Detail Struktur Pondasi Batu Kali dan Plus Minusnya

⏩Begini detail struktur pondasi batu kali untuk rumah 1 lantai dan 2 lantai ☑️ Kelebihan dan kekurangan menggunakan pondasi batu kali yang WAJIB kamu tahu!☑️

Dalam membuat konstruksi bangunan, pondasi adalah bagian paling penting karena berada di bagian paling dasar dari bangunan. Ada berbagai jenis pondasi yang umumnya digunakan dalam pembuatan konstruksi sebuah bangunan, salah satunya pondasi batu kali.

Seperti namanya, pondasi ini terbuat dari bahan dasar batu sungai yang cukup mudah ditemukan. Selain itu, harga pondasi jenis ini yang cukup terjangkau membuatnya cukup sering digunakan.

Mengenal Apa Itu Pondasi Batu Kali

pondasi batu kali

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pondasi batu kali adalah salah satu dari beberapa jenis pondasi yang sering digunakan dalam konstruksi. Pondasi ini sendiri merupakan jenis pondasi yang sering digunakan pada bangunan yang relatif sederhana serta kondisi tanahnya masih cukup baik.

Dalam pembuatannya, bahan yang digunakan bukan hanya batu kali saja. Ada beberapa bahan lain yang menjadi pasangan batu kali sebagai bahan dasarnya. Selain batu kali, bahan lainnya yang digunakan adalah pasir pasang serta semen PC yang berwarna abu-abu.

Ukuran Pondasi Batu Kali

Ketika Anda membuat pondasi berjenis ini, ada beberapa detail yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah ukuran pondasi batu kali. Penentuan ukuran yang tepat tentu akan sangat berpengaruh pada kekuatan bangunan nantinya.

Karena itu dalam pembuatannya, ukuran harus dipertimbangkan dengan baik sehingga nanti tercipta keseimbangan bangunan yang tahan terhadap gempa maupun tanah yang bergerak. Berikut adalah ukuran yang digunakan.

  • Tinggi dari Penampang Pondasi

Detail pondasi yang harus diperhatikan pertama adalah tingginya. Tinggi pondasi ini diukur dari sisi atas sampai sisi alas pondasi. Sisi bagian atas pondasi bisa sebidang dengan permukaan tanah ataupun lebih tinggi dari permukaan tanah.

  • Lebar Sisi Atas

Detail ukuran pondasi selanjutnya adalah lebar sisi atasnya. Lebar sisi atas dari pondasi ini harus dibuat dengan ukuran ketebalan 25-30 cm. Ukuran tersebut dibuat karena dua alasan, yaitu untuk agar pengerjaannya lebih mudah dan agar pasangan dari batu belah yang digunakan bisa menahan desakan saat proses pengurugan.

Pemasangan Pondasi Batu Kali

Untuk pemasangan, meskipun merupakan pondasi untuk bangunan sederhana, pemasangan pondasi juga harus tetap menerapkan metode tertentu. Hal ini bertujuan untuk membuat pemasangan jadi lebih presisi dan tepat sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Selain metode, cara menghitung volume pondasi batu kali juga harus diperhatikan.  Karena itu, berikut ini adalah metode pelaksanaan pondasi yang tepat dan benar.

  • Pekerjaan Tanah

Metode pelaksanaan pondasi paling awal adalah pekerjaan tanah. Pekerjaan tanah ini meliputi pembersihan tanah yang akan digunakan untuk membuat pondasi. Kemudian dilanjutkan dengan penggalian tanah untuk pondasi.

Ukurannya bisa disesuaikan dengan gambar pondasi yang dibuat sebelumnya atau bisa juga sampai menemukan tanah keras. Apabila galiannya melebihi batas kedalaman, maka harus ditimbun lagi dan dipadatkan.

  • Pekerjaan Pondasi

Pondasi ini dibuat dari bebatuan sungai yang sudah memenuhi keadaan lapangan. Ukuran pondasi harus sesuai dengan gambar pondasi yang sudah dibuat. Perbandingan bahan yang digunakan adalah 1:3:10.

Pada bagian bawah harus dipasang dengan batu samping setebal 20cm. Sela-selanya diisi dengan pasir urug. Celah-celah antara batu yang besar kemudian diisi dengan batuan yang lebih kecil.

Pasangan batu tidak boleh saling bersentuhan, harus ada perekat diantara pasangan hingga kemudian menjadi rapat. Pasangan pondasi ini sebelumnya sudah disiapkan anker besi yang digunakan sebagai kolom.

Kedalaman ankernya harus 30cm dan harus dicor. Sementara itu, di bagian atasnya terdapat bagian besi yang muncul sepanjang 75cm. Hal ini perlu anda perhatikan dengan baik.

Kelebihan & Kekurangan Pondasi Batu Kali

gambar pondasi batu kali

Penggunaan jenis pondasi ini kebanyakan memang digunakan pada jenis bangunan sederhana. Hal ini karena jenis pondasi ini memberikan banyak kelebihan. Meskipun begitu, selain kelebihan juga ada kekurangan dari penggunaan pondasi ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :

  • Daya Tahan Terhadap Goncangan Tinggi

Pondasi ini terkenal dengan kelebihan yang bisa tahan terhadap goncangan. Karena itu, jenis pondasi ini juga sering digunakan pada bangunan tahan gempa. Untuk meningkatkan kekuatannya biasanya dalam pemasangannya juga dikombinasikan dengan teknik lain.

  • Biaya Pemasangan Murah

Keunggulan selanjutnya adalah dari aspek biaya pemasangan. Karena harga batu kali relatif murah, maka biaya pemasangannya pun relatif lebih murah dibandingkan jenis batu lain.

Karena membahas tentang kelebihan dan kekurangan pondasi batu kali, selanjutnya adalah kekurangannya. Selain memiliki kelebihan seperti yang dijelaskan di atas, pondasi ini juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

Kekurangan :

  1. Bahan Dasar Batu Belah Sulit Ditemukan

Kekurangan pertama dari pondasi ini adalah pada bahan dasar batu belahnya. Pada beberapa daerah, bahan dasar berupa batu belah ini susah didapatkan. Karena itu tidak semua daerah bisa menggunakannya.

  1. Biaya Lebih Mahal untuk Bangunan Bertingkat

Jika digunakan untuk jenis bangunan sederhana, memang biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Namun ketika digunakan untuk jenis bangunan bertingkat, maka biaya yang dibutuhkan jauh lebih mahal. Cara menghitung volume pondasi batu kali juga harus tepat untuk mendapatkan kualitas pondasi yang diinginkan.

Ragam Informasi Lainnya :
Pondasi Cakar Ayam Harga Batu Alam
Harga Batako Batu Granit

Itu tadi adalah penjelasan tentang pondasi batu kali, metode pemasangan serta kelebihan dan kekurangannya. Dengan penjelasan ini semoga bisa menambah wawasan Anda tentang salah satu jenis pondasi yang sering digunakan pada konstruksi bangunan ini.

Kata Kunci :

apa itu pondasi batu kali,batu kali,penjelasan lengkap pondasi batu kali,pondasi batu kali

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *