Mengenal Apa itu Kabel NYA, Jenis, Fungsi, dan Harganya

Apa itu kabel NYA ? ☑️ Ulasan lengkap Jenis ☑️ Fungsi ☑️ Ragam ukuran ☑️ dan harga kabel NYA di pasaran terbaru dan termurah ☑️

Dalam dunia kelistrikan, kabel mempunyai fungsi yang cukup penting, yakni sebagai konduktor dan penghantar listrik. Salah satu kabel yang banyak digunakan adalah Kabel NYA yang memiliki tiga ciri, yakni merupakan kabel tembaga, tunggal, dan merupakan isolasi berbahan PVC.

Kabel ini sering dipakai sebagai kabel instalasi dalam kelistrikan domestik dan sistem tenaga. Kualitas material dari kabel jenis ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Apa itu Kabel NYA

kabel NYA

Kabel NYA adalah kabel yang terbuat dari tembaga tunggal dan merupakan isolator terselubung, khusus isolator tersebut ia berbahan PVC. Untuk ukurannya, kurang lebih sekitar 1,5 mm sampai 2,5 mm, ukuran tersebut umum Anda temukan di pasaran.

Sedangkan untuk isolator kabelnya memiliki warna yang beragam sebagai pembeda antara satu dengan yang lain, mulai dari hitam, kuning, biru, dan juga merah.

Ukuran Kabel NYA

Dalam kelistrikan, ukuran penampang inti kabel tembaga bisa mempengaruhi kemampuan hantar arus dalam listrik. Sehingga semakin besar ukuran penampang tembaganya, maka semakin baik pula ia menghantarkan listrik. Hal yang sama berlaku untuk kabel ini.

Kabel ini merupakan kabel penghantar listrik yang baik, terlepas dari ukurannya yang kecil dan cukup tipis. Dalam pembagiannya, berikut merupakan pembagian kabel ini di dasarkan dengan ukuran diameternya dan besaran listrik yang mampu dihantarkan, yakni:

  1. Kabel dengan ukuran 1,5 mm mampu menghantar listrik 6 Amphere.
  2. Kabel dengan diameter 2,5 mm, hantaran listrik yang bisa dilakukan 10 A sampai 16 A.
  3. Berbeda untuk ukuran kabel 6 mm, ia mampu menghantarkan listrik hingga 7000 watt atau sama dengan 32 A sampai 40 A.

Agar memudahkan Anda, berikut merupakan table kabel NYA sederhana. Tabel ini termasuk dengan tegangan listrik yang mereka miliki, diantaranya adalah:

Ukuran Diameter Hantaran Amphere Maksimal Watt
120 mm Mak. 292 A Mak. 64 ribu watt
70 mm Mak. 160 A Mak. 35 ribu watt
95 mm Mak. 250 A Mak. 55 ribu watt
35 mm Mak. 100 A Mak. 27.500 watt

Harga Kabel NYA

Harga kabel ini cukup bervariasi, harganya dibedakan berdasarkan jenis kabel tersebut. Berikut adalah beberapa harga dari kabel ini di pasaran dengan jenis beragam, diantaranya:

  1. Kabel berukuran 1,5 mm dengan panjang 100 meter, harganya sekitar 220 ribu rupiah.
  2. Kabel dengan ukuran 4 mm dan panjang 100 meter, harganya sekitar 570 ribu rupiah.
  3. Harga kabel berukuran 2,5 mm dengan panjang 100 meter adalah 360 ribu rupiah.

Kabel NYA Merk Eterna

Spesifikasi Ukuran Harga
Eterna NYA 1 x 6 100 Meter Rp. 530.200
Eterna NYA 1 x 10 100 Meter Rp. 877.300
Eterna NYA 1 x 1,5 100 Meter Rp. 145.400
Eterna NYA 1 x 2,5 100 Meter Rp. 230.200
Eterna NYA 1 x 4 100 Meter Rp. 360.100

Kabel NYA Merk Supreme

Spesifikasi Ukuran Harga (Rp)
Supreme NYA 1 x 1,5 100 Meter Rp. 186.200
 Supreme NYA 1 x 2,5 100 Meter Rp. 301.300

Fungsi Kabel NYA

harga kabel NYA

Fungsi kabel jenis ini cukup penting, apalagi dalam kelistrikan yang dilakukan di bidang rumah tangga. Ia sering digunakan untuk instalasi listrik di perumahan dan pemasangan kebal udara. Karena itu, ia banyak dibutuhkan ketika Anda hendak membangun rumah, selain karena harganya yang ekonomis, fungsinya juga cukup urgen.

Nama lain dari kabel ini adalah kabel engkel, Anda bisa membeli di toko kelistrikan dengan nama tersebut jika perlu. Sedangkan kepanjangan kabel ini sendiri hanya menadakan sebagai jumlah inti dan jumlah isolator yang digunakan di dalam kabel, pemilihan kata NYA merupakan nomenklatur, agar lebih mudah ditemukan.

Karakteristik Kabel NYA

Umumnya jenis kabel jenis ini dibedakan berdasarkan ukuran lebar kabel tersebut, yang paling populer adalah ukuran kabel NYA 2,5 mm. Ukuran tersebut dianggap paling ideal karena cukup tipis, namun bisa memberikan daya tahan yang baik pada kabel.

Agar pemasangan kabel ini aman dan memberikan manfaat yang maksimal, penggunaan pipa PVC sebagai pelapis disarankan.

Ini karena ia mudah robek dan tidak tahan air, jenis berapa pun itu. sehingga untuk menghindari ia robek karena digigit tikus atau terseret, pemberian pelindung berbahan PVC bisa dilakukan. Anda bisa membeli pipa dengan bahan tersebut di tempat Anda melakukan pembelian Kabel jenis ini.

Perbedaan Kabel NYA dan NYM

Kabel NYM memiliki lebih dari satu inti di dalamnya, serta memiliki lapisan PVC isolasi dengan inti lebih dari satu, umumnya berinti 2 sampai empat. Warna dari isolasi PVC tersebut mulai dari putih hingga abu-abu, dengan isolasi tersebut ia tidak disukai tikus dan lebih awet.

Apa beda kabel NYA dan NYM selanjutnya? Kabel NYA lebih mudah tergigit tikus karena bentuknya yang tipis serta mudah cacat. Untuk menggunakan kabel ini, Anda harus menggunakan pipa atau saluran tertutup agar aman. Dengan begitu, jika terkelupas kabelnya, ia tidak akan melukai orang lain.

Kelebihan & Kekurangan Kabel NYA

Secara implisit, kelebihan kekurangannya cukup jelas terlihat. Kelebihannya adalah ia mudah digunakan dan cukup sederhana pemasanganya. Sedangkan kekurangannya adalah mudah cacat, baik karena faktor cuaca dan digigit oleh hewan pengerat. Karena itu perlu biaya tambahan untuk pembelian pipa pelindung ketika dipasang.

Ragam Informasi Lainnya :
Jenis Kabel Listrik Kabel NYM
Kabel NYY Besi Hollow

Demikianlah penjelasan singkat yang digunakan dalam dunia kelistrikan. Semoga dengan informasi tersebut, pengetahuan Anda bertambah ketika hendak menggunakan kabel untuk pemasangan listrik.

Kata Kunci :

apa nya,foto dan fungsi nya KABEL JU,kabel nya,kabel nya 1 x 1 5 warna coklat,ukuran kabel nya

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *