Harga Kipas Angin AC & 7 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui!

Butuh info harga kipas angin AC paling murah? Cek⏩ promo harga terbaru⭐ dah 7 info penting seputar kipas angin AC yang Wajib anda Ketahui☑️

Anda pernah mendengar kipas model AC dan masih bingung apakah sebenarnya produk ini. Banyak yang mengira ini adalah kipas angin dan AC di satu alat. Jika benar seperti itu, teknologi sudah sangat canggih. Namun, ekspektasi tidak sesuai dengan yang Anda perkirakan. Produk atau alat ini hanya sebatas kipas biasa dengan cover AC.

Apa itu Kipas Angin AC ?

kipas angin AC

Kipas angin AC adalah kipas listrik biasa yang dibungkus dengan selongsong cover bekas AC. Kipas model AC menggunakan sebuah cover AC yang kosong. Semua dalamnya dihilangkan termasuk sistem Freon dan lainnya. Setelah itu, AC memakai sistem kipas listrik biasa ditambah filter udara.

Dari luar, tampilan mirip AC tetapi teknologi tepat kipas biasa. Hasil modifikasi ini memiliki pro dan kontra. Jika ingin membeli, beberapa hal perlu diketahui. Yang pertama mari kita kupas terlebih dahulu seputar harga kipas angin AC yang ada di pasaran.

Harga Kipas Angin AC

Spesifikasi Watt Harga
Kipas Model AC 1PK Karakter Kartun 10 – 20 watt Rp. 482.000
Kipas Model AC 1/2 PK Putih 15 – 30 watt Rp. 350.200
Kipas Model AC Jumbo 2.5 PK Polos 25 – 35 watt Rp. 278.000
Kipas Model AC 1 1/2 PK Motif + Remote 15 – 30 watt Rp. 392.000
Kipas Model AC 1 PK Motif + Lampu LED 20 – 30 watt Rp. 355.000
Kipas Model AC FLAT 3,5 PK + Remote 10 – 25 watt Rp. 920.000

7 Hal Penting Seputar Kipas Angin AC

harga kipas angin AC

  • Fungsi

Anda memiliki opsi untuk membeli kipas biasa, AC, atau keduanya. Tentu saja, masing-masing memiliki fungsi yang mirip. Kipas untuk mengatur udara sehingga menggerakkannya agar ruangan lebih sejuk. Di sisi lain, AC akan menurunkan suhu berdasarkan teknologi pendinginan.

Dari cara kerja tersebut, Anda mengerti bahwa kedua alat adalah berbeda. Ketika membahas cara kerja kipas angin model AC, fungsinya adalah sama dengan kipas biasa. Penjelasan mudahnya adalah Anda mengecek teknologi dibalik cover atau bungkus AC yang kokoh.

Anda tidak menemukan Freon dan lainnya yang menjadi ciri khas AC. Jadi, apa ini merupakan produk yang sama fungsinya dengan kipas angin.

  • Desain dan instalasi

Dari pembahasan sebelumnya, Anda menyadari bahwa produk atau alat ini bukan AC sebenarnya. Desain memakai AC yang sudah tidak berfungsi. Dari sisi luar, Anda akan melihat seolah ruangan menggunakan air conditioner. Orang mengira suhu bisa sangat dingin.

Karena memakai AC, Anda meletakkannya di dinding secara langsung. Instalasi sama persis dengan fungsi AC. Karena produk bukan dari buatan pabrik, Anda perlu mengecek bagian perekat untuk memastikan semuanya masih kooh. Kipas model AC harus berada jangkauan dimana angin dapat mencapai seluruh ruangan dengan baik.

  • Filter dan kualitas udara

Jika bertanya mengenai kelebihan kekurangan kipas model AC, jawabannya ada pada filter dan kualitas udara. Saat membandingkan dengan kipas biasa, alat ini lebih unggul karena ada filter udara. Pembuatnya tidak secara asal memasukkan kipas tanpa teknologi pendukung yang tepat. Udara lebih bersih dan segar.

Akan tetapi, kualitasnya berbeda dengan AC sungguhan. Kipas ini tidak mengalirkan udara keluaran sehingga Anda membutuhkan ventilasi langsung. Untuk AC, Anda dapat mengontrol udara bahkan mengganti level udara. Jadi, ada pro dan kontra ketika ingin memasang alat seperti ini.

  • Suhu yang dihasilkan

Aspek penting lain dari kipas angin AC adalah suhu. Anda menggunakan kipas karena ruangan merasa sangat pengap dan butuh udara segar tetapi tidak terlalu panas. Cara kerja kipas adalah mengalirkan udara tersebut sehingga bergerak dan berputar.

Secara otomatis, ruangan akan mendapatkan suasana baru dan suhu lebih sejuk. Akan tetapi, Anda tidak bisa menurunkan secara drastis karena kipas menyesuaikan dengan suhu sekitar.

Hal ini berbeda saat memakai AC. Anda bisa menurunkan suhu hingga batas minimal. Jika AC dilengkapi dengan penghangat, suhu dapat dinaikkan. Air conditioner merupakan alat untuk mengkondisikan udara di level suhu tertentu.  Anda tidak akan mendapatkan kapabilitas yang sama ketika beralih ke AC berisi kipas biasa.

  • Teknologi remote control

Salah satu keunggulan produk ini adalah teknologi remote control. Pengguna bisa mengatur kecepatan kipas dan level filter. Fitur ini pengganti akses lama yang masih manual.

Sebenarnya, Anda bisa menemukan produk yang sama dengan model kipas biasa. Remote ini dapat diarahkan langsung dan memastikan kipas berada di di level yang ditentukan.

Meskipun akses semakin mudah, ada satu hal lagi yang membuat kipas ini bukan opsi yang tepat. Anda hanya bisa meletakkan di satu ruangan. Kipas kurang fleksibel dan tidak bisa berpindah.

  • Harga kipas angin AC

Pertanyaan yang sering muncul adalah berapa harga kipas angin AC? Misalkan Anda tertarik untuk membeli karena desain unik dan fungsi lebih baik dari kipas biasa. Untuk memperoleh produk seperti ini, harga yang harus dibayar minimal 300 ribu. Harga akan bertambah mahal untuk produk dengan fitur dan kualitas lebih baik.

  • Keamanan dan perawatan

Keunggulan produk ini adalah lebih aman. Kipas berada di atas sehingga aman dari jangkauan anak kecil. Yang terpenting adalah Anda selalu mengecek posisi dan instalasi di dinding. Perawatan juga tidak repot sebab kipas hanya perlu dibersihkan secara berkala. Filter dapat bertahan lama.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Besi Hollow
Harga Besi Beton Baja Ringan
Besi Siku Harga Besi Hollow

Penjelasan diatas menunjukan beberapa faktor penting sebelum membeli kipas angin AC. Ada sudah mengetahui keunggulan dan kekurangan. Setelah itu, cek fungsi dan manfaat. Selanjutnya, pastikan budget sudah siap terutama instalasi dan perawatan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *