Harga Exhaust Fan ( Kipas Blower) Terbaru Mei 2021

Bingung cari refrensi harga exhaust fan termurah di pasaran ? ⭐ Cek ⏩ promo harga blower (exhaust fan) terbaru 2021 beragam jenis dan merk ☑️

Rumah membutuhkan udara yang segar dan bersih. Untuk mendapatkannya, Anda dapat memasang exhaust fan. Secara umum, alat ini mirip dengan kipas angin tetapi memiliki kapabilitas untuk menghisap dan memasukkan udara secara dinamis.

Kipas seperti ini terdiri dari beberapa tipe, merek, dan kategori termasuk variasi harga. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Exhaust Fan?

harga exhaust fan

Anda bisa mengetahui fungsi exhaust fan apabila sudah mengerti apa sebenarnya alat tersebut. Exhaust fan adalah kipas dengan teknologi untuk mengatur sirkulasi udara. Fungsinya bukan sekedar membuat segar dan adem. Sebaliknya, Anda bahkan dapat merasakan suhu hangat dari kipas ini jika memang dibutuhkan.

Bentuknya ada yang kecil, sedang, dan besar. Kipas seperti ini terintegrasi dengan cover secara rekat. Artinya, Anda tidak membutuhkan alat khusus untuk membuka dan mengecek bagian dalam.

Beberapa kipas bahkan hanya tersedia bagian intinya saja. Anda membutuhkan tempat tertentu jika ingin menginstall langsung. Nah untuk informasi pembuka, langsung saja anda simak daftar harga exhaust fan terbaru dari berbagai merk terbaik.

Harga Exhaust Fan Terbaru

harga blower

Berapa harga exhaust fan? Jawabannya tergantung ukuran dan tipe. Anda bisa mendapatkan kipas dengan harga sekitar 300 ribu hingga 500 ribu. Kipas ini tersedia untuk dinding dan dapur. Instalasi tidak ribet dan kapasitas cukup untuk mengatur udara di ruangan.

Akan tetapi, Anda membutuhkan kipas dengan daya dan kapabilitas besar untuk keperluan gedung. Contohnya adalah exhaust fan KDK. Produk ini memiliki harga diatas 10 juta bahkan ada yang lebih dari 30 juta.

Spesifikasi Ukuran Harga
Exhaust Plafon Ventilating Fan Maspion MV16EX 29 x 29 x 17 cm Rp. 175.000
Blower Dak Plafon Sekai MVF 1091 10in 30 x 30 x 17 cm Rp. 220.000
Blower Plafon KDK 20TGQ2 8in 32 x 32 x 18 cm Rp. 401.200
Exhaust Fan Ceiling Sekai MVF 893 (8″) 26cm x 27cm x 20cm Rp. 138.000
Sekai Mvf 1091 (exhaust fan plafon 10″) 24,5 x 24,5 cm Rp. 148.500
KDK Exhaust Fan Dinding 12 inch – 30RQN 30 x 30 x 17 cm Rp. 385.100
Hexos Exhaust Fan Sht 25-B System In Out 35 x 35 cm Rp. 684.000
MASPION MV-200 NEX Wall Exhaust 8′ 25x25cm Rp. 266.000

Harga exhaust fan tersebut menyesuaikan dengan dimana Anda akan install kipas tersebut. Kapabilitas besar dan fungsi yang sangat penting akan meningkat value sehingga harga semakin mahal.

Jenis Jenis Exhaust Fan

exhaust fan

Setelah anda mengetahui ragam daftar harga exhaust fan (blower), baiknya anda ketahui juga macam macam exhaust fan yang dijual dipasaran agar tidak salah ketika membelinya. Jenis jenis exhaust fan akan menunjukkan beberapa tipe kipas yang sering dipakai. Simak penjelasan berikut ini:

  • Exhaust fan ruangan

Jenis yang pertama disebut dengan nama exhaust fan plafon atau ruangan. Kipas ini diletakkan di atas untuk mengatur udara di ruangan tersebut. Ada dua cara instalasi yaitu terbuka dan tertutup.

Untuk rumah, kipas dapat direkatkan langsung lalu dialirkan ke luar melalui ventilasi. Akan tetapi, gedung dan ruangan tertentu membutuhkan alur ventilasi panjang sehingga kipas diletakkan terintegrasi dengan sistem. Anda tidak akan melihatnya di ruangan tersebut.

  • Exhaust fan dinding

Contoh umum kipas ini untuk dinding adalah produk exhaust fan Panasonic. Bentuknya adalah kotak dan berisi bagian inti kipas. Anda memasang dengan cara merekatkan ke dinding. Posisinya cukup tinggi dan menyentuh sudut plafon. Kipas ini berguna untuk area sempit dan penggunaan rumah.

  • Exhaust fan dapur

Jenis lain adalah exhaust fan dapur. Untuk tipe ini, sistem instalasi ada dua yaitu dekat dengan kompor dan ventilasi. Yang kedua adalah tergantung dan diatas kompor.

Asap mengepul dan debu hasil masal akan langsung terhisap kipas ini sering ada di dapur restoran dan rumah makan. Harga exhaust fan dapur bisa anda cek di toko toko bangunan terdekat.

  • Inline exhaust fan

Opsi lain adalah inline exhaust fan. Anda menggunakannya untuk ruangan dengan ventilasi yang tergabung dengan ruangan lain. Contoh mudah adalah di gedung, sekolah, dan bangunan tinggi. Semua ventilasi berada di satu jalur jadi mudah cukup dengan satu kipas. Harga blower ini cukup murah dipasaran.

Pemasangan Exhaust Fan

Pemasangan exhaust fan tergantung jenis, ukuran, dan sistem ventilasi. Anda cukup install langsung di area dinding untuk produk dengan tipe exhaust fan dinding. Hal yang sama berlaku pula untuk kipas di dapur da plafon.

Secara umum, kipas berada di sebuah alur ventilasi. Mereka membutuhkan tujuan akhir yaitu pembuangan udara tanpa tercampur lagi dengan udara baru. Instalasi membutuhkan denah rumah dan gedung agar tepat.

Tips Memilih Exhaust Fan

Pembahasan terakhir adalah tips memilih kipas seperti ini yang tepat dan benar. Aspek pertama adalah jenis ruangan dan luasnya. Anda perlu membeli exhaust fan kamar mandi untuk ruangan yang memang diperuntukkan untuk fungsi tersebut. Kipas ini mampu menjaga udara dan mengeringkan air hingga memastikan dinding dan lantai kering.

Satu lagi yang juga penting adalah harga. Kipas menyesuaikan dengan budget. Beli kipas yang tepat untuk rumah dan kapasitas tidak berlebih. Anda tidak ingin membayar mahal terutama perawatan dan biaya penunjang lain. Pastikan harga dan budget sesuai dengan kebutuhan.

Beda Exhaust Fan dengan Kipas Angin Biasa

Banyak yang bertanya apakah exhaust fan  sama dengan kilas biasa. Nama lainnya adalah kipas blower yang dapat memberikan keluaran angin lebih besar. Perbedaan mencolok ada pada cara kerja.

Kipas seperti ini tidak mengaburkan atau mengacak udara untuk memperoleh angin. Saat menggunakan kipas tersebut, Anda mungkin tidak akan terasa aliran udara. Kipas secara bertahap menghisap lalu mengeluarkan udara di ruangan misalnya dapur.

Saat memasak dan menggunakan kipas ini, Anda melihat asap segera terhisap. Proses ini tidak akan terjadi jika memakai kipas biasa tap hanya dikaburkan kesana kemari dan masih tetap di ruangan.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Harga GRC Harga Besi Beton

Selanjutnya, Anda juga mempertimbangkan konsumsi listrik dan level kebisingan. Kipas harus memberikan manfaat lebih dan Anda membayar sesuai dengan fungsinya.

Saat ini, teknologi terbaru sudah mampu mengurangi kebisingan sehingga orang tidak menyadari bahwa mereka berada di kamar dengan sistem exhaust fan. Sekian informasi terbaru seputar harga exhaust fan (blower) yang bisa kami paparkan. Semoga bermanfaat!

Kata Kunci :

budget pasang blower di dapur

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *