Harga Plat Aluminium & Stainless Terbaru April 2021

Harga Plat Aluminium dan Plat Stainless @Renovasi.co.id – Plat merupakan material yang cukup sering digunakan pada pembangunan. Material yang umumnya berbentuk tipis ini memiliki cukup banyak macam dan juga jenis.

Macam-macam plat tersebut memiliki fungsi dan kelebihannya sendiri-sendiri dalam industri pembangunan. Dua jenis plat yang cukup sering digunakan saat ini adalah plat aluminium dan stainless.

Tidak hanya pada pembangunan saja, plat-plat tersebut memiliki banyak manfaat lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai fungsi plat aluminium dan stainless serta kekurangan dan kelebihannya ada di bawah ini.

Harga Plat Aluminium Terbaru 2021

harga plat aluminium

Plat jenis aluminium adalah material logam yang cukup ringan namun tetap kokoh jika digunakan. Material ini umumnya berbentuk roll atau lembaran dengan ketebalan yang beragam. Ada beberapa tipe atau seri yang tersedia bebas di pasaran seperti AA 1100, AA 5083, A 5052, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk ketebalannya yaitu mulai dari 0 mm hingga 30 mm dengan tipe berbeda-beda. Harga plat aluminium sendiri nantinya bervariasi sesuai dengan spesifikasi yang dipilih.

Harga plat aluminium dan stainless mungkin menjadi hal selanjutnya yang Anda cari. Kedua jenis plat ini memiliki harga yang bervariasi menurut ukuran dan ketebalannya. Namun pada umumnya, harga plat stainless lebih mahal karena fungsinya terhadap korosi yang lebih tinggi.

Ketebalan (mm) Ukuran L x P (m) Harga/ Lembar
0.2 1.00 x 2.00 91.200
0.3 1.00 x 2.00 106.100
0.4 1.00 x 2.00 138.050
0.5 1.00 x 2.00 174.300
0.6 1.00 x 2.00 206.200
0.8 1.00 x 2.00 277.500
1.0 1.00 x 2.00 343.100
1.2 1.00 x 2.00 461.350
1.5 1.00 x 2.00 518.200
2.0 1.00 x 2.00 686.100
3.0 1.00 x 2.00 1.052.100

Fungsi Plat Aluminium

Pada umumnya, fungsi dari plat jenis aluminium hampir sama saja dengan stainless. Namun, fungsi plat stainless sendiri terhadap korosi lebih tinggi. Langsung saja, berikut ini adalah fungsi plat aluminium:

  1. Konstruksi dari dashboard reklame

Dashboard reklame yang sering Anda temukan di jalan-jalan biasanya menggunakan plat aluminium sebagai konstruksi. Kelebihan dari plat jenis ini membuatnya mampu bertahan lama meskipun terkena panas dan hujan. Selain itu harga plat ini juga lebih terjangkau.

  1. Pembuatan perlengkapan dapur

Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa perlengkapan dapur seperti panci, wajan, hingga penanak nasi menggunakan bahan aluminium. Plat jenis ini dipilih karena aman digunakan pada alat-alat tersebut. Selain itu sifatnya yang tahan air dan juga tahan karat menjadikan plat jenis ini paling cocok digunakan sebagi bahan pembuatan perlengkapan dapur.

  1. Industri karoseri

Pada industri karoseri, plat jenis ini digunakan sebagai campuran pada bagian badan bus atau kendaraan-kendaraan lainnya. Jika mampu mencampur dengan tepat, bagian yang dicampuri plat jenis aluminium mampu tahan terhadap karat maupun segala cuaca yang berubah-ubah.

  1. Industri konstruksi bangunan

Sedangkan untuk konstruksi bangunan, material ini dicampur pada bahan baja. Jika sudah dilakukan penyesuaian dengan baik maka segala kelebihan plat jenis ini akan didapatkan.

Kelebihan Kekurangan Plat Aluminium

plat aluminium

Penggunaan plat aluminium sebagai material logam tentu saja masih memberikan kelebihan dan kekurangan yang haru Anda pertimbangkan. Langsung saja, berikut ini adalah kelebihan kekurangan plat aluminium:

  • Kelebihan

Dibandingkan dengan logam jenis lain, aluminium memiliki sifat yang lebih ringan namun tetap kokoh. Selain itu, ketahanannya terhadap temperatur dan karat juga cukup tinggi sehingga bisa lebih awet. Kelebihan lainnya yaitu tidak mudah terbakar, tidak menciptakan zat buangan, tahan terhadap sinar, dan lain sebagainya.

  • Kekurangan

Meskipun begitu, plat ini juga memiliki beberapa kekurangan jika diaplikasikan. Salah satu kekurangannya yaitu pemasangan yang lebih sulit dibandingkan dengan bahan lain. Pemasangan harus presisi dan sempurna, jika tidak akan ada kebocoran saat terjadi hujan.

Kelebihan Kekurangan Plat Stainless

Plat jenis stainless atau yang juga dikenal dengan plat stainless steel memiliki kekuatan sangat tinggi terhadap korosi. Plat ini sebenarnya sudah ada sejak lama namun kini semakin dikembangkan untuk mendapatkan fungsi yang lebih baik lagi.

Sama seperti plat jenis aluminium, plat ini juga berbentuk lembaran dengan ketebalan yang sangat beragam. Anda bahkan bisa menemukan plat jenis stainless dengan ketebalan mencapai 100 mm. Harga plat stainless dengan ketebalan tersebut tentu saja terbilang cukup tinggi dibanding yang lain.

Sama halnya dengan plat aluminium, plat jenis ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Langsung saja berikut ini adalah kelebihan kekurangan plat stainless:

  • Kelebihan

Plat jenis stainless memiliki beberapa kelebihan sehingga cukup banyak yang menggunakannya. Beberapa kelebihannya tersebut seperti kontaminasi zat kimia lebih rendah serta mencegah perkembangannya hingga sebanyak 10 kali lipat. Plat ini juga mudah dibersihkan serta bersifat mekanik yang baik.

  • Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihannya ketahui juga kekurangan agar anda mengetahui kelebihan kekurangan plat stainless sekaligus. Pada umumnya, kekurangan plat ini ada pada harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan plat jenis aluminium. Namun fungsi plat stainless juga lebih baik.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Atap Galvalum
Atap Spandek Plafon Minimalis

Itulah informasi mengenai plat aluminium dan juga stainless lengkap untuk Anda yang membutuhkannya. Dengan mengetahui fungsi serta kelebihan kekurangan plat aluminium dan stainless maka Anda bisa menentukan pilihan dengan baik.

Mungkin cukup sekian informasi yang diberikan semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi mengenai plat stainless maupun aluminium.

Kata Kunci :

harga plat alumunium,harga dapur stanlis tempah,harga fabrikasi plate stainless steel terbaru,harga plat aluminium

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *