25+ Cat Duco Terbaik untuk Mobil dan Kayu, Harga Paling Murah!

⏩Cat Duco Adalah ? Berikut ulasan apa itu cat duco ☑️ Harga terbaru di tahun 2020 ☑️ dan keunggulannya untuk mobil atau furniture kayu⭐!

Ada berbagai macam jenis cat yang bisa digunakan untuk kayu dan mobil, salah satunya adalah cat duco. Jika Anda ingin mobil Anda tampil dengan warna yang menawan, tentu Anda harus pandai-pandai memilih cat yang cocok.

Selain untuk mobil, cat yang akan dijelaskan di bawah ini juga sering digunakan untuk mengecat kayu. Nah, untuk tahu lebih jauh soal catnya, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Apa itu Cat Duco

Seperti yang sudah disebutkan, cat duco adalah cat dengan komposisi material Nitrocellulose atau sering disingkat dengan cat NC. Label Duco sebenarnya adalah merk cat nitrocellulose yang dulu pernah tren di Indonesia. Sehingga untuk semua cat berjenis Nitrocellulose sekarang ini sering orang mengenalnya dengan istilah cat duco.

Salah satu jenis catnya yaitu water based. Cat water based berbahan dasar air dan banyak dipakai di pabrik-pabrik furniture. Jenis cat ini sangat menguntungkan bagi pengusaha, karena harga cat duco sangat terjangkau. Dan dengan cat ini, Anda tak perlu lagi membeli thinner untuk melarutkan cat.

Harga Cat Duco Mobil Terbaru :

Jenis Volume Harga
Cat Mobil Danagloss Clear PU 1 Kg Rp. 76.000
Cat Mobil Nippont Nippe 2000 1 Kg Rp. 70.000
Penta Super Gloss Mutiara Lembayung Ungu 200 ML Rp. 29.000
Avian RN6 Suzuka Orange 1 Kg Rp. 62.000
Cargloss Miraton Candytone Yamaha Vivid Red 0.23 Liter Rp. 53.000
Cat Duko Kardiac Black Hitam Glossy 0.23 liter Rp. 36.000
Cat Duco Mobil PU Hologram Autoglow Multiflect 1 Liter Rp. 265.000
Kansai Star Gloss Super Black 3.75 Liter Rp. 598.000
Top Colour Danapaint 1 Liter Rp. 77.000

Harga Cat Duco Kayu dan Besi :

Jenis Volume Harga
Propan Acrylux White Kayu dan Besi 1 Liter Rp. 80.000
Cat NC Besi & Kayu Elegant Metallics Copperhead 1500 Gr Rp. 182.000
Cat Kayu Bio Colour Biovarnish 1 Kg Rp. 99.000
Cat Kayu Water Based BioColours Bioduco White 1 kg Rp. 100.000
Clear Pernis Exluna Blinken Polyurethane 1 Liter Rp. 96.500
Cat kayu Top Color Black / White 1/2 kg Rp. 48.000
Cat Kayu Tekstur Anthracite Black Andesit  1.5 Liter Rp. 251.000
*Notes : Harga Bisa Berubah Sewaktu Waktu dan Tiap Daerah Pasti Terdapat Selisih!

 

Jenis Jenis Cat Duco

jenis cat duco

Keunggulan dari cat water based ini adalah efek jangka panjangnya. Cat ini bukan jenis cat yang mengandung logam berat seperti timbal. Jenis cat duco ini saat dibuka juga tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Lalu proses aplikasinya juga sangat cepat dan mudah. Dalam pengaplikasiannya, cat ini tidak membutuhkan panas matahari. Hanya dengan mendiamkannya di ruangan, cat duco mobil ini akan cepat kering.

Selain itu, ada pula cat biocolours. Cat ini telah didesain khusus supaya bisa digunakan di dalam dan di luar ruangan. Warnanya pun sama-sama tahan lama, apalagi jika digunakan untuk furniture yang baru. Lapisan catnya selain tidak bau juga sangat halus dan mudah diaplikasikan. Anda juga bisa menggunakan cat duco besi dengan jenis biocolours.

Tips Penting Sebelum Menggunakan Cat Duco Mobil

cat duco mobil
Via : Ffutuready.com

Cat duko memang seringkali digunakan oleh orang-orang yang memiliki mobil. Ada berbagai alasan cat ini digunakan, di antaranya karena baret-baret, pudar, atau memang ingin memodifikasi warna mobil. Sebelum menggunakan cat duco mobil, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Kebutuhan mobil

Pertama Anda harus memastikan bahwa mobil Anda memang membutuhkan cat. Karena pengecatan biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Meski Harga cat duco terjangkau, namun untuk mobil tetap akan menghabiskan banyak biaya.

  1. Pilihlah warna dan jenis catnya

Langkah penting kedua adalah memperhatikan jenis produk apa yang akan Anda gunakan. Selain itu, Anda pun harus mempertimbangkan warna yang akan Anda aplikasikan ke mobil Anda.

Baca Juga : Harga Cat Avian

Cara Mengaplikasikan / Menggunakan Cat Duko Kayu

Via : Shopee.com

Apabila Anda sudah tahu apa sebenarnya arti cat ini, tentu saja Anda juga harus memahami cara yang tepat untuk mengaplikasikan cat tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini akan dijelaskan tips untuk mengaplikasikan cat duco kayu:

  1. Lakukan persiapan dengan baik dan antisipasi kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan produk yang satu ini perlu Anda perhatikan. Karena kekurangan tersebut perlu Anda antisipasi dengan persiapan yang tepat. Seperti Anda perlu menghilangkan terlebih dahulu serbuk-serbuk amplas yang  menempel pada permukaan kayu. Dengan begitu, furnitur Anda nantinya akan nampak rata dan halus setelah selesai pengecatan.

  1. Gunakan primer coat

Penggunaan primer coat ini adalah untuk menjadi dasar warna bagi duco. Lapisan yang nantinya akan menutupi warna dari serat-serat kayu yang nampak ini juga bisa digunakan pada cat duco besi. Ohya, Anda bisa menggunakan warna yang gelap, seperti abu-abu.

  1. Lapisan cat harus diamplas

Lapisan cat perlu Anda amplas dengan ambang amplas 400. Proses ini akan membuka pori kayu, sehingga lapisan atas cat tersebut akan terikat pada lapisan bawah dengan baik. Jika Anda sudah tahu dengan produk yang satu ini tentu Anda juga sudah paham mengapa perlu diamplas dahulu.

  1. Bekerja di ruangan yang bersih

Cat duco kayu harus diaplikasikan di tempat yang bersih agar ketika kering akan nampak halus. Anda bisa mendiamkan cat yang sudah digunakan dalam ruangan kurang lebih 24 jam. Ruangan yang bersih akan membantu proses pengeringan berjalan sempurna.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Duco untuk Furniture

cat duco kayu
Via : Pinterest.com

Apakah Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan cat yang satu ini ? Jika belum, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut:

  1. Ada beberapa kelebihan dari produk yang satu ini, pertama adalah pilihan warnanya yang cukup banyak. Anda bisa menyesuaikan warnanya sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, hasil akhir cat ini juga sangat halus, dan hasil akhirnya juga bisa disesuaikan, bisa jadi glossy atau doff. Lalu cat ini juga aman untuk anak-anak dan awet.
  2. Kekurangan produk ini adalah harganya yang cukup mahal ketika digunakan untuk finishing furniture. Karena prosesnya pun cukup lama, dan harus dilakukan secara bertahap. Hal ini digunakan supaya hasil akhir lebih rata dan juga tahan lama.
Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Harga GRC Harga Besi Beton

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cat duco. Dengan tips, dan juga pengetahuan tentang cat di atas, Anda bisa lebih hati-hati dalam memilih catnya maupun dalam pengaplikasiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang hendak mengecat mobil atau furniture kayu.

Kata Kunci :

clear doff terbaik

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *