Cara Lacak Mobil dengan Aplikasi Google Maps

Banyaknya aplikasi peta memudahkan kita untuk mencari alamat tujuan saat kita bepergian. Salah satu Google app, Maps, sangat familiar bagi pengguna Gawe, namun tak jarang banyak fitur lain yang belum maksimal, termasuk pelacakan lokasi mobil.

Aplikasi Google Maps mendukung fungsi GPS, yang dapat menampilkan lokasi mobil. Selama periode ini, pengguna Gaway tidak akan dapat menggunakan fitur ini, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan di smartphone tetapi juga di komputer, laptop, atau tablet. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Google Maps untuk melacak lokasi mobil? Berikut langkah-langkah sederhananya.

Unduh aplikasi Google Maps

Tentu saja, aplikasi Google Maps dapat diunduh dari PlayStore di perangkat Android atau App Store di perangkat iOS. Namun, biasanya aplikasi Google Maps sudah terpasang di perangkat Android sehingga bisa langsung digunakan.

Akses ke Google Maps

Jika Anda tidak lupa untuk mendaftarkan akun Anda terlebih dahulu dengan mengklik Login, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat sebelumnya. Meskipun demikian, pengguna dapat menggunakan Google Maps secara langsung dengan mendaftar melalui email aktif. Setelah masuk, pengguna langsung dibawa ke halaman utama Google Maps.

Hubungkan perangkat GPS ke smartphone

Untuk melacak mobil, pengguna perlu menghubungkan smartphone ke perangkat GPS melalui Google Maps untuk menerima notifikasi. Caranya klik tombol “Add GPS Device”. Kemudian klik jenis kendaraan di akun tersebut. Untuk mempermudah pencarian, disarankan untuk menggunakan nama pribadi untuk kendaraan yang digunakan.

Untuk lokasi kendaraan

Ketika pengguna telah berhasil menghubungkan GPS ke Google Maps, mereka akan segera diberi tahu. Lokasi mobil juga otomatis ditampilkan di Google Maps. Saat pengguna membuka aplikasi Google Maps, sebuah titik yang menunjukkan mobil muncul di peta aplikasi.

Pengguna dapat menentukan tampilan Google Maps, dari tampilan peta satelit hingga tampilan peta tanpa bangunan. Untuk melacak mobil, pengguna mengetuk lingkaran biru kecil di sebelah kanan.

Atur waktu untuk berbagi lokasi

Pengguna dapat menentukan berapa lama untuk bertahan. Pengaturan waktu dapat menunjukkan di mana mobil berada secara real time. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan fitur GPS terlebih dahulu. Hal ini dapat memudahkan untuk melacak lokasi mobil.

Simak kisah perjalanannya

Selain untuk melacak mobil, Google Maps juga bisa digunakan untuk mengecek history perjalanan yang telah dilakukan. Pengguna dapat melihat berbagai perjalanan yang telah dia lakukan.

Jangan lupa untuk mencentangnya, pengguna dapat menekan menu kanan lalu pilih itinerary. Daftar perjalanan yang dilakukan oleh pengguna akan segera muncul. Cukup sederhana dan dapat digunakan saat Anda membutuhkan petunjuk mengemudi saat bepergian.

Sumber: