Kenali 10+ Jenis Lantai Kayu Terbaik, Harga & Plus Minusnya!

⏩ Berikut 30+ pilihan jenis lantai kayu terbaik disertai review plus minusnya ☑️ harga lantai kayu termurah ☑️ Beragam motif yang kekinian banget❤️

Lantai merupakan bagian interior rumah yang mempunyai peran penting. Lantai menjadi tempat berpijak sehingga penghuni rumah dapat menjalankan berbagai aktivitas di dalam ruangan. Oleh karena itu, sangat penting memilih bahan lantai yang aman dan nyaman. Lantai kayu dapat menjadi opsi lantai rumah dengan beragam jenis dan modelnya.

Ragam Jenis Lantai Kayu untuk Rumah

lantai kayu

Parket / parquet menawarkan berbagai kelebihan daripada lantai keramik. Seperti contohnya, material yang sifatnya lebih tahan gesekan sehingga tidak membuat orang yang berjalan mudah terjatuh. Selain itu, dari segi estetika lantai jenis ini juga tampak lebih menarik karena menghadirkan suasana natural.

  • Parquet Bahan Kayu Jati

Kayu jati sejak dulu terkenal karena bahannya kokoh dan tahan lama. Selain itu, kayu jati juga tahan dari serangan rayap dan jamur. Lantai kayu jati didesain dengan beragam motif tanpa menghilangkan kekhasan warna coklat yang menawan.

Lantai kayu jati dapat menjaga suhu bagian bawah rumah agar tetap hangat karena tidak seperti keramik ataupun granit, kayu jati bisa mempertahankan kehangatan. Hal ini tentu memberikan keuntungan lebih bagi tempat yang bersuhu rendah.

  • Keramik Motif Kayu

Jika Anda menyukai keramik tapi ingin menggunakan motif kayu, maka bisa memilih keramik lantai motif kayu. Wood motif yang terdapat pada keramik ini bisa dipilih sesuai selera Anda, sebagian besar berwarna coklat pohon seperti warna natural aslinya.

Keramik motif kayu dapat memberikan tampilan cantik pada interior rumah. Tidak seperti lantai dari bahan wood asli, keramik dengan motif woody ini terasa lebih sejuk. Tentunya cocok digunakan pada tempat yang bersuhu tinggi seperti di kota besar.

  • Lantai Parket / Parquet

Material ini mempunyai motif yang sangat mirip dengan kayu asli. Yang membedakan adalah parket terbuat dari sekumpulan keping kayu yang diproses sehingga membentuk potongan siap dipasang.

Jenis yang satu ini dapat terbuat dari olahan kayu jati asli ataupun dari laminate. Harga lantai kayu parket ini relatif lebih murah daripada bahan dari kayu jati asli, sehingga lebih banyak diminati.

  • Lantai Vinyl

Lantai vinyl juga ada yang mempunyai motif like wood. Secara umum, bahan ini mempunyai permukaan yang hampir mirip dengan marmer. Lantai kayu vinyl ada yang berupa keramik, ada pula yang berupa papan.

Lantai vinyl sangat cocok diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis, karena bentuknya ini relatif lebih ringan daripada parquet asli atau keramik. Selain itu, tampilannya cukup simpel dengan beraneka motif cantik.

  • Lantai Kayu Solid

Lantai kayu ini mempunyai ketebalan sekitar 5/8 – ¾ inchi yang terbuat dari bahan kayu asli. Tekstur  cenderung halus karena telah mengalami proses ampleas dan penyulingan berulang kali.

Jenis parket solid paling cocok diaplikasikan pada bangunan yang tingkat kelembapannya rendah hingga sedang, karena bahan ini tidak dapat bertahan dalam jangka waktu lama untuk kondisi kelembapan tinggi.

  • Parket Bahan Laminate

Jenis parquet laminate dibuat dari bahan kayu asli, yang diolah dari serbuknya kemudian dipadatkan pada keadaan bersuhu tinggi. Desain dan motif laminate ini sangat bervariasi, sehingga Anda bisa memilih yang paling disukai.

Tekstur dari bahan laminate cenderung lebih keras, tidak seperti kayu solid. Bahan kayu ini biasanya digunakan pada bangunan bertingkat. Varian warna yang tersedia tidak hanya coklat, tersedia juga dalam warna-warna soft lain.

Harga Lantai Kayu Terbaru

lantai kayu jati

Secara umum harga lantai kayu dijual dengan ukuran luas per petak, yaitu sekitar 1,2 cm x 5 cm x 20 cm hingga 1,8 cm x 5 cm x 30 cm. Ukuran tersebut cukup ideal untuk bangunan apapun. Harga lantai kayu cukup bervariasi, bergantung pada jenis dan ukurannya.  Detailnya bisa anda simak dibawah ini.

Jenis Satuan Harga
Kayu Jati Parket 30×30 cm 1 Box (12 pcs) Rp. 528.000
Parket Kayu Jati Solid 27×4 cm 1 meter Rp. 265.000
Parket Krono 128×20 cm 1 Box (9 pcs) Rp. 223.000
Parquet Silver Wattlewood 121×19 cm 1 Dus (12 pcs) Rp. 327.200
Parquet Eazy Floor 192×1,2 cm 1 meter Rp. 135.250
Interwood Anti Rayap 120×20 cm 1 meter Rp. 185.700
Deck Tiles Parquet 30×30 cm 1 Pcs Rp. 61.000
Underlayer Foam Parket 120×100 cm 1 Meter Rp. 10.200

Cara Pemasangan Lantai Kayu

pemasangan lantai kayu

  • Memasang Lapisan Foam

Dalam proses pemasangan parket perlu dilakukan langkah-langkah tepat agar hasil maksimal. Anda dapat memulainya dengan melapisi permukaan lantai menggunakan foam, setelah itu ukurlah luas dengan pas sehingga bisa dibentuk zig zag yang sempurna.

  • Memasang Parquet

Cara pemasangan parket selanjutnya adalah mulai pasang parquet dengan sistem click yang saling terhubung. Anda bisa menggunakan lem khusus agar bisa semakin lekat. Setelah itu pasang rubber pad agar lantai bisa terpasang secara pas.

Cara pemasangan lantai kayu secara teori mungkin tidak sulit, tapi tentu saja memerlukan keahlian dari yang sudah berpengalaman agar hasil pemasangan bisa maksimal tanpa menimbulkan kerusakan.

Kelebihan Kekurangan Lantai Kayu

lantai kayu parket

Kelebihan kekurangan material ini masing-masing dipengaruhi oleh bahan, harga, dan motifnya. Sebagai contoh, kayu jati mempunyai kelebihan dari segi kekokohan dan ketangguhan bahan baku, sedangkan kelemahannya terdapat pada aspek harga yang mahal.

Contoh lain, kelebihan kekurangan kayu laminate terdapat pada segi motif. Semakin bervariasi motifnya, semakin indah sehingga semakin mempercantik tampilannya. Namun, di sisi lain harganya juga akan semakin mahal.

Ragam Informasi Lainnya :
Lantai Parquet Keramik Motif Kayu
Lantai Vinyl Harga Keramik

Itulah ragam jenis dan aneka model lantai kayu sekaligus cara pemasangan beserta kelebihan dan kekurangannya. Lantai jenis ini menawarkan keindahan tersendiri yang akan membuat penghuni rumah merasakan nuansa alami menentramkan.

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page