Ragam Ukuran, Berat & Harga Plat Bordes Terbaru 2021

Sedang mencari info harga plat bordes paling murah ? Cek ⏩ promo harga terbaru ⭐ ragam ukuran dan tabel berat plat bordes terlengkap ☑️  untuk referesi anda!

Bagi Anda yang bekerja pada industri konstruksi bangunan, plat bordes pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Plat jenis ini memang sangat umum digunakan pada industri konstruksi bangunan karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Jika Anda berniat menggunakan material bangunan yang satu ini, ketahui terlebih dahulu detailnya.

Di bawah ini ada informasi lengkap mulai dari fungsi, kelebihan dan kekurangan, ukuran dan berat plat bordes, hingga harga terbarunya di bulan ini. Sudah penasaran? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini:

 Apa itu Plat Bordes ?

plat bordes

Pengertian plat bordes sendiri yaitu sebuah plat baja yang memiliki ketebalan beragam dengan ukuran umum 120 cm x 240 cm. Ciri khas dari material bangunan yang satu ini yaitu kontur atau reliefnya yang timbul sehingga agak berbeda dengan plat jenis lainnya. Selain bordes, plat ini juga biasa dikenal dengan plat berlian, plat kembang, dan plat lantai.

Nama-nama tersebut pada umumnya merujuk pada motifnya yang terlihat menyerupai cakar ayam ataupun bunga. Material yang satu ini sendiri memiliki varian yang beragam mulai dari besi atau baja hingga ada juga plat bordes aluminium yang kini mulai banyak digunakan.

Ukuran Plat Bordes

Standar ukuran plat bordes berkisar antara 2.0 mm x 4′ x 8′ sampai dengan 9mm x 4′ x 8′ dengan berat 51.7 kg sampai 215 kg. Dengan pilihan varian ukuran dan berat yang bervariasi, tentunya menguntungkan anda untuk memilih material yang satu ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Plat jenis ini umum digunakan dalam industri konstruksi sehingga tidak sulit untuk menemukannya di pasaran termasuk dengan plat bordes aluminium. Dimensi atau ukuran material ini pada umumnya hanya satu namun ketebalannya yang berbeda.

Sedangkan untuk berat plat bordes sendiri tergantung dari ukuran tersebut. Anda harus tahu spesifikasi kebutuhan pembangunan sebelum menentukan pilihan berapa ukuran dan berat yang akan dipilih nantinya.

Harga Plat Bordes Terbaru :

harga plat bordes

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai material yang satu ini, Anda pasti penasaran dengan harganya. Untuk harga plat bordes sendiri cukup beragam. Tentu saja harga tersebut dibedakan berdasarkan bahan, berat, dan ukurannya. Ketahui harganya saat ini agar Anda bisa merancang anggaran pembangunan dengan baik.

Spesifikasi Ukuran Berat Harga
Plat Besi Perforasi 65 x 45.3 cm 25 Kg Rp. 144.000
Plat Besi Ezer 2mm 120x240cm 500 Kg Rp. 510.000
Plat Besi Lubang Hexagonal 1.2- 6mm 14 Kg Rp. 440.000
Plat Lubang micro 1 – 2mm 8 Kg Rp. 305.000
Plat Lubang 1219x 2400cm 20 Kg Rp. 490.000
Plat Kembang 2,0 mm x 4 x 8 51,7 Kg Rp. 416.100
Plat Kembang 2,3 mm x 4 x 8 59 Kg Rp. 474.200
Plat Kembang 3 mm x 4 x 8 75 Kg Rp. 605.200
Plat Kembang 3,2 mm x 4 x 8 79,6 Kg Rp. 635.000
Plat Kembang 4,7 mm x 4 x 8 110 Kg Rp. 884.100
Plat Kembang 6 mm x 4 x 8 145 Kg Rp. 1.164.500
Plat Kembang 8 mm x 4 x 8 192 Kg Rp 1.535.700
Plat Kembang 9 mm x 4 x 8 215 Kg Rp. 1.730.800
*Notes : Harga Bisa Berubah Sewaktu Waktu dan Tiap Daerah Pasti Terdapat Selisih!

Fungsi Plat Bordes

Fungsi plat bordes sebenarnya cukup beragam. Hampir semua fungsinya memanfaatkan konturnya yang timbul tersebut. agar lebih jelas, berikut ini adalah fungsi plat bordes yang harus Anda ketahui:

  1. Untuk kendaraan

Bagi Anda yang sering bepergian dengan bus, pasti pernah menjumpai lantai bagian bawah ketika menaikinya. Itulah plat bordes yang dimanfaatkan pada lantai kendaraan seperti bus.

Namun biasanya, bordes pada bus diinstal sendiri oleh pemiliknya agar penumpang tidak terjatuh saat bus berjalan. Selain bus, kendaraan lain yang juga menggunakannya yaitu pick up. Sedangkan pada kereta api, plat ini digunakan untuk memisahkan antar gerbong.

  1. Untuk bangunan

Pada industri bangunan, plat jenis ini paling banyak digunakan untuk membuat tangga. Pasalnya, konturnya yang timbul membuatnya tidak licin sehingga aman digunakan sebagai tangga. Plat ini juga bisa membuat tangga menjadi awet karena anti karat dan juga kuat.

Kelebihan Kekurangan Plat Bordes

ukuran plat bordes

Sebelum menggunakan material yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan. Kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  1. Tahan terhadap karat

Material bangunan yang satu ini pada umumnya dibuat dari baja yang tahan terhadap karat yaitu galvanis. Selain baja galvanis, varian lain juga terbuat dari aluminium yang kita ketahui tahan terhadap karat.

  1. Dibuat dengan cara modern

Teknologi yang digunakan untuk membuat plat besi ini terbilang modern. Jadi tidak heran jika kualitas yang dihasilkan juga sangat baik. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikannya sebagai material bangunan.

  1. Multifungsi

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa plat jenis bordes terbilang multifungsi karena kegunaannya yang beragam. Selain lantai besi, lantai kendaraan, dan tangga, plat ini juga bisa digunakan untuk yang lainnya. Khususnya yang berbahan stainless steel dimana bisa digunakan untuk pelapis meja makan atau campuran pelapis dinding.

  1. Tidak licin

Kelebihan utama dari material yang satu ini adalah konturnya yang terlihat timbul sehingga tidak licin. Untuk itu banyak dimanfaatkan sebagai tangga dan lantai kendaraan agar tidak ada orang yang jatuh.

  1. Tahan terhadap cuaca

Kelebihan terakhir dari plat ini adalah tahan terhadap cuaca. Tidak hanya indoor saja, plat ini juga bisa dimanfaatkan untuk outdoor karena ketahanannya terhadap cuaca tersebut. Jika tahan terhadap cuaca maka bangunan bisa tahan lama.

Setelah kelebihan di atas, selanjutnya ketahui juga kekurangannya sehingga Anda mengetahui kelebihan kekurangan material bangunan yang satu ini pada pembangunan. Kekurangannya yaitu dimensinya yang hanya tersedia satu jenis saja.

Jadi Anda harus mengubahnya sendiri jika membutuhkan plat yang lebih besar atau yang lebih kecil. Meski ukurannya hanya 120 cm x 240 cm saja namun ketebalannya bervariasi.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Besi Siku Harga Besi Beton

Itulah informasi lengkap mengenai plat bordes yang biasa Anda temukan sebagai material pembuat tangga. Dengan informasi lengkap mulai dari harga, kelebihan dan kekurangan, fungsi, hingga berat dan ukuran material yang satu ini tersebut maka Anda bisa menentukan pilihan. Semoga informasi di atas membantu Anda yang ingin membuat bangunan dengan plat jenis ini.

Kata Kunci :

ukuran plat bordes,ketebalan dan ukuran plat bordes KS,tabel ukuran ring plat,bordes adalah,ketebalan dan ukuran plat bordes,pelat bordes,PLAT BORDES,plat lembaran bordes untuk lantai tingkat rumah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *