KBLI Adalah ? Arti Singkatan KBLI Lengkap dengan Kode & Contohnya

KBLI Adalah ? Arti Singkatan KBLI Lengkap dengan Contohnya ☑️ Kode KBLI ☑️ Revisi dan undang undang Perubahan KBLI tahun 2021☑️

Setiap badan usaha dan perusahaan yang menjalankan kegiatan bisnis dan ekonomi harus mengikuti panduan KBLI. Banyak yang masih awam dan bertanya apakah panduan tersebut.

Secara singkat, KBLI adalah berguna membuat klasifikasi terhadap unit kegiatan tertentu. Contohnya adalah usaha pertanian akan menggunakan kode utama 01 lalu dilanjutkan dua kode berikutnya untuk identifikasi pertanian lebih spesifik.

Klasifikasi tersebut memudahkan perusahaan ketika ingin mengajukan surat dan perizinan. Mereka menyusun semuanya secara lengkap dan efisien sehingga dokumen bisa masuk proses review. Salah satu fungsi lainnya adalah tender dimana semua kelengkapan wajib sesuai peraturan yang berlaku.

Pengertian KBLI

KBLI

Arti KBLI adalah sebuah sistem rujukan yang memiliki fungsi mengklasifikasikan kegiatan ekonomi di Indonesia berdasarkan konsep, definisi dan prinsip kerja. KBLI ini berlaku untuk semua pelaku aktifitas ekonomi dibidang jasa maupun barang.

KBLI adalah singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Kode dan panduan ini dikeluarkan oleh BPS berdasarkan riset dan revisi sesuai dengan kondisi terkini. Penentuan kode berdasarkan panduan internasional yang disesuaikan dengan sistem di Indonesia.

Kode tersebut akan membantu semua unit kerja dan usaha ekonomi yang sejenis untuk berada di kategori yang sama. Keseragaman kode akan mengurangi kendala ketika ingin melakukan survey, pendataan, dan pengembangan ekonomi.

Secara umum, Bentuk KBLI adalah hanya sebatas kode. Namun, pihak perusahaan melakukan verifikasi dan klasifikasi lebih lanjut sehingga data yang ditampilkan lebih akurat. Beberapa kegiatan ekonomi mungkin sulit untuk masuk kategori tertentu. Agar bisa diterapkan dengan baik, Anda membutuhkan kode terbaru.

Tujuan KBLI

KBLI Adalah

Setelah mengetahui definisi dasar KBLI, langkah selanjutnya adalah memahami tujuan. Sebuah kode dan panduan dibuat karena ada sesuatu yang ingin dituju. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak daftar berikut ini:

  • Klasifikasi kegiatan ekonomi

Fungsi pokok KBLI adalah sebagai sumber data terkait kegiatan ekonomi dan perusahaan di Indonesia. Pemerintah melalui badan terkait akan melakukan evaluasi, monitoring, dan analisis terhadap semua lapangan usaha tersebut. Mereka memakai klasifikasi sebagai acuan dan referensi.

  • Sumber data dan informasi

Tujuan selanjutnya adalah sumber data dan informasi. Semua keterangan mengenai bisnis dan kegiatan ekonomi menjadi data penting bagi badan statistika. Mereka membutuhkan sistem yang efisien sehingga mampu melakukan analisis dengan akurat. Data dari klasifikasi juga berperan untuk penentuan keputusan mengenai kegiatan ekonomi tertentu.

  • Penentuan surat izin usaha

Salah satu fungsi KBLI adalah penentuan surat izin usaha. Seperti yang telah diketahui, setiap perusahaan yang ingin melakukan kegiatan ekonomi harus memiliki surat izin. Mereka diminta menyesuaikan klasifikasi dengan kegiatan yang akan dilakukan. Dari dasar kode KBLI, surat izin akan menunjukkan di bidang apa mereka diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan bisnis.

  • Izin investasi

Selanjutnya, KBLI juga penting untuk para investor. Mereka mungkin tidak secara langsung terlibat di kegiatan bisnis. Namun, investasi harus memakai klasifikasi tersebut sehingga sesuai dengan peruntukannya. Izin akan diberikan ketika investasi sudah dilengkapi dengan KBLI yang lengkap.

  • Perbandingan dengan negara lain

Badan statistika memanfaatkan data dari KBLI untuk perbandingan saat ini dan tahun lalu. Hal yang sama diterapkan pula untuk perbandingan dengan negara lain.

Penerapan dan Contoh KBLI

contoh KBLI

Setelah mengetahui fungsi dan tujuan, bagian selanjutnya adalah bagaimana penerapan dan contoh. Panduan KBLI memiliki halaman yang banyak dan kompleks dengan kode yang rumit. Bagi yang belum terbiasa, Anda pasti bingung. Akan tetapi, panduan dibuat secara komprehensif dimana mengikuti alur.

Kode KBLI adalah tidak sulit untuk dipahami selama Anda mengerti apa kode utama bisnis yang dilakukan. Ada empat digit yang terdiri dari dua digit awal dan akhir. Untuk yang awal, kode menjadi representasi sebuah kegiatan bisnis secara umum. Misalnya kode 45 untuk pertanian. Semua klasifikasi yang berawalan kode tersebut pasti di bidang pertanian.

Contoh KBLI yang lain adalah kode 4510 dan 4620. Kode pertama adalah untuk perdagangan mobil non dealer. Semua aktivitas jual beli mobil tetapi bukan dealer resmi akan masuk kategori tersebut. Skala perdagangan adalah kecil dan menengah.

Kode kedua yaitu 4620 adalah perdagangan skala besar untuk hasil pertanian dan hewan. Kode seperti ini mencakup kegiatan ekonomi jual beli pertanian. Perlu Anda ketahui, kode 46 adalah perdagangan skala besar.

Oleh karena itu, semua yang terkait dengan kode ini pasti memiliki skala bisnis yang besar. Kode selanjutnya menunjukkan tipe perdagangan tersebut yaitu 20 untuk hewan ternak dan pertanian.

Tips Menggunakan KBLI

  • Baca dan cari kode-kode yang mendekati bidang kegiatan ekonomi
  • Ambil 5 hingga 10 sebagai alternatif
  • Cek visi dan misi perusahaan
  • Pilih yang paling sesuai
  • Jika tidak ada, ambil satu yang paling mendekati

Revisi dan Perubahan KBLI

KBLI akan mengalami perubahan dan revisi. Bidang dan lapangan usaha baru muncul karena perubahan zaman dan perkembangan teknologi. Anda perlu memakai panduan yang terbaru sehingga sesuai dengan kebutuhan. Apabila kegiatan ekonomi tidak tercantum di kode lama, kemungkinan besar muncul di revisi selanjutnya.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Besi Siku Harga Besi Beton

Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda mengerti bahwa tujuan dari KBLI adalah agar memudahkan klasifikasi sehingga menjadi sumber data, review untuk surat izin, dan pengelolaan bisnis. Semuanya harus sesuai prosedur agar tidak ada kendala.

Kata Kunci :

KBLI,kbli 2021,kbli 45303 adalah,kbli adalah,kode kbli adalah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *