Harga Dak Keraton Terbaru 2021 Beragam Ukuran

Temukan ragam ☑️ jenis ☑️ model ☑️ dan harga dak keraton murah disini. ⏩ Ada 10+ varian ukuran dak keraton dengan harga termurah☑️

Dak keraton merupakan salah satu material bangunan yang berupa keramik dengan komposit dari beton. Material yang satu ini lazimnya digunakan pada bangunan bertingkat yang membutuhkan pelat lantai.

Dengan menambahkan pelat ini, meskipun pada rumah minimalis yang tidak terlalu luas bisa tetap dibangun secara vertikal tanpa khawatir bagaimana rupa lantainya. Di masa modern ini pun orang-orang lebih memilih menggunakan dak keramik daripada bata.

Apa itu Dak Keraton

dak keraton

Definisi dak keraton adalah material keramik yang terbuat dari komposit beton. Struktur yang satu ini mempunyai banyak sebutan. Ada yang menamainya beton keraton, ada juga yang menyebutnya bata dak keramik.

Selain itu ada pula yang menyebutnya lebih lengkap dengan istilah dak beton keraton. Pada dasarnya semua istilah tersebut merujuk kepada satu subjek, yaitu keramik yang terbuat dari komposit beton.

Pengertian paling mudah untuk memahaminya adalah sebuah pelat rusuk yang terbuat dari komposit beton dan berperan sebagai pelat lantai. pada bagian sisi dak terdapat lubang-lubang yang mempunyai fungsi sebagai konstruksi bagi pelat lantai. Lubang ini pun tidak sembarang dibuat karena telah diperhitungkan agar pas ketika pemasangan.

Harga Dak Keraton

Harga dak keraton per biji standarnya adalah Rp. 8.000 dan untuk harga per meter ( terpasang) berkisar antara Rp. 550.000 sampai Rp. 700.000. Harga tersebut tergantung pada material besi dan semen yang digunakan.

Tentunya harga dak keraton ini berbeda-beda sesuai dengan kota atau daerah dimana anda tinggal. Selain ditentukan oleh lokasi / wilayah, harga dak keraton juga bergantung pada ukuran dak yang ingin anda gunakan. Kurang lebih berikut detailnya.

Jenis Ukuran Harga / Pcs
Dak Keraton Jatiwangi 25 x 22 x 10 cm Rp. 9.350
Bata Dak Keraton Abad 25 x 22 x 10 cm Rp. 9.300
Dak Kraton Ceiling Brick 20 x 24 x 10 cm Rp. 7.500
Dak Kraton Ceilimbrick 24 x 18 x 10 cm Rp. 7.000
Dak Kraton Muntilan 26 x 22 x 10 cm Rp. 8.000
Dak Kraton Bantul 26 x 22 x 10 cm Rp. 7.400
Dak Keramik Jaya Raya 23 x 20 x 10 cm Rp. 6.100
Dak Kraton Cirebon 23 x 21 x 10 cm Rp. 8.600
Dak Kraton Mojokerto 23 x 21 x 10 cm Rp. 7.700

Ukuran Dak Keraton

Ukuran standar dak keraton adalah 25 cm x 21 xm 10 cm. Terdapat beberapa macam ukuran yang dijual di pasaran. Pada setiap ukuran dijual dengan harga tertentu sesuai dengan besar ukurannya. Ukuran standar tersebut mampu menahan beban 100 kg hingga 500 kg dengan bentangan yang beragam.

Setelah mengetahui apa itu dak kraton, pertanyaan yang barangkali muncul selanjutnya adalah mengapa harus menggunakan dak ini dan bukan bahan lain saja? Ada beberapa alasan orang lebih memilih dak, salah satunya karena lebih kuat daripada bata. Selain itu dak beton juga mempunyai bentuk cukup unik yang indah.

Cara Pemasangan Dak Keraton

harga dak keraton

Proses penggunaan material ini meliputi proses perakitan, pemasangan penyangga bagian bawah, finishing lantai bawah, proses pemasangan dak, proses pengecoran, dan terakhir finishing hingga siap dipasangi keramik. Berikut proses pemasangan dak.

  1. Pemasangan Dak

Cara pemasangan dak yang satu ini cukup mudah dilakukan. Massa dak yang relatif ringan bisa dipindahkan secara mudah tanpa perlu bantuan banyak orang. Dak dipasangkan di atas kerangka yang telah dibuat, dengan model berjajar.

  1. Pengecoran Dak

Cara pemasangan selanjutnya adalah pengecoran. Setelah dak berhasil ditata dan dipasang, selanjutnya dilakukan pengecoran agar material bisa terikat kuat pada konstruksi bangunan di bawahnya. Setelah pengecoran inilah baru bisa dipasang keramik.

Kelebihan Dak Keraton

Orang lebih memilih menggunakan dak beton bukan tanpa alasan. Dak ini mempunyai beragam kelebihan yang memberikan keuntungan, baik berupa kemudahan ketika proses pemasangan maupun hasil yang ditampakkan. Berikut kelebihan dak beton.

  1. Mempunyai Bobot Material Relatif Ringan

Material ini mempunyai bobot material yang relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan lain. Misalnya jika dibandingkan dak konvensional yang massanya bisa mencapai 300kg setiap m2, tentu dak beton lebih ringan. Hal ini dikarenakan adanya rongga/lubang pada bagian tengah dak sehingga meringankan proses mobilisasi.

  1. Penggunaannya Efekif dan Efisien

Meskipun dari segi harga dak keraton cukup terjangkau, tetapi penggunaannya lebih efektif dan efisien karena tidak membutuhkan banyak konstruksi tambahan. Untuk pengecorannya pun tidak memerlukan papan cor. Tentu hal ini menjadi lebih praktis dan memudahkan proses pemasangan.

  1. Daya Kekuatan Tangguh

Kelebihan material ini yang paling utama adalah memiliki daya kekuatan tangguh. Sebelum dipasarkan, dak beton harus melalui tahap pengujicobaan yang tidak sedikit sehingga begitu dijual kualitas lebih terjamin. Kapasitas beban yang mampu dipikul pun lebih besar daripada material lain.

  1. Harga Per Satuan Ukuran Relatif Lebih Murah

Dak beton ini biasanya dijual dalam satuan meter persegi. Harga dak keraton per meter persegi relatif terjangkau untuk kualitasnya yang tergolong tangguh. Dak beton ini juga dapat diaplikasikan pada desain apapun, sehingga harga bukan lagi masalah karena penggunaannya sangat fleksibel.

Kelemahan Dak Keraton

Selain kelebihan, dak beton juga mempunyai kelemahan yang perlu diatasi agar dapat berfungsi maksimal. Kelemahan material ini yang pertama adalah mempunyai tingkat kualitas yang terbatas.

Maksudnya adalah kualitas dan mutu dak bisa maksimal jika didukung dengan kualitas unggul dari material lain, begitu pun sebaliknya. Jika material buruk dak tidak akan berfungsi dengan optimal.

Kelemahan material ini selanjutnya adalah dari segi bentangan maksimum. Kapasitas bentang maksimum dak beton dapat dikatakan cukup sempit, karena hanya bisa menjangkau empat meter saja. Anda perlu menambahkan konstruksi penyangga lain jika ingin membentangkan dalam rentangan lebih luas.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Besi Hollow
Harga Besi Beton Baja Ringan
Besi Siku Harga Besi Hollow

Material ini semakin memberikan kemudahan dalam hal membangun rumah atau bangunan lain yang bertingkat. Keramik beton ini memiliki beragam kelebihan yang membuatnya banyak diminati masyarakat daripada bahan-bahan lain.

Meskipun memiliki kekurangan, dengan penangan yang tepat kekurangan tersebut tidak akan mengganggu proses pembangunan konstruksi rumah. Sekian dan selamat mencoba!

Kata Kunci :

dak keraton,dak keraton besi samping

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *