Panduan Instalasi Listrik Rumah Saklar Tunggal & Ganda

⏩Cek panduan lengkap cara instalasi listrik rumah yang AMAN dan benar ☑️ Instalasi listrik saklar tunggal ☑️ dan saklar ganda ☑️

Jika Anda hendak membangun rumah, tentunya Anda perlu memasang instalasi listrik. Sebab listrik digunakan untuk seluruh peralatan rumah tangga, dari alat memasak, sistem pengaturan air, hingga pendingin ruangan. Jika dipasang secara sembarangan, ia akan merugikan pemilik rumah karena bisa menimbulkan kebakaran hingga konsleting.

Instalasi Listrik Saklar Ganda

instalasi listrik

Untuk penggunaan lampu rumah, jenis saklar ganda merupakan yang paling banyak digunakan. Jenis saklar ini pemasangannya cukup rumit, karena itu Anda harus memperhatikan dengan benar teknisnya karena ia mengontrol banyak peralatan di tempat yang berbeda.

Sebelum memasang, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips agar pemasangan jenis saklar ini aman.

  1. Persiapkan perlengkapan dengan baik, utamakan menggunakan alat yang original untuk menghindari kegagalan fungsi.
  2. Siapkan tempat pasang saklar yang strategis, apalagi untuk penerangan, letakkan di dekat pintu agar mudah dicapai.
  3. Gunakan rangkaian paralel, pastikan semua kabel terpasang dengan baik, sehingga tidak ada sisa yang menyeruak dan mengakibatkan peluang tersetrum dan kegagalan instalasi listrik rumah.

Pemasangan Saklar Tunggal

Jika Anda hendak memasang saklar tunggal pun, Anda juga harus memastikan keamanannya seperti saklar jenis ganda. Saklar yang digunakan sebagai media untuk menyalakan dan mematikan fungsi alat listrik, harus dikawat dengan sambungan yang aktif.

Pastikan tidak ada kabel yang terbalik ketika pemasangan, karena bisa mengakibatkan saklar tidak bekerja secara optimal.

Agar tidak banyak kekeliruan ketika Anda memasang saklar, posisikan saklar di tempat yang agak tinggi agar tidak ada kabel yang saling bersilangan.

Jangan lupa untuk mengoperasikannya sesuai dengan ketentuan. Terdapat dua bagian dalam saklar ketika Anda hendak melakukan pemasangan, yakni penghantar aktif dan pentahanan.

Gambar Instalasi Listrik

gambar instalasi listrik

Agar Anda tidak salah dalam memasang instalasi listrik, berikut merupakan gambaran yang bisa Anda perhatikan. Ketika hendak memasang kabel dan perangkat lain, pastikan bahwa kabel tidak bersilangan antar satu dengan yang lain, sehingga jika ada masalah bisa segera di perbaiki tanpa perlu mengganggu saluran kabel yang lain.

Pada gambar instalasi listrik, biasanya telah tercantum ukuran watt yang hendak digunakan berikut dengan pembagian ruangan. Anda tidak harus berpatokan pada gambar tersebut, bisa Anda sesuaikan dengan ruangan yang Anda miliki. Ingat, jika Anda tidak bisa memasangnya sendiri, Anda bisa meminta bantuan kepada tukang listrik yang lebih ahli.

Dalam instalasi dan penggunaan listrik, gambar saklar merupakan gambar yang paling banyak dicari di internet, apalagi terkait dengan teknis pemasangan. Gambar jenis tersebut sebenarnya sederhana saja konsepnya, asalkan sesuai dengan fungsi dan prosedur pemasangan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pemasangan dan tata letak saklar.

Pemasangan Meteran Listrik

Agar Anda lebih mudah dalam memasang meteran di rumah, sebaiknya Anda membuat denah rumah, berikut dengan ruangan dan jenis saklar yang digunakan. Dengan begitu, gambar meteran dan posisi peletakannya lebih mudah untuk dilakukan. Penggunaan meteran juga dianggap sebagai sarana untuk mengetahui penggunaan listrik pra bayar dan pasca bayar.

Ketika Anda hendak melakukan instalasi listrik, Anda bisa meminta bantuan PLN untuk memasang meteran. Ini karena kebanyakan meteran saat ini dikelola langsung oleh PLN, baik Anda menggunakan tipe listrik pasca bayar maupun pra bayar. Proses pemasangannya cukup cepat, Anda bisa datang langsung ke kantor PLN di kota Anda.

Hal yang juga berkaitan dengan meteran adalah stop kontak, umumnya symbol stop kontak di gambar-gambar saklar bisa dengan mudah Anda temukan. Jika hendak diaplikasikan, Anda bisa memasang stop kontak dimana saja, tanpa perlu khawatir mengenai penggunaan listrik.

Pemasangan Stop Kontak

Untuk Anda yang hendak memasang stop kontak, sebaiknya gunakan tespen untuk mengetahui apakah terdapat tegangan listrik di dalamnya. Stop kontak juga sering disebut sebagai kotak kontak karena bentuk perseginya, walaupun sekarang ia memiliki bentuk yang lebih variatif mengikuti perkembangan zaman.

Fungsi dari stop kontak sederhana, yakni sebagai alat pemutus arus listrik ketika terjadi kontak positif maupun negatif pada penggunaan listrik. Tips memasang stop kontak juga tidak rumit, pastikan memang terdapat arus listrik disana dan tiga kabel yang digunakan, yakni kabel masuk, keluar, dan pada stop kontak tersambung dengan baik.

Standar dalam Pemasangan Instalasi Listrik

Ketika Anda hendak memasang instalasi, sebaiknya Anda memperhatikan standar instalasi listrik agar tidak terjadi hal yang merugikan. Salah satunya adalah dengan mengetahui denah instalasi pada rumah, sehingga penghuni rumah dapat beraktivitas dengan baik tanpa mengurangi kenyaman.

Kemudian gunakan kabel yang baik dan tidak mudah rusak, pastikan juga merupakan kabel SNI, sebab instalasi adalah pemasangan listrik yang cukup rumit dan hendak digunakan dalam jangka waktu panjang. Tentu sebagai pemilik rumah, Anda tidak ingin ada kerusakan yang menyebabkan kerugian besar hanya karena pemasangan listrik yang salah.

Ragam Informasi Lainnya :
Kabel Listrik Kabel NYY
Kabel NYA Kabel NYM

Demikianlah berbagai tips dan teknik pemasangan instalasi listrik jika hendak digunakan di rumah. Semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan pengetahuan untuk digunakan di masa yang akan datang.

Kata Kunci :

cara instalasi saklar tunggal

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *