Curtain Wall : Ragam Jenis, Fungsi dan Cara Pemasangan

Temukan info lengkap mengenai apa itu Curtain wall ☑️ Ragam jenis, manfaat, fungsi☑️ dan cara pemasangan Curtain wall yang benar dan aman!☑️

Kenyamanan ruangan di dalam sebuah gedung adalah hal penting untuk diperhatikan. Agar sebuah ruangan terasa nyaman ditempati perlu perlindungan dari cahaya matahari yang terlalu menyengat, terpaan angin terlalu kencang dari luar ruangan, serta curah hujan yang mungkin terbawa dari luar.

Untuk mencegah faktor-faktor tersebut mengganggu aktivitas dalam ruangan, salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan curtain kaca sebagai pelapis dinding. Lalu apa sebenarnya pengertian dari curtain wall itu sendiri ?

Pengertian Curtain Wall

curtain wall

Curtain wall atau dinamakan juga facade adalah sebutan untuk pelapis atau penutup dinding, biasanya digunakan pada bagian luar bangunan. Curtain sejatinya merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang sifatnya non struktural. Oleh karena itu, penggunaan curtain ini mempunyai fungsi dan peran yang berkaitan dengan konstruksi.

  1. Kriteria Pelapis Dinding

Pembuatan dan pemasangan curtain tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan ada detail dan kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Hal ini karena curtain harus bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Adapun detail yang harus dipenuhi antara lain harus menahan beban angin, tahan perubahan suhu tinggi, tahan hujan, dan lain-lain.

  1. Detail Bahan Pelapis Dinding

Curtain wall adalah komponen yang cukup penting dalam konstruksi sebuah bangunan, terutama bangunan bertingkat. Oleh karena itu bahan yang digunakan untuk curtain pun harus kuat serta teruji tangguh. Biasanya yang sering digunakan sebagai bahan curtain adalah aluminium berjenis composite panel.

  1. Bahan Pelapis Dinding

Detail curtain wall yang terbuat dari bahan aluminium berbentuk lembaran-lembaran menyerupai plastik polystilen. Pada bagian depan serta belakang dilengkapi dengan lapisan pelat aluminium yang kemudian dicat menggunakan powder coating. Untuk penggunaan curtain interior dan eksterior biasanya dibedakan berdasarkan catnya.

Fungsi Curtain Wall

Material ini mempunyai fungsi yang penting bagi sebuah bangunan. Tidak hanya melindungi eksterior dan interior bangunan saja, curtain juga memiliki aneka fungsi lain sehingga banyak dipakai di hampir setiap gedung bertingkat. Berikut beragam fungsi curtain.

  1. Sebagai filter untuk cover gedung agar aman dari dampak buruk alam.

Fungsi material yang satu ini untuk gedung yang paling utama adalah menjamin kenyamanan dan keamanan gedung agar terbebas dari berbagai gangguan di luar.

  1. Menghemat kebutuhan energi.

Fungsi kedua untuk gedung yang tidak kalah penting adalah untuk memberikan ruang bagi energi alam masuk ke dalam ruangan dengan takaran pas. Pencahayaan, suhu, dan kelembapan bisa terjaga secara alami.

  1. Memisahkan udara interior dan eksterior.

Curtain, terutama curtain wall kaca mempunyai kemampuan untuk pengaturan suhu yang handal. Udara kotor di luar ruangan tidak akan masuk ke dalam, sehingga kondisi interior selalu terjaga.

Jenis Kaca Curtain Wall

Jenis kaca curtain wall ada bermacam-macam dengan klasifikasi tertentu. Jika dilihat berdasarkan bahan kacanya, curtain ada yang berupa curtainwall laminater, curtainwall tempered, curtainwall stopsol, dan curtainwall oneway.

Adapun jika dilihat berdasarkan bahannya, jenis kaca curtain wall antara lain mullion dengan transom standar, mullion dengan transome minimalis, serta jenis spyder system. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Cara Pemasangan Curtain Wall yang Benar

Curtain wall adalah pelindung lapisan dinding yang dapat diaplikasikan pada eksterior maupun interior bangunan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasang curtain pada dinding. Berikut tiga cara paling umum dalam mengaplikasikan curtain pada dinding gedung.

  1. Ladder System

Penerapan pasang material ini yang pertama adalah ladder system. Model ini menggunakan frame atau kerangka yang disusun menyerupai tangga, dengan setiap susunan mempunyai sambungannya sendiri.

  1. Stick System

Cara pemasangan material yang satu ini selanjutnya dapat menggunakan instalasi model ladder system. Model ini berupa pemasangan kerangka atau frame dengan balok-balok panjang. Bahan frame ini umumnya terbuat dari aluminium/metal dan dipasang pada setiap struktur balok, lantai, dan kolom bangunan.

  1. Unitized System

Penerapan pasang unitized system adalah yang dianggap paling praktis dan efektif. Curtain dibentuk menjadi kesatuan unit panel sehingga antara bahan pengisi dengan frame saling tersambung. Biasanya menggunakan modul tertentu agar mudah dalam proses pemasangannya.

Kelebihan & Kekurangan Curtain Wall

Menggunakan curtain pada bangunan tentu mempunyai pros dan cons. Kelebihan kekurangan material yang satu ini dapat dilihat dari aspek pembiayaan, pengaturan efek, dan kekuatan bahan.

Dari segi pembiayaan curtain memberikan kelebihan karena cenderung lebih hemat anggaran. Pada aspek pengaturan efek, curtain juga memberikan keuntungan karena menjadikan ruangan terasa lebih luas dan estetik.

Sementara itu kelebihan kekurangan material yang satu ini dalam aspek kekuatan bahan masih menjadi pertanyaan, karena kondisi ini bergantung pada jenis bahan. Curtain wall kaca memiliki kekurangan karena mudah pecah dan membuat interior terasa panas.

Sedangkan ada juga bahan curtain yang lebih awet dari kaca, sehingga dari aspek kekuatan bahan belum dapat dipastikan apakah menjadi kelebihan atau kekurangan.

Ragam Informasi Lainnya :
Atap Baja Ringan Atap Galvalum
Atap Spandek Plafon Minimalis

Itulah hal-hal seputar curtain wall yang perlu Anda ketahui, mulai dari pengertian, jenis, fungsi, cara pemasangan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Informasi mendasar tersebut penting untuk diketahui sebelum Anda memutuskan menggunakannya.

Dengan beragam jenis dan motif yang disediakan, Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Terimakasih dan semoga artikel diatas bisa memberikan wawasan baru untuk teman teman semua.

Kata Kunci :

cara pasang cabinet curtain

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *