Mengenal Apa Itu Panel Surya, Cara Kerja & Plus Minusnya!

⏩Ulasan lengkap mengenai apa itu Panel Surya ☑️ Cara kerja☑️ cara pembuatan & pemasangan ☑️ serta harga panel surya terbaru☑️

Mungkin sudah bukan hal baru jika sinar matahari bisa menghasilkan sumber listrik yaitu dengan panel surya. Pemanfaatan sinar matahari ini sangat tepat digunakan apalagi di Indonesia karena memiliki sinar matahari yang melimpah ruah.

Namun sangat disayangkan karena masih banyak energi matahari yang terbuang sia-sia karena di Indonesia masih jarang menerapkan cara ini.  Minimnya pengetahuan masyarakat akan pengertian panel surya dan hal lain yang berkaitan dengannya menjadi salah satu faktor mengapa sampai saat ini pemanfaatan energi ini tidak banyak digunakan.

Perlu pengetahuan dan informasi yang cukup agar tiap masyarakat bisa mengoptimalkan sinar matahari menjadi sumber pembangkit listrik. Untuk itu, silahkan anda simak baik baik ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Panel Surya?

panel surya

Panel surya adalah sebuah alat atau komponen yang digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik dengan sel-sel surya yang terdapat didalamnya. Hasil energi tersebut kemudian akan tersimpan dalam baterai yang berfungsi untuk mengoperasikan berjalannya proses elektronik tersebut sesuai dengan listrik yang dibutuhkan.

Panel surya menyerap sinar matahari yang nanti bisa dijadikan sebagai tenaga listrik. Energi yang dikumpulkan saat terkena sinar matahari berguna untuk kepentingan kelistrikan. Hasil sinar tersebut bisa digunakan saat itu juga atau digunakan nanti tanpa perlu khawatir karena energi telah disimpan dalam baterai.

Cara Kerja Panel Surya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan dibuatnya adalah untuk meminimalisir penggunaan listrik. Adapun cara kerja panel surya ini awalnya membentuk suatu komponen semikonduktor yang menghasilkan medan listrik dan nantinya akan dihubungkan dengan menggunakan metode fotovoltalk.

Aliran medan listrik mendukung gesekan antar atom hingga mendorong elektron menuju semikonduktor tipe-n membentuk kutub positif dan tipe-p agar membentuk kutub negatif.

Kemudian mengenai susunan tipe n-p untuk mendorong elektron bergerak menuju kotak negatif. Sederhananya panel tersebut menampung energi dan kemudian disimpan dalam baterai atau langsung digunakan.

Cara Pemasangan Panel Surya

pemasangan panel surya

Sebelum memasang perlu mengukur dan mengetahui jenis panel mana yang akan digunakan. Pada dasarnya panel dapat dipasang di rumah sakit, atap gedung dan umumnya juga di pasang di rumah rumah tepatnya bagian atap seperti gambar di atas.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan saat memasang yaitu membuat kerangka terlebih dahulu baru memasangnya.
  • Lalu diteruskan ke inverter dan dialirkan ke listrik rumah.
  • Selanjutnya menghubungkan inverter ke baterai agar apabila terjadi kelebihan energi dapat disimpan dalam baterai.
  • Pemasangan ini cukup memakan waktu karena ukuran panel cukup besar oleh karena itu, dapat disiasati dengan penggunaan solar panel mini.

Cara Membuat Panel Surya

Papan datar penyerap energi matahari menjadi energi listrik ini pada dasarnya dapat diperoleh di toko atau lainnya. Nah, berikut ini adalah tata cara membuat panel surya yaitu sebagai berikut;

  1. Potong dan samakan kawat sesuai dengan panel pemanas yang terdapat didalamnya.
  2. Bersihkan potongan tembaga dengan kawat sikat atau ampelas
  3. Bakar voltase dengan voltase tertinggi hasil tembaga yang telah dibersihkan tersebut. Proses pembakaran paling tidak memakan waktu sekitar 30 menit.
  4. Usai pembakaran diamkan hingga 20 menit, lalu gosok di air yang mengalir.
  5. Potong dan sama ratakan dengan yang lain
  6. Pasang cepat capitan buaya dan lakukan uji panel.

Harga Panel Surya Terbaru

panel surya polycrystallie

Harga panel surya dibedakan berdasarkan kekuatan maksimumnya. Semakin tinggi angka kekuatan panel maka makin tinggi pula harga panel tersebut. Selain faktor-faktor tersebut jenis panel yang akan digunakan juga berpengaruh pada harga.

Jenis  Power maximum Harga
Polycrystallie 100WP Rp 1.300.000
Monocrystalline 300WP Rp 3.300
Polycrystalline 30WP Rp 360.00
Polycrystallie 50WP Rp 550.000
Polycrystallie 80WP Rp 880.000
Monocrystalline 200WP Rp 2.200.000
Monocrystalline 250WO Rp 2.250.000

Jenis panel monocrystalline adalah jenis panel yang paling efisien dan menghasilkan daya listrik yang cukup tinggi. Sedangkan polycrystallie menghasilkan daya yang sama dengan monocrystalline namun efisiensinya cukup rendah, bentuk dan desain antar keduanya juga berbeda.

Kelebihan & Kekurangan Panel Surya

panel surya Monocrystalline

Rangkaian solar panel rupanya memiliki plus dan minus bagi penggunanya. Kelebihan yang dimilikinya yaitu membantu menjaga alam dengan tidak mengeluarkan polusi.

Dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber cahaya, tentunya akan ramah lingkungan, biaya pemeliharaan rendah, harganya terus menurun sehingga tidak akan kehilangan efisiensi masa pakai dalam kurun waktu 20 tahun dan penghematan energi jangka panjang antara 25-30 tahun.

Sedangkan kekurangan solar panel yaitu harga beli yang mahal, perlu peningkatan efisiensi dan bahan pembuat yang tidak ramah lingkungan. Selain itu, daur ulang panel tidak ramah lingkungan dan dapat menimbulkan kerusakan di lingkungan sekitar.

Kemampuan penggunaannya tergantung cuaca serta perlu area yang luas untuk pemasangannya. Kelebihan dan kekurangannya ini dapat disiasati dengan pemilihan sesuai kebutuhan.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Harga GRC Harga Besi Beton

Demikianlah ulasan mengenai panel surya dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Mengenal dan mengetahui informasi tentangnya sangat penting karena di masa depan metode ini akan digunakan sebagai salah satu cara menghemat energi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *