35+ Motif Keramik Lantai Minimalis & Modern Tren 2021

Anda ingin renovasi rumah? ⏩ Nah, 35+ inspirasi motif keramik lantai ini pilihan yang tepat: lantai keramik ukuran 40×40 ☑️ 50×50 ☑️ 60×60 ☑️ 30×30 ☑️ DLL!⭐

Untuk menciptakan tampilan rumah yang cantik dan estetik, Anda perlu memperhatikan setiap sudut rumah termasuk lantai. Meskipun letaknya berada di bawah, pemilihan keramik lantai yang tepat dapat membuat rumah tampak lebih menawan. Berikut aneka motif keramik yang dapat Anda jadikan inspirasi agar rumah semakin terlihat elegan.

Ukuran Keramik Lantai

ukuran keramik

Ukuran keramik lantai umumnya mulai dari 20×20 , 30×30 , 40×40, 50×50, dan 60×60. Namun yang paling umum digunakan sebagai ubin rumah adalah ukuran 30cm x 30cm. Selain itu, terdapat ukuran yang lebih kecil yaitu 20cm x 20cm. Pada rumah yang lebih luas, biasanya menggunakan ukuran 40cm x 40cm, 30cm x 60cm, atau 45cm x 45cm.

Nah sebelum anda mengulas lebih lanjut mengenai motif motif kekinian yang akan kami ulas dibawah, anda juga bisa mengikuti perkembangan harga keramik di tahun 2021 melalui artikel berikut ini : Harga Keramik Terbaru

Motif Keramik Lantai Minimalis Modern

Keramik lantai yang elegan dapat membuat rumah tampak lebih menawan. Ada beragam motif keramik lantai yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari yang motifnya sederhana, hingga kompleks, bisa Anda gunakan pada bangunan rumah. Berikut inspirasi motif keramik lantai yang memberikan kesan elegan bagi hunian Anda.

Keramik Motif Polos

keramik lantai polos

Motif keramik lantai 40×40 polos sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis. Motif ini tidak mempunyai banyak ornamen, hanya berupa satu warna tunggal yang diberi beberapa gradasi.

Warna paling umum pada motif ini adalah abu-abu, krem, hitam tidak terlalu tua, dan variasi warna lain yang lebih soft. Warna polos menghadirkan kesan kesederhanaan dan netral, karena mudah dipadupadankan dengan furniture berbagai rupa. Sehingga banyak orang yang menyukai motif keramik polos.

Keramik Motif Catur

keramik motif catur

Motif catur mempunyai permukaan berwarna hitam dan putih, menyerupai papan catur. Motif ini dapat juga digunakan sebagai keramik teras rumah karena tampilannya unik dan sangat menarik perhatian.

Ukuran keramik dengan motif catur biasanya cenderung besar, sehingga lebih baik diaplikasikan pada rumah yang cukup luas. Namun bisa juga jika ingin menggunakannya pada rumah biasa, Anda bebas memilih sesuai selera.

Keramik Motif Abstrak

keramik motif abstrak

Keramik dengan motif abstrak dapat menciptakan nuansa artistik yang kental. Motif ini tidak berbentuk ornamen spesifik tertentu, biasanya hanya berupa garis-garis saling berpadu.

Motif abstrak paling ekstrem adalah tabrak warna yang saling kontradiksi. Tapi hasilnya justru semakin menawan. Biasanya warna-warna yang didesainkan pada motif abstrak adalah gradasi gelap seperti coklat tua, silver, coklat kayu, dan lain-lain.

Keramik Motif Kombinasi

keramik lantai kombinasi

Yang menjadi daya tarik utama keramik lantai motif kombinasi adalah permainan warna. Baik warna-warna senada maupun kontras, setiap kotak keramik yang disambungkan dengan keramik lainnya akan menciptakan kombinasi menarik.

Hasil kombinasi yang tercipta, misalnya aqua blue dengan hitam, krem dengan coklat tua, dan sebagainya. Anda juga dapat bereksprerimen mencoba kombinasi warna lain yang lebih tampak cantik.

Keramik Motif Nude

keramik nude

Sentuhan warna nude pada keramik lantai rumah akan menciptakan aura soft yang elegan pada interior rumah Anda. Warna ini tidak terlalu mencolok, tapi sanggup memikat mata.

Apalagi jika dipadukan dengan cat dinding berwarna kalem seperti biru muda atau putih, maka akan menghasilkan keindahan tersendiri. Motif ini hampir serupa dengan motif polos, tapi lebih bercorak. Tidak seperti motif polos yang hanya satu warna saja.

Keramik Motif Victorian

keramik victorian

Anda dapat menghadirkan suasana Eropa klasik ke dalam rumah dengan motif lantai virtorian. Lantai keramik dengan motif victorian sangat tepat diaplikasikan pada rumah yang berukuran luas.

Motif ini didominasi warna hitam dengan ornamen ala kerajaan Eropa. Jika diperhatikan dengan seksama, motif ini hampir tampak seperti karpet meskipun permukaannya cukup mengkilat. Rumah anda akan tampak mewah dan elegan dengan motif victorian.

Keramik Motif 3D

keramik lantai 3D

Jika Anda menginginkan motif yang unik dan tidak pasaran untuk diaplikasikan pada keramik lantai, maka motif 3D geometrik jawabannya. Motif ini masih tergolong langka di rumah-rumah di Indonesia, tapi di luar negeri sudah banyak yang menggunakan kermaik 3D ini.

Ornamen bangun datar yang ditata beraturan akan sangat memanjakan mata. Apalagi jika warna yang dipilih masih dalam satu gradasi, rumah Anda dijamin tampak lebih indah dan menawan.

Keramik Motif Monokrom

keramik lantai monokrom

Motif keramik lantai 40×40 monokrom dapat menjadi pilihan terbaik untuk rumah minimalis bergaya klasik. Motif monokrom umumnya didominasi warna hitam dan putih, dengan ornamen-ornamen bervariasi.

Ada yang didesain seperti motif batik, ada juga yang hanya berupa garis-garis saling bersinggungan. Setiap ornamen mempunyai keunikan tersendiri. Semua kembali pada selera anda masing- masing.

Macam Macam Keramik Lantai

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan beragam keramik lantai dengan bermacam-macam model. Mulai dari yang permukaannya menyerupai porselen, sedikit bertekstur, hingga keramik yang terasa kasar.

Ada beberapa jenis keramik yang didesain secara spesifik untuk suatu ruangan, misal untuk dapur atau kamar mandi. Berikut 4 jenis keramik lantai untuk setiap ruangan di rumah.

Keramik Lantai Ruang Tamu

keramik lantai ruang tamu

Ruang tamu merupakan bagian rumah yang penting, karena memberikan kesan pertama bagi orang lain yang berkunjung ke rumah. Keramik lantai ruang tamu yang indah akan menciptakan kesan positif sekaligus memanjakan mata saat dipandang.

Setiap jenis keramik membawa suasana yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan motif keramik dan nuansa apa yang dihasilkan, sehingga Anda dapat membuat interior ruang tamu lebih terkonsep.

Jenis bahan yang biasanya digunakan sebagai keramik ruang tamu antara lain keramik marmer, keramik parket, keramik milan, keramik kayu, dan lain-lain. Jenis marmer misalnya, akan membuat ruang tamu Anda tampak mewah dan elegan, berbeda dengan keramik kayu yang menghadirkan suasana natural.

Keramik Lantai Kamar Mandi

keramik lantai kamar mandi

Keramik lantai kamar mandi idealnya mempunyai permukaan yang bisa kesat air, sehingga tidak licin. Biasanya dasar pada kamar mandi menggunakan keramik ukuran terkecil yaitu 20cm x 20cm. Hal ini berkaitan dengan ukuran kamar mandi rumah yang umumnya tidak terlalu luas.

Yang menjadi ciri khas keramik untuk kamar mandi adalah bentuknya mungil-mungil dan tertata rapi. Ketika memasangnya pun perlu perekat dalam jumlah cukup banyak agar ketika terkena air, rongga keramik tidak keropos.

Keramik lantai kamar mandi yang paling banyak digunakan adalah jenis mozaik. Jenis ini mempunyai permukaan yang kasar, sehingga berguna untuk menahan kaki agar tidak terpeleset saat berada dalam kondisi basah.  Keramik jenis ini tersedia dalam beragam motif, seperti yang paling umum berwarna biru-hijau khas kamar mandi.

Keramik Lantai Dapur

keramik lantai dapur

Dapur menjadi tempat yang sehari-hari digunakan untuk memasak dan makan bersama. Keramik lantai dapur hendaknya dipilih yang berwarna gelap, sehingga ketika ada kotoran yang berceceran tidak terlalu tampak. Warna dapur yang gelap bisa juga difungsikan guna menyamarkan bekas warna hitam akibat pemanasan kompor.

Tidak jarang kompor yang digunakan di dapur menghasilkan kotoran hasil pemanasan berwarna hitam. Tentu ini bisa mengurangi estetika ruangan jika tampak berceceran di lantai. Maka, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih warna gelap sebagai penutup permukaan lantai.

Keramik lantai dapur pada umumnya berjenis porselen dengan berbagai motif. Hampir mirip dengan keramik pada kamar mandi, sebaiknya keramik pada dasar bawah dapur dipilih yang mempunyai permukaan sedikit kasar. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelicinan ketika ada air atau bahan-bahan memasak yang tumpah.

Keramik Lantai Teras

keramik lantai teras

Jenis keramik untuk teras biasanya didesain berbeda dengan keramik pada bagian dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan suasana yang lebih elegan antara eksterior dan interior rumah.

Apalagi jika pada bagian depan teras terdapat taman, sudah pasti Anda ingin menyelaraskan keramik di teras dengan corak taman tersebut. Momen bersantai Anda di beranda rumah akan lebih sempurna berkat kombinasi artistik teras, taman, dan eksterior rumah lain.

Keramik lantai teras ada yang terbuat dari kayu, ada juga yang terbuat dari batuan alam. Seusai beraktivitas dari luar biasanya alas kaki membawa banyak debu dan kotoran. Oleh karena itu, tekstur permukaan keramik untuk teras sebaiknya dipilih yang kasar, sehingga sekaligus dapat berfungsi mencegah kotoran masuk ke dalam rumah.

Memilih Keramik Lantai Terbaik untuk Rumah

keramik lantai

Ada banyak bahan keramik lantai yang biasanya digunakan pada rumah. Material terbaik akan memberikan hasil keramik terbaik. Ubin keramik adalah salah satu bahan paling umum yang bisa ditemukan hampir di setiap rumah.

Keramik diminati banyak orang karena mempunyai banyak kelebihan, di antaranya mampu bertahan lama, terdapat beragam variasi motif, dan harga terjangkau. Selain lantai keramik, ada juga bahan porselen yang permukaannya tidak jauh berbeda dengan keramik.

Rumah modern saat ini sudah banyak yang menggunakan batuan alam sebagai bahan ubin. Jika dibandingkan dengan keramik, harganya memang lebih mahal. Namun harga ini setara dengan kualitas yang diberikan.

Setiap keramik berbagai ukuran dijual dengan harga beragam. Harga ini dibandrol berdasarkan bahan keramik, motif keramik, dan tekstur permukaan keramik. Semakin rumit pola dan motif pada keramik, akan semakin mahal harganya.

Hal ini karena estetika yang ditawarkan oleh motif-motif tertentu sangatlah indah, maka mahalnya harga sebanding dengan kualitas keramik tersebut. Pastikan anda memilih bahan keramik yang sesuai dengan keuangan anda.

Cara Pasang Lantai Keramik yang Benar

lantai keramik

Cara pasang keramik lantai tidaklah sulit. Anda membutuhkan bahan tambahan berupa semen untuk membuat keramik melekat pada dasar rumah. Semen berfungsi sebagai perekat yang akan menggabungkan keramik dengan dasar rumah, serta menggabungkan antara keramik satu dengan keramik lainnya.

Bentuk keramik yang simetris semakin memudahkan pemasangan, sekalipun nantinya ada beberapa bagian yang dipotong. Pada sudut rumah tertentu ada kalanya bentuk bangunan rumah asimetris, sehingga keramik tidak bisa mengcover dasar rumah sepenuhnya.

Saat itulah Anda bisa memotong keramik dengan ukuran tertentu sehingga bisa lebih pas dengan dasar rumah anda. Yang perlu diperhatikan terkait cara pasang keramik lantai adalah ketelitian dalam hal merekatkan semen.

Anda perlu membuat lajur tertentu untuk memastikan keramik yang terpasang sesuai dengan lajurnya. Saling rekatkan keramik satu dengan lainnya hingga seluruh bagian dasar rumah tertutupi. Setelah itu tunggu hingga perekat mengeras dan kering.

Ragam Informasi Lainnya :
Lantai Parquet Keramik Motif Kayu
Lantai Vinyl Keramik Batu Alam

Itulah beraneka ragam motif keramik lantai terbaru 2021 yang menarik dan estetik untuk membuat rumah Anda semakin tampak cantik. Dengan motif yang bervariasi, Anda dapat memilih sesuai selera. Tentunya dengan mempertimbangkan warna dinding dan furniture yang ada agar tampak lebih selaras. Maka, mempunyai rumah elegan tidak lagi sekadar mimpi.

Pencarian :

cara renovasi rumah ukuran 30,keramik lantai motif bagus,keramik modern,model keramik,motif keramik lantai,motif kramik rumah minimalis

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page