Harga Aluminium Foil Terbaru April 2021 + Jenis dan Fungsinya

Butuh informasi aluminium foil untuk atap? ☑️ Berikut ulasan harga aluminium foil terbaru ☑️ fungsi dan kelebihan kekurangannya☑️

Pada awalnya, material ini memang lebih dikenal sebagai pembungkus makanan yang memiliki sifat elastis, tipis, ringan, mudah dibentuk, dan tahan lama. Namun karena perkembangan zaman yang terjadi, masyarakat juga mulai kreatif dengan menggunakan bahan ini sebagai pelapis bawah genteng rumah.

Aluminium foil pada atap biasanya memiliki ukuran yaitu 3 mm hingga 25 mm dengan lebar 1 m hingga 1,2 m dan panjang 10 m hingga 50 m. Sedangkan kemasan aluminium foil biasanya berbentuk roll. Jika ingin mengenal tentang material ini lebih dalam, Anda bisa simak harga, jenis, serta fungsi aluminium foil di bawah ini:

Harga Aluminium Foil

aluminium foil

Material ini sendiri kini bisa Anda dapatkan dengan mudah dipasaran karena sudah banyak yang mulai memanfaatkannya sebagai bahan bangunan. Harga aluminium foil bervariasi karena ketebalannya juga beragam. Begitupula dengan harga aluminium foil peredam panas yang juga beragam sesuai ketebalan.

Tipe Ukuran Harga
Alumunium Shine Foil Double Per roll Rp 442.900
Alumunium Shine Foil Single Per roll Rp 318.800
Klin Pak Aluminium Foil 8 meter x 30 cm Rp 24.150
Aluminium Foil Bubble 1.2 x 25m tebal 4mm Rp 340.100
Metalizing Foil 1.2 x 25 m Tebal 4mm Rp 561.200
Alumunium foil single side ukuran 1,2m x 50m Per rol Rp 321.400
Aluminium foil bubble/gelembung udara (bubble, air shield ekonomis) tebal 4mm, ukuran 1 m x 30m Rp 451.100
Alumunium foil double side ukuran 1,2m x 50m Per roll Rp 401.200
Aluminium foil foam (lapis busa) 1m x 100m Rp 651.400
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 2 mm, ukuran 1m x 100m Rp 771.800
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 3 mm, ukuran 1,2m x 25m Rp 1.101.200
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 4 mm, ukuran 1,2m x 25m Rp 1.401.400
Aluminium foil foam (lapis busa) tebal 8 mm, ukuran 1,2m x 25m Rp 1.901.300
Aluminium foil bubble/gelembung udara tebal 8mm, ukuran 1,2m x 25m Rp 2.004.200

Fungsi Aluminium Foil

Aluminium foil untuk atap rumah ternyata memiliki fungsi yang cukup banyak, jadi tidak heran jika material ini menjadi idaman. Langsung saja, berikut ini adalah fungsi dari bahan bangunan satu ini:

  1. Peredam panas

Material ini mampu menjadi peredam panas karena bisa mengurangi radiasi dari sinar matahari hingga 97%. Karena mampu memantulkan radiasi sinar matahari tersebut maka suhu ruangan yang berada di bawahnya tidak akan panas meskipun pada musim panas. Bahkan suhu ruangan bisa menjadi lebih sejuk.

  1. Peredam suara berisik

Selain mampu meredam panas, aluminium foil atap juga mampu menjadi peredam suara berisik. Dimana ketika musim hujan tiba biasanya suara jatuhnya air akan menimbulkan suara berisik dari atap rumah. Namun dengan penggunaan material ini, suara tersebut tidak akan begitu terdengar oleh ruangan yang berada di bawahnya.

  1. Mencegah kebakaran

Sama seperti aluminium foil yang digunakan pada makanan, material ini juga mampu mencegah kebakaran karena tidak mampu merambatkan api. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda karena risiko kebakaran di rumah akan berkurang.

  1. Memperkuat rangka atap

Fungsi aluminium foil selanjutnya yaitu untuk memperkuat rangka atap. Atap rumah yang menggunakan material ini akan lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan atap rumah yang tidak menggunakannya. Jadi Anda bisa menghemat biaya perbaikan maupun pembaruan atap karena bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

  1. Mencegah kebocoran air

Aluminium foil atap memang memiliki fungsi yang sangat beragam jadi tidak heran banyak yang mencarinya. Fungsi lainnya yaitu untuk mencegah kebocoran air pada atap karena mampu menghalangi air dengan baik. Jadi air hujan tidak akan bisa masuk ke rumah.

  1. Menambah nilai keindahan

Fungsi terakhir yaitu mampu menambah nilai estetika atau keindahan rumah Anda. Meskipun tidak ada plafon namun rumah Anda tetap indah jika dilihat dari bawah.

Varian Jenis Aluminium Foil

harga aluminium foil

Untuk jenis dari aluminium foil sendiri hanya ada dua jenis diantaranya yaitu:

  1. Aluminium Foil Single Side

Sesuai dengan namanya jenis ini hanya memiliki satu sisi saja. Jadi bagian atas dari material akan terlihat mengkilap sedangkan bagian bawahnya buram biasa saja. Meskipun hanya terdiri dari satu sisi saja, namun harga aluminium foil single side lebih murah dibanding jenis satunya.

  1. Aluminium Foil Double Side

Jenis kedua yaitu double side dimana kedua sisinya sama-sama memiliki bagian yang mengkilap. Dibandingkan jenis sebelumnya, kelebihan dari jenis ini yaitu dapat menangkal radiasi sinar matahari dengan lebih kuat dan juga lebih efektif. Jadi tidak heran jika harga aluminium foil peredam panas jenis double side lebih mahal.

Macam-macam Aluminium Foil

Disamping jenisnya, aluminium foil juga dibedakan berdasarkan macamnya. Setidaknya ada 3 macam yang saat ini ada di pasaran diantaranya yaitu:

  1. Bubble

Aluminium ini masuk ke dalam jenis double side dimana kedua sisinya sama-sama mengkilap. Ciri utama dari aluminium Bubble yaitu kedua buah sisinya menggunakan lapisan aluminium namun bagian tengahnya menggunakan bahan plastik. Dimana bagian tengahnya tersebut terdapat bubble atau gelembung udara.

  1. Woven

Yang kedua adalah Woven yaitu aluminium dengan lapisan woven atau serat karung plastik. Aluminium ini tersedia dalam jenis double side maupun single side. Karena fungsinya yang baik untuk meredam panas dan mengatasi bocor, material ini bagus digunakan sebagai lapisan atap baja ringan.

  1. Foam

Foam merupakan aluminium dengan ketebalan yang cukup tinggi yaitu hingga 25 mm. Sesuai namanya, aluminium ini menggunakan lapisan foam sehingga memiliki berat yang lebih tinggi dibandingkan dengan aluminium lainnya. Sama seperti Woven, Foam juga tersedia dengan jenis double side dan single side. Sedangkan untuk kemasan aluminium foil Foam biasanya berbentuk roll.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Atap Galvalum
Atap Spandek Plafon Minimalis

Itulah berbagai informasi mengenai aluminium foil untuk atap jika Anda tertarik menggunakannya. Meski lebih dikenal sebagai pembungkus makanan, namun manfaat dan fungsi dari aluminium foil ini ternyata lebih beragam. Semoga informasi yang diberikan tersebut berguna untuk Anda yang ingin memanfaatkan material ini pada pembangunan.

Kata Kunci :

harga almunium poil permeter,HARGA ALUMINIUM FOIL UNTUK KULKAS

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *