling tangga unik, anda bisa mengusung tema transparan pada dekorasi tangga rumah anda. Dengan memanfaatkan kaca tempered berwarna clear dan warna tembok yang dapat mendukung kesan transparan, model reling tangga unik bisa jadi milik anda.

Motif Railing Vintage

motif railing vintage

Penggunaan tema vintage sepertinya sedang menjadi tren untuk dekorasi rumah maupun cafe di tahun 2021 ini. Banyak sekali cluster cluster diperumahan yang menggunakan tema jadul ini. Tak ketinggalan juga pada dekorasi reling tangga minimalis. Anda dapat menambahkan pernak pernik vintage seperti gambar diatas untuk mendapatkan tema ini.

Railing Berhias Lampu LED & Tanaman

railing berhias lampu dan tanaman

Penambahan tanaman tanaman hias plastik dengan sorotan lampu LED kecil tentunya akan memberikan nilai lebih pada tangga rumah minimalis anda. Detailnya bisa anda lihat pada gambar diatas untuk mendapatkan reling dengan konsep alam ini.

Model Railing Unik Melingkar

railing tangga unik

Salah satu motif reling tangga unik yang bisa anda coba ialah reling dengan konsep yang unik. Terlihat jelas pada gambar diatas reling yang terbuat dari kayu jati dengan desain yang sangat unik yakni melingkar keatas. Walaupun bisa dibilang konsep seperti ini sangat segmented, namun anda layak mencobanya.

Ragam Informasi Lainnya :
40+ Model Tangga Minimalis 25+ Motif Keramik Tangga Minimalis
55+ Dapur Minimalis Modern 45+ Desain Taman Minimalis

Harga Railing Tangga

harga railing tangga

Setelah mengetahui berbagai desain railing yang bisa Anda gunakan, selanjutnya Anda juga harus tahu harganya. Harga railing tangga sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada material, ketebalan, ukuran, finishing dan modelnya. Sebagai referensi, berikut beberapa daftar harga railing tangga minimalis beserta spesifikasinya.

Spesifikasi Harga
Railing Kaca + Stainless (kaca 8mm) Rp 1.500.000/m
Railing Kayu Jati Rp 1.450.000/m
Railing Kayu meranti Rp 1.000.000/m
Railing Besi Hollow Hitam Rp 350.000-Rp 500.000/m
Railing Kaca Tempered 10 mm Rp 550.000-Rp 700.000/m
Railing Besi Galvanis 40 mm x 40 mm Rp 430.000-Rp 525.000/m
Railing Baja Ringan Kombinasi Kayu Rp 470.000-Rp 630.000/m

Tips Memilih Railing Tangga Terbaik

railing tangga minimalis

Fungsi adanya reling tangga ini adalah sebagai pengaman. Dengan adanya reling ini akan mencegah agar tidak terjatuh saat naik ataupun turun tangga. Selain itu, keberadaan reling pada tangga rumah juga menjadi media pegangan saat naik dan turun tangga. Berikut tips memilih reling tangga terbaik versi Renovasi.co.id :

  1. Utamakan Keselamatan

Saat memilih reling tangga, keselamatan adalah aspek utama yang harus dipertimbangkan. Pastikan ukuran dan tingginya tepat serta bahan yang aman. Jangan gunakan bahan yang mudah berkarat karena bisa melukai.

  1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Setelah itu, barulah Anda bisa memilih reling berdasarkan desain rumah. Reling tangga ini bisa menjadi salah satu komponen interior yang akan mempercantik ruangan. Karena itu, sangat penting untuk Anda menyesuaikan atau mengkombinasikan desain railing dengan desain rumah. Jika desain rumah minimalis, maka pilih desain railing minimalis.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir jangan lupa menyesuaikan dengan budget Anda. Harga reling tangga memang bervariasi tergantung pada material pembuat dan desain atau modelnya. Karena itu, jika budget Anda terbatas, Anda bisa mencari alternatif railing dengan harga yang terjangkau, contohnya dari material besi hollow atau aluminium.

Cara Menghitung Kebutuhan Railing Tangga

Sumber : Channel Roni Filter

Reling merupakan komponen dengan fungsi krusial dari tangga. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengaman sehingga harus ada pada sebuah tangga. Informasi tentang railing tangga yang dijelaskan di atas semoga bisa memberikan Anda referensi dan ide dalam memilih dan membuat reling untuk tangga di rumah Anda.

Kata Kunci :

ukuran railing tangga stenlis mewah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *