Harga Besi Beton SNI Terbaru Bulan Januari 2021 – Termurah!!

Sedang mencari info harga besi beton paling murah ? Cek ⏩ promo harga terbaru ☑️ ragam ukuran besi beton ☑️  dan tabel berat besi beton lengkap ☑️  untuk referesi anda.

Besi jenis beton merupakan material kokoh yang biasanya digunakan sebagai bahan konstruksi. Ketika membuat sebuah bangunan tentunya dibutuhkan material konstruksi kokoh yang dapat menjadi penyangga kuat dan besi ini adalah salah satu material yang cocok. Ada banyak jenis besi beton yang sudah beredar di pasaran dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Untuk harga besi beton juga beragam bergantung pada jenis yang diinginkan. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Menjadi salah satu material konstruksi, besi satu ini sering kali disebut sebagai steel rebar. Cara kerjanya saling melengkapi dengan beton karena besi ini sendiri lemah terhadap tekanan dan membutuhkan beton sebagai tarikan. Berikut ini beberapa spesifikasi yang perlu Anda ketahui.

Spesifikasi Besi Beton

harga besi beton

  • Ukuran

Besi satu ini memiliki ukuran standard yang tidak boleh dilanggar. Hal tersebut demi memenuhi tingkat keamanan ketika digunakan sebagai material konstruksi. Ukuran besi sesuai SNI adalah 0,222 kg/m sampai dengan 17,4 kg/m. Jika ada yang kurang atau melebihi rentang ukuran tersebut maka belum dikatakan ideal dan diragukan tingkat keamanannya. Anda juga perlu memperhatikannya dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli.

  • Harga

Harga besi beton biasanya dibedakan pada standard SNI. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika besi ini memiliki ukuran yang menjadi standard SNI. Maka apabila Anda membeli yang di bawah ukuran standard bisa saja mendapatkan harga lebih murah. Namun jangan merasa senang karena meskipun mendapatkan harga yang di bawah standard kualitas yang diberikan juga tidak maksimal.

  • Diameter

Tak hanya ukuran secara keseluruhan saja yang diatur harus sesuai SNI, bagian diameter juga sudah memiliki ukuran yang sesuai standard. Standard ukuran yang ditetapkan adalah 0,01 hingga 0,02 mm. Jika di atas ukuran tersebut atau bahkan di bawahnya, maka bisa dipastikan jika kualitas yang dimiliki rendah dan tidak akan kuat ketika diterapkan pada konstruksi bangunan. Untuk itu pastikan juga memperhatikan diameternya sebelum membeli.

Jenis Besi Beton

jenis besi beton

Ada dua jenis besi beton yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih, yakni polos dan ulir. Masing-masing jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda beserta juga dengan fungsinya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa ulasan berikut ini.

  • Besi Beton Polos

Ciri khas dari beton polos adalah memiliki permukaan mulus dan licin. Bagian penampungannya juga memiliki bentuk yang bundar mulus dan tidak miring sedikitpun. Karakteristik umum dari jenis besi ini adalah memiliki sifat lentur dan mudah dibelok-belokkan. Harga besi beton polos lebih terjangkau dibandingkan jenis besi ulir. Hal tersebut karena memang kualitas yang diberikan oleh besi polos masih standard dan belum mampu memberikan ketahanan yang kuat.

  • Besi Beton Ulir

Jenis beton kedua adalah ulir yang memiliki bentuk tonjolan dan diidentikkan dengan sirip ikan. Hal ini sebenarnya menjadi salah satu kelebihan beton ulir karena akan memberikan daya ikat yang sangat tinggi. Karakteristik umumnya memiliki sifat yang keras dan susah untuk dibengkokkan sehingga proses pemasangannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dibandingkan dengan harga besi beton polos, beton ulir sedikit lebih mahal karena tingkat ketahanannya lebih tinggi.

Harga Besi Beton Terbaru 2021 :

Spesifikasi Besi Ukuran Harga (RP)
D 13 IBD SNI (Ulir) 12,8mm Rp. 102.200
D 16 IBD SNI (Ulir) 15,8mm Rp. 156.400
D 19 IBD SNI (Ulir) 18,8mm Rp. 218.600
8 SRB SNI 7,1 mm Rp. 34.300
10 SRB SNI 9,1 mm Rp. 54.700
12 SRB SNI 11,2 mm Rp. 77.800
D 13 SRB SNI 12,2 mm Rp. 98.500
D 16 SRB SNI 15,2 mm Rp. 149.500
Besi Tarik 4mm 3,8 mm Rp. 11.200
Besi Tarik 4mm 4 mm Rp. 12.100
Besi Tarik 5mm 4,2 mm Rp. 14.100
Besi Tarik 6mm 5,2 mm Rp. 19.900
Besi Tarik 6mm 5,6 mm Rp. 21.800
Besi Tarik 6mm 5,8 mm Rp. 23.700
Besi 8 SPI BJKU 7 mm Rp. 42.700
Besi 10 SPI BJKU 8,7 mm Rp. 58.800
Besi 12 SPI BJKU 10,5 mm Rp. 79.500
Besi 8 MSS BJKU 6,2 mm Rp. 37.400
Besi 10 MSS BJKU 8 mm Rp. 52.300
Besi 12 MSS BJKU 9,5 mm Rp. 67.200
Besi 8 TJ SNI 7,5 mm Rp. 46.100
Besi 10 TJ SNI 9,5 mm Rp. 67.800
Besi 12 TJ SNI 11,5 mm Rp. 91.600
Besi D 10 TJ SNI 9,5 mm Rp. 68.700
Besi D 13 TJ SNI 12,5 mm Rp. 108.200
Besi D 16 TJ SNI 15,5 mm Rp. 164.100
Besi D 19 TJ SNI 18,5 mm Rp. 225.300
Besi 8 IBD SNI 7,8 mm Rp. 48.700
Besi 10 IBD SNI 9,8 mm Rp. 71.400
Besi 12 IBD SNI 11,8 mm Rp. 98.200
*Notes : Harga Bisa Berubah Sewaktu Waktu dan Masing Masing Daerah Juga Pasti akan Terdapat Selisih

Fungsi Pada Kontruksi Bangunan:

fungsi besi beton

Setiap keberadaan material tentunya memiliki fungsi yang menjadikannya dibutuhkan oleh orang-orang, tak terkecuali dengan besi satu ini. Secara umum, fungsi utama yang dimiliki oleh besi ini adalah mengokohkan struktur konstruksi lewat pemasangannya yang tepat. Fungsi-fungsi lainnya bisa Anda simak pada ulasan berikut ini.

  • Memberikan Ikatan Lebih Sempurna

Jika hanya menggunakan besi biasa atau beton biasa saja tidak akan bisa menghasilkan ikatan yang lebih kuat. Maka diperlukan perpaduan antara besi dan beton sehingga menghasilkan fungsi ikatan yang lebih sempurna. Fungsi besi beton secara otomatis akan menjadikan konstruksi lebih kokoh dan tidak cepat mengalami kemunduran.

  • Memperbesar Daya Lekat

Ikatan dan daya lekat merupakan dua hal yang berbeda. Maka selain bisa memberikan ikatan lebih sempurna, fungsi besi beton juga bisa memperbesar daya lekatan sehingga mampu menahan adanya material lainnya di sekitarnya. Hal ini akan bekerja secara maksimal jika Anda menggunakan ukuran besi sesuai SNI dan juga benar dalam memadukannya. Kedua hal tersebut harus benar-benar diperhatikan agar mendapatkan daya lekat yang besar.

  • Konstruksi Gedung

Dalam penyusunan rangka konstruksi bangunan umumnya menggunakan besi satu ini. Diantara kedua jenisnya, yakni polos dan ulir semuanya bisa digunakan sebagai rangka penyusun konstruksi gedung. Selain itu, harga besi beton per kg yang cukup ekonomis juga menjadi salah satu alasan mengapa jenis besi ini banyak dipilih oleh masyarakat. Biasanya besi ini penggunaannya dipadukan dengan besi begel dan kawat agar hasilnya lebih maksimal.

  • Pembangunan Jembatan dan Terowongan

Besi satu ini juga sering kali dimanfaatkan sebagai pembangunan jembatan dan terowongan. Jembatan yang memiliki fungsi sebagai penghubung sebuah jalan harus memiliki konstruksi bangunan yang sangat kuat. Jenis besi yang cocok digunakan adalah beton ulir karena sifatnya yang sangat keras dan kokoh. Harga besi beton ulir sendiri juga cukup terjangkau sehingga tidak akan membuat anggaran dana menjadi membengkak.

Keistimewaan dalam Kontruksi Bangunan

Menjadi salah satu material konstruksi, besi satu ini memiliki beberapa keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh material lainnya. Beberapa keistimewaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki Tekanan yang Tinggi

Dalam proses pemasangan konstruksi bangunan, dibutuhkan besi jenis beton demi mendapatkan tingkat tekanan yang tinggi. Tak dapat dipungkiri jika salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh besi ini adalah menimbulkan tekanan tinggi sehingga bangunan menjadi kokoh dan akan sangat aman.

  • Tidak Perlu Biaya Pemeliharaan Tinggi

Berbeda dengan material lainnya yang mungkin mudah mengalami kerusakan, beton memiliki struktur yang lebih awet sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun, bagian dalamnya tidak akan mengalami pengeroposan. Hal ini tentunya menyebabkan minimnya biaya pemeliharaan.

  • Ekonomis

Sebagai material yang sering kali digunakan sebagai pondasi, besi satu ini memang banyak dipilih karena harganya yang cukup ekonomis. Terlebih lagi dalam proses perakitannya, ada banyak bentuk yang bisa dibuat sehingga ada banyak pilihan yang cukup beraga,.

Cara Pemasangan Sesuai Standar SNI

Besi Beton

Setelah mengetahui harga besi beton per kg beserta dengan jenisnya, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara pemasangannya. Cara pemasangan besi beton sebenarnya cukup mudah,bergantung pada jenis konstruksi yang ingin Anda buat. Berikut ini terdapat beberapa cara pemasangan yang bisa diperhatikan.

  • Memilih Jenis yang Cocok

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika hendak proses pemasangan adalah memilih jenis besi yang cocok. Beton sendiri memiliki dua jenis, yakni polos dan ulir, Anda bisa memilih keduanya berdasarkan fungsi bangunan. Setelah memilih jenis yang cocok kamu bisa menuju proses pemasangan selanjutnya.

  • Merakit

Cara pemasangan besi beton yang kedua adalah dengan merakitnya membentuk konstruksi yang dibutuhkan. Fungsi utama dari besi ini adalah memberikan ketahanan atau sebagai penyangga sebuah bentuk konstruksi tertentu. Maka dengan adanya proses perakitan yang kuat bangunan yang diinginkan akan memiliki pondasi yang kuat

  • Perekatan

Setelah proses perakitan selesai, hal yang perlu dilakukan adalah merekatkannya. Tentunya dalam proses perekatan Anda membutuhkan jenis besi lainnya seperti besi begel dan juga kawat agar hasilnya lebih maksimal. Tanpa adanya tambahan material lainnya tentunya akan sedikit kesulitan. Pada proses pemasangan ini harus dilakukan dengan teliti karena akan mempengaruhi tingkat keamanan serta kekuatan gedung yang dibuat.

Baca Juga : Berat Besi Beton

Tips Memilih Besi Beton

Keberadaan produsen besi satu ini memang sudah sangat menjamur. Hal ini karena masyarakat sudah mengetahui apa saja keunggulan yang terdapat di dalamnya. Meskipun peredaran besi ini sudah sangat pesat dan banyak pilihannya, Anda tetap perlu selektif dalam proses pemilihannya. Hal ini agar nantinya bisa mendapatkan kualitas besi yang sempurna. Berikut tips yang bisa Anda simak.

  • Pilih Ukuran SNI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika besi ini memiliki standard ukuran yang harus disesuaikan dengan SNI. Meskipun sedikit, masih ada beberapa produsen yang menyediakan besi dengan ukuran di bawah standard dan menawarkan harga yang murah. Padahal jika membeli yang tidak sesuai ukuran SNI maka kualitas besi yang diperoleh juga akan berada di bawah standard.

  • Perhatikan Jenis yang akan Digunakan

Anda pasti sudah tahu jika ada dua jenis dari besi ini yang memiliki karakteristik serta fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, kedua jenis besi ini dibedakan berdasarkan tingkat kekerasannya. Pada besi jenis ulir tingkat kekerasannya sangat tinggi hiingga sulit untuk dibengkokkan. Sedangkan untuk jenis polos, memiliki tingkat kelenturan yang cukup tinggi sehingga bisa dibelokkan. Namun, sebenarnya beton yang berkualitas adalah yang memiliki tingkat kekerasan tinggi.

  • Patikan dalam Kondisi Baik

Sebelum mumutuskan untuk membeli, Anda perlu mengecek terlebih dahulu kondisi dari besi tersebut. Jangan sampai Anda menemukan kecacatan dalam melihatnya karena akan mempengaruhi kualitasnya. Pastikan untuk tidak memilih besi yang dalam keadaan berkarat karena nantinya pasti akan lebih mudah rusak. Lebih baik pilih saja besi yang keadaannya masih baru atau belum terlalu lama.

  • Merk

Sama dengan produk-produk lainnya, ada beberapa merk beton yang bisa Anda beli. Tentunya setiap merk memiliki kualitas yang berbeda-beda, maka dari itu penting memilih merk berdasarkan kualitasnya. Anda mungkin bisa mencari informasi terlebih dahulu lewat internet atau bertanya kepada orang-orang yang memang mengetahui mengenai dunia konstruksi. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan merk terbaik yang berkualitas.

  • Harga

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah masalah harganya. Harga biasanya menjadi pertimbangan penting dalam memilih besi yang tepat. Hal yang penting diingat adalah jangan semakin mahal besi tersebut maka kualitas yang dimiliki pastinya juga semakin besar. Maka Anda tidak boleh tergiur dengan harga besi beton yang jauh di bawah standard karena kualitas yang diberikan juga tidak maksimal.

Ragam Informasi Lainnya :
Tabel Baja Besi Hollow
Cat Besi Beton Baja Ringan
Besi Siku Harga Besi Hollow

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai harga besi beton, spesifikasi, jenis, fungsi dan lainnya yang perlu Anda ketahui. Hal yang terpenting adalah pastikan terlebih dahulu jenis besi yang ingin digunakan lalu Anda lalu pilih produk yang paling berkualitas.

Pencarian :

harga besi bulan oktober 2020,harga bahan konstruksi desember 2020,harga besi beton 10 tahun terakir,harga besi di tahun 2020 bulan desember,harga besi nulan oktober,harga besi oktober 2020,harga material besi bulan oktober 2020

Yuk Berbagi Manfaat dengan Share Artikel ini :
You cannot copy content of this page