7 Perbedaan Lantai Parket dengan Vinyl yang Wajib Anda Tahu!

Bingung Membedakan Lantai parket dengan Lantai Vinyl?Cek ⏩ 7 Perbedaan lantai kayu, parquet, dan lantai vinyl ☑️ harga lantai parket & plus minusnya! ☑️

Parket merupakan salah satu bahan yang saat ini paling diminati untuk dijadikan alas dasar rumah. Pada dasarnya, bahan yang juga dikenal dengan istilah parquet ini adalah papan kecil berbentuk lempengan. Bahan ini dapat digunakan sebagai penutup dasar rumah melalui proses penyambungan dengan perekat sangat kuat.

Ciri Ciri Lantai Parket yang Bagus

parket

Parket dapat menambah estetika ruangan rumah Anda karena tampilannya mampu menciptakan kesan mewah. Selain itu, bahannya yang mengkilap dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hangat. Berikut beberapa karakteristik material satu ini yang perlu Anda ketahui.

  • Tampilan menyerupai kayu asli

Lantai ini sengaja didesain dengan motif menyerupai kayu yang asli, baik dari segi warna maupun corak. Secara umum, Anda dapat menemukan motif lantai ini berwarna coklat (dan aneka gradasinya) dengan ukuran lantai yang beragam.

  • Permukaan halus

Parket lantai mempunyai permukaan yang halus, bahkan cenderung licin. Karakteristik ini hampir sama dengan bahan vinyl, hanya saja vinyl terkadang terasa lebih dingin terutama saat kelembapan udara tinggi. Bahan parquet lebih fleksibel digunakan pada tempat di daerah mana pun karena kondisi permukaan lantai tidak dipengaruhi oleh cuaca dan suhu udara.

  • Berbentuk perekat

Parket kayu dijual dalam bentuk masih merekat. Untuk memasangnya, Anda hanya perlu melepas perekat kemudian saling menyambungkan antara satu ubin dengan ubin lain hingga menutupi seluruh permukaan lantai.

Perbedaan Parket dengan Vinyl untuk Lantai

lantai parket

Beberapa orang sulit menganggap parket sama dengan vinyl, padahal keduanya sangat berbeda. Meskipun sama-sama didesain menyerupai serat kayu, perbedaan parket dengan vinyl dapat dilihat berdasarkan beberapa hal. Berikut perbedaan kedua jenis lantai ini yang perlu Anda ketahui.

  • Daya Tahan

Perbedaan parket dengan vinyl yang pertama dapat dilihat dari ketahanan bahan terhadap benda-benda di sekitar. Baik vinyl maupun parquet tergolong bahan dengan ketahanan cukup tinggi.

Baca Juga : Lantai Kayu Murah

Namun pada beberapa aspek, vinyl lebih unggul karena parquet lebih rentan terhadap kelembapan udara. Parquet yang digunakan pada ruangan dengan kelembapan tinggi mudah lapuk dan rawan didatangi mikroorganisme pengerat, sehingga berpotensi cepat rusak.

  • Perawatan

Kedua bahan ini cukup mudah dalam hal perawatan, tapi membutuhkan perhatian khusus agar tidak cepat tergores. Meskipun dari segi harga, harga lantai parket lebih mahal, dalam hal perawatan vinyl lebih memberikan kemudahan. Perlu kehati-hatian dalam merawat parquet pada lantai agar bisa bertahan lama.

  • Motif

Sekilas, mungkin motif parquet dan vinyl tampak serupa. Namun jika diperhatikan lebih detail, ada beberapa perbedaan. Pada parquet biasanya didominasi oleh serbuk kayu sehingga terkadang permukaannya lebih banyak bercak.

Bercak ini sebenarnya bermanfaat untuk mengurangi kelembapan lantai. Hanya saja beberapa orang menganggapnya tampak kotor sehingga lebih memilih vinyl yang lebih halus.

Harga Lantai Parket Terbaru :

Jenis Satuan Harga
Parket Kayu Jati Solid 27×4 cm 1 meter Rp. 265.000
Parket AC4 120×20 cm 1 meter Rp. 125.300
Parket Laminated Floor 120×20 cm 1 meter Rp. 121.500
Parket Krono 128×20 cm 1 Box (9 pcs) Rp. 223.000
Parquet Silver Wattlewood 121×19 cm 1 Dus (12 pcs) Rp. 327.200
Parquet Eazy Floor 192×1,2 cm 1 meter Rp. 135.250
Deck Tiles Parquet 30×30 cm 1 Pcs Rp. 61.000
Underlayer Foam Parket 120×100 cm 1 Meter Rp. 10.200

Jenis-Jenis Lantai Parket

lantai parquet

Terdapat tiga jenis bahan parket yang biasanya digunakan untuk dasar rumah. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika ingin menggunakan salah satunya, Anda perlu membaca review terlebih dahulu agar lebih mudah menemukan parket kayu yang cocok. Berikut ulasannya.

  • Bahan Solid

Sama seperti parket lantai pada umumnya, bahan ini terbuat dari kayu solid. Selama proses pengolahan, kayu dipotong berdasarkan ukuran tertentu. Bentuknya simetris, sehingga lebih mudah ketika dipasang bersambungan. Bahan solid terbuat dari kayu asli dengan kualitas terbaik, misalnya kayu jati, kayu merbabu, dan sebagainya.

  • Bahan Laminate

Bahan ini berasal dari serbuk kayu yang sudah dicampurkan dengan perekat serta bahan kimia. Pada bagian atas (permukaan) terdapat lapisan yang terbuat dari veneer. Lantai kayu parket dari bahan laminate bisa merekat lebih kuat karena telah dipress dengan kuat selama proses pembuatan.

  • Bahan Engineering

Bahan engineering sintesis berupa polywood, bentuknya hampir sama dengan kayu solid tapi mempunyai kualitas dan ukuran parket lebih rendah. Sebagaimana bahan laminate, lantai kayu parket engineering ini juga dilapisi vener pada permukaannya sehingga tampak mengilap.

Kelebihan Kekurangan Lantai Parket

parket kayu

Lantai yang dibuat dari bahan kayu parquet mempunyai kelebihan dan dan kekurangan saat digunakan pada bangunan rumah. Kelebihan kekurangan lantai parket dapat dilihat dari berbagai aspek. Kelebihan bahan ini berupa tampilan elegan yang diberikan. Bahan ini juga dapat menciptakan rasa hangat bagi ruangan.

Sedangkan kekurangan lantai dari bahan ini terletak pada harganya. Harga lantai parket tergolong mahal. Selain itu, dalam hal perawatan lantai dari bahan ini membutuhkan ketelatenan lebih karena rentan terhadap kelembapan udara. Jika tidak berhati-hati, maka bisa diserang rayap.

Ragam Informasi Lainnya :
Keramik Lantai Murah Harga Lantai Kayu
Lantai Vinyl Harga Keramik

Itulah beberapa hal terkait lantai parket yang perlu Anda ketahui. Bahan ini banyak diminati sebagai penutup lantai bukan tanpa alasan. Kelebihan kekurangan yang telah dijabarkan di atas dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih bahan ini untuk digunakan pada bangunan rumah.

Pencarian :

vinyl dan parquet

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page