Mengenal Apa itu Kabel NYM, Jenis, Harga & Fungsinya

Ulasan lengkap mengenai apa itu kabel NYM ☑️ Jenis ☑️ Fungsi ☑️ Ragam ukuran ☑️ dan harga kabel NYM di pasaran terbaru dan termurah ☑️

Hampir segala aktivitas manusia telah menggunakan listrik, sehingga instalasi jaringan listrik menjadi sesuatu yang urgent. Instalasi ini berguna untuk menyalurkan listrik dari suatu tempat ke tempat lain. Kabel menjadi salah satu komponen yang penting pada instalasi listrik.

Apa Itu Kabel NYM?

kabel NYM

Kabel nym adalah tipe kabel yang mempunyai konduktor terbuat dari tembaga serta memiliki lebih dari satu isolator terselubung yang terbuat dari bahan PVC.

Kabel ini lazim dipakai pada instalasi listrik khususnya diletakkan di dalam tembok bangunan. Kabel ini paling banyak dipakai oleh masyarakat karena mampu menyalurkan daya listrik yang lebih baik daripada jenis kabel lain.

Ukuran Kabel Nym

Berdasarkan ukurannya, jenis jenisnya secara umum terbagi menjadi tiga. Biasanya orang-orang membeli kabel ini dalam satuan meter. Kabel ini dibuat dengan komponen yang sudah tersertifikasi sehingga aman digunakan. Berikut ragam ukuran NYM yang paling sering digunakan.

  • Kabel Nym 3×2,5

Kabel ini tergolong paling besar karena memiliki ukuran 3×2,5 mm. Ukuran kawatnya 2,5 mm yang berarti cukup kuat untuk dipakai tanpa harus pelindung (kecuali untuk penggunaan outdoor). Kabel ini sudah dilengkapi dengan pembungkus tebal dari bahan kulit. Harga untuk ukuran 3×2,5 per meter cukup mahal, karena berada di atas Rp1 juta.

  • Kabel Nym 2×2,5

Kabel ini sedikit lebih kecil daripada yang berdiameter 3×2,5 mm. Keduanya sama-sama dilengkapi pembungkus tebal yang akan melindungi dari sengatan matahari berlebih dan serangan hujan untuk mencegah konsleting. Biasanya kabel ini dijual dalam ukuran panjang 50 meter untuk satu roll kabel.

  • kabel nym 2×1,5

Kabel ini termasuk yang kecil jika dipakai pada bangunan, meskipun sebenarnya masih ada yang lebih kecil. Kabel 2×1,5 mm ini juga dilengkapi dengan pembungkus yang sudah berstandar SNI. Untuk mendapatkannya bisa membeli dalam ukuran roll yang terdiri atas 50 meter, atau membeli satuan per meter.

Fungsi Kabel NYM

Fungsi jenis ini sama halnya dengan kabel pada umumnya, yaitu menghantarkan arus listrik dari satu sambungan ke sambungan lain. Agar sebuah sambungan instalasi dapat beroperasi dengan maksimal, diperlukan koneksi dari kabel yang tepat.

Tipe NYM telah dilengkapi PVC yang mampu melindungi komponen penghantar agar tidak terjadi konsleting akibat pengaruh luar entah itu kelembaban maupun yang disebabkan oleh rembesan air pada dinding rumah.

Harga Kabel NYM

harga kabel nym

Harga kabel listrik jenis ini tentunya berbeda-beda tergantung ukuran dan modelnya. Misalnya NYM ukuran 100 meter ada yang dijual dengan harga Rp 1.300.000 untuk diameter 3×2.5 mm. Selain itu, ada pula NYM 3×2.5 mm yang memiliki harga Rp 1.275.000 sepanjang 100 meter dari merek yang berbeda.

Kabel NYM Eterna

Spesifikasi Ukuran Harga
Eterna NYA 3 x 4 50 Meter Rp. 687.200
Eterna NYM 4 x 2,5 50 Meter Rp. 535.200
Eterna NYM 4 x 4 50 Meter Rp. 885.200
Eterna NYM 4 x 6 50 Meter Rp. 1.245.300
Eterna NYM 4 x 10 50 Meter Rp. 2.027.200
Eterna NYA 3 x 1,5 50 Meter Rp. 293.100
Eterna NYA 3 x 2,5 50 Meter Rp. 417.400
Eterna NYA 2 x 1,5 50 Meter Rp. 229.500
Eterna NYA 2 x 2,5 50 Meter Rp. 328.600

Kabel NYM Supreme

Spesifikasi Ukuran Harga
Supreme NYM 3 x 1,5 50 Meter Rp. 360.400
Supreme NYM 3 x 2,5 50 Meter Rp. 520.200
Supreme NYM 4 x 2,5 50 Meter Rp. 1.400.700
Supreme NYM 2 x 1,5 50 Meter Rp. 280.800
Supreme NYM 2 x 2,5 50 Meter Rp. 400.300

Kelebihan & Kekurangan Kabel NYM

Kelebihan kekurangan kabel jenis ini terdiri dari beberapa aspek. Kelebihan kabel ini dari segi ketahanan sangat kuat, apalagi sudah dilengkapi isolator dan pelindung lain. Penggunaannya pun fleksibel, bisa untuk indoor maupun outdoor. Adapun kekurangannya terletak pada harga yang relatif mahal jika dibandingkan harga kabel lain.

Mengenal Jenis Jenis Kabel Listrik Rumahan

Kabel jenis NYM barangkali menjadi primadona sambungan instalasi listrik pada rumah-rumah. Namun ternyata selain kabel ini banyak juga yang menggunakan jenis kabel lain. Berikut beberapa jenisnya dan aneka kabel lain yang dipakai untuk listrik rumahan.

  • Kabel NYM

Kabel ini paling sering diaplikasikan pada bangunan rumah maupun gedung bertingkat. Mempunyai inti yang terdiri dari satu sampai empat bagian, dengan masing-masing dilengkapi bahan PVC yang berfungsi sebagai pelapis isolasi. Adanya bahan isolasi dari PVC inilah yang membuat kabel jenis NYM cocok dipakai hampir di setiap tempat, baik kering maupun basah.

  • Kabel NYMHY

Selain kabel listrik nym, ada juga jenis NYMHY yang lebih spesifik digunakan pada instalasi listrik dengan daya kurang dari 900 watt. Sama seperti karakteristik NYM lain, kabel NYMHY terdiri atas 3 bagian utama, yaitu konduktor, isolator internal untuk melindungi bagian dalam, dan isolator luar untuk melindungi komponen kabel bagian luar.

  • Kabel NYMHYO

Meskipun namanya hampir sama, karakteristik kabel NYMHYO sangat berbeda. Kabel ini tidak diperuntukkan bagi instalasi listrik yang berarus besar, melainkan bagi listrik arus rendah. Oleh karena itu, kebanyakan kabel ini dipakai pada sambungan perangkat elektronika kecil seperti kabel speaker, kabel VCD, dan lain-lain.

  • Kabel NYY

Kabel jenis ini dirancang khusus bagi penggunaan outdoor atau di dalam tanah. Kabel NYY juga cocok dipakai pada kondisi lembap maupun kering. Biasanya kabel ini dilapisi dengan balutan pipa PVC sebagai perlindungan komponennya. Ukuran kabel nyy bervariasi, ada yang dijual per meter, ada pula yang dijual dalam ukuran 50 meter, dan sebagainya.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Atap Galvalum
Atap Spandek Plafon Minimalis

Itulah jenis, ukuran, dan harga kabel nym beserta kelebihan dan kekurangannya. Kabel jenis ini memiliki karakteristik tersendiri yang tak sama dengan kabel lain. Oleh karena itu, kegunaannya pun beda dari kabel lain. Pahami jenis-jenis kabel terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada instalasi, agar tidak terjadi kesalahan pemilihan jenis kabel.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *