Mengenal Apa Itu Fiber Optik, Fungsi & Jenis Kabel Fiber Optik

Apa itu fiber optik ☑️ Ulasan lengkap Jenis ☑️ Fungsi ☑️ Ukuran ☑️ dan harga kabel fiber optik terbaru & kelebihan kekurangannya ☑️

Beragam jenis kabel telah dipergunakan saat ini. Namun tahukah Anda jenis kabel yang banyak di proyeksikan di dekat jalan raya?. Kabel demikian diberi nama fiber optik. Kabel ini memberikan manfaat luar biasa berkat kemudahan dalam transfer data.

Tak ayal banyak perusahaan telekomunikasi memanfaatkan tipe ini untuk tujuan tertentu dalam jaringan operator.  Berikut ini akan ditampilkan penjelasan lengkapnya

Apa Itu Fiber Optik

fiber optik

Fiber optik adalah kabel yang memudahkan dalam transfer data ke jaringan komputer dengan cepat. Kabel fiber optic dikenal lebih mudah melancarkan jaringan komputer berkat pancaran cahaya. Dari penjelasan singkat di awal memberikan pengertian fiber optic secara ringkas yang mana tipe kabel ini memudahkan dalam transfer data komputer.

Maka dari itu komunikasi antar ponsel lebih tertangkap dengan mudah olehnya. Bahan yang terbuat dari serat kaca membuat tiap lapisan kecil kabel ini di desain sedemikian rupa untuk memudahkan dalam mengantar data bahkan dengan kecepatan maksimal.

Fungsi Kabel Optik

Seperti yang sudah kami ulas diatas bahwa kabel fiber optic adalah kabel yang memudahkan dalam transfer data ke jaringan komputer dengan cepat. Jadi fungsi itulah yang menjadi dasar banyak perusahaan jaringan telekomunikasi memanfaatkannya.

Selain mendukung dalam kecepatan data, kabel ini juga tidak memiliki arus listrik. Fakta demikian membuatnya lebih simpel tanpa ada gangguan pada elektromagnetik. Meskipun berukuran kecil namun mengingat fungsinya yang vital membuat banyak perusahaan menggunakannya.

Jenis Kabel Fiber Optic

  1. Kabel Fiber Optic Single Mode

Perlu diketahui bahwa setidaknya ada dua jenis dari kabel ini. Tiap jenis memiliki tujuan dan kelebihan tersendiri. Seperti halnya jenis kabel fiber optic singlet mode. Sesuai penamaan maka tipe ini mengandalkan transmisi tunggal dalam menyebarkan cahaya dalam satu inti. Bahkan diameter dari kabel ini terbilang sangat kecil yakni berukuran 9 mikrometer.

  1. Kabel fiber optic multimode

Fiber optik jenis kedua diberi nama multimode. Tipe ini memiliki kemampuan yang berbeda dari singlet mode. Penamaan multimode memang mempengaruhi kemampuannya dalam melakukan banyak transmisi dalam menyebarkan cahaya di satu waktu.

Bentuk kabel ini pun terbilang lebih besar mencapai 625 mikrometer. Beberapa contoh dari varian ini antara lain serial cable, zipcord cable, simpex cable dan masih banyak lagi.

Harga Kabel Fiber Optik

Berbicara seputar harga fiber optik sebetulnya sangatlah bervariasi. Umumnya dipengaruhi oleh jenis dan merek yang di pilih. Misalnya pada merek Commscope Simpex, harga kabel fiber optik berada di kisaran Rp 245.000 sampai 265.000.

Sedangkan harga kabel fiber optik tipe Rosenberger Duplex berada di harga sekitar Rp 400.000.  Ada pula harga kabel fiber Schneider Electric yang dibanderol Rp 150.000. Intinya masih banyak sekali tipe yang tersedia dan harga jelas mempengaruhi kualitas.

Komponen Fiber Optic

kabel fiber optik

  1. Bagian Inti

Prinsip kerja fiber optic ialah mengirim jaringan data komputer dengan cepat. Untuk menunjang itu pada bagian inti dari kabel ini terbuat dari serat kaca. Diameter darinya mencapai 2-5 mikrometer yang mana menandakan bahwa kecepatan dalam mengantarkan data menjadi prioritas dari setiap perusahaan telekomunikasi.

  1. Cladding

Kabel fiber optic dikenal dengan ukurannya yang kecil untuk itu perlu perlindungan yang kuat agar tidak mudah rusak. Nah pada bagian cludding ini merupakan sebuah jaket yang memberikan perlindungan kepada bagian inti.

  1. Mantel

Untuk melindungi keamanan dan kualitas fiber optic, perlindungan pada bagian inti juga di liputi oleh mantel. Adanya komponen mantel ini memiliki tujuan agar perlindungan berlapis mencegah kerusakan pada kabel yang memiliki ukuran kecil ini.

  1. Outer Jacket

Belum cukup dengan cladidng dan mantel, perlindungan berlapis juga meliputi outer jaket. Fungsi dari komponen ini memang dibuat untuk memperlapis perlindungan terhadap bagian inti. Dengan begitu setiap konektor fiber optik dapat bekerja secara maksimal tanpa terkendali.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

  1. Pengiriman data dapat dilakukan dengan jarak jauh.
  2. Pemasangan lebih fleksibel karena ukuran fiber optik yang kecil dari kabel lain.
  3. Tidak memiliki arus listrik sehingga tidak mengalami gangguan elektromagnetik pula.
  4. Keamanan yang lebih tinggi.
  5. Tidak terkena korsleting sebab tidak memiliki aliran listrik.
  6. Tidak mudah berkarat karena dibuat dari serat kaca.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

  1. Prinsip kerja fiber optic berkaitan dengan pencahayaan sehingga kelemahan utama terletak dari penempatan yang harus berdekatan dengan sumber cahaya.
  2. Pemilihan jalur tidak bisa sembarangan. Hal itu diakibatkan dari pengiriman data yang berasal dari transmisi cahaya. Pemilihan dari jalur berkelok lebih baik dari pada hanya lurus.
  3. Ribet dan mahal. Inilah kelemahan yang paling banyak diperhitungkan. Meski memberikan banyak manfaat nyatanya tidak butuh dana sedikit untuk memasang kabel jenis ini. Belum lagi harus mempekerjakan banyak orang untuk penggalian dan proses lainnya. Belum lagi biaya perawatan yang pastinya tidak murah.
Harga MCB Listrik Harga Kabel Listrik
Alat Alat Listrik Instalasi Listrik

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu fiber optik. Mengingat fungsinya yang penting membuat perusahaan telekomunikasi rela banyak membangun akhir-akhir ini. Kelebihan kekurangan fiber optic juga telah di jelaskan di atas untuk membuat Anda semakin paham.

Kata Kunci :

contoh desaign fiber optik antar kecamtan,fiber kecil

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *