Harga Batu Split Terbaru 2021 Beragam Jenis dan Ukuran

⏩Kenali jenis jenis dan ukuran batu split untuk campuran beton cor ☑️  info harga batu split per kubik, pickup / per truck murah terbaru 2021⭐

Dalam material bangunan tidak hanya menggunakan bahan batu yang berukuran besar saja, tapi juga yang berukuran kecil. Batu jenis ini merupakan hasil dari pecahan batu besar yang berupa butiran dengan ukuran sedikit lebih besar dari kerikil.

Karena dihasilkan melalui proses belah batu, batu ini seringkali disebut juga dengan batu belah. Berikut hal-hal seputar batu jenis ini yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Material Batu Split

batu split

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang definisi, jenis-jenis dan manfaatnya, Anda perlu mengenal dulu apa itu batuan split. Batu jenis ini kerapkali digunakan sebagai campuran material bangunan dan pada proses pembuatan cor dari bahan beton. Batu ini mempunyai karakteristik kuat sehingga banyak diminati para pembuat bangunan.

  1. Apa itu Batu Split?

Batuan ini adalah salah satu tipe batuan yang digunakan sebagai material bangunan. Batuan split dibuat dengan cara membelah atau menghancurkan batu berukuran besar sehingga membentuk pecahan-pecahan yang ukurannya lebih kecil. Proses penghancuran ini dapat dilakukan secara konvensional maupun dengan mesin penghancur.

  1. Karakteristik Batuan Split

Batu ini termasuk jenis batuan yang teksturnya tidak tentu. Terkadang ada yang bentuknya beraturan, ada juga yang runcing tidak simetris. Tampilan dan warna batuan split sama dengan batuan asalnya, hanya saja mempunyai bentuk lebih tajam. Bahkan beberapa batu jenis ini dapat melukai kulit jika tidak berhati-hati.

  1. Ukuran Batuan Split

Adapun ukurannya cukup beragam, mulai dari yang terkecil berukuran sekitar 0—5 mm. Setelah itu ada pula yang berukuran 10—20 mm, 20—30 mm, dan yang lebih besar dari itu ada yang berukuran 30—50 mm.

Harga Batu Split Terbaru

Harga batu ini biasanya bervariasi sesuai dengan jenis dan kualitasnya. Batuan split dijual dengan harga per meter kubik. Dalam satu meter kubik, harga batu ini umumnya di atas seratus ribu rupiah. Namun ada juga yang dijual dalam satuan pick up atau truk, sehingga harga batu split cenderung bebas dibeli sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Volume Harga
Batuan Split 1-2 10 M3 Rp. 2.330.000
Batuan Split Kecil 1 Kg Rp. 5000
BatuanSplit Cor 20 Kg Rp. 20.000
Batuan Split engkel 3 M3 Rp. 960.000
Batuan Split Cor 23 M3 Rp. 4.930.000
Batuan Split Cor 1/2  1 Truck Rp. 1.560.000
Batuan Split Cor 2/3 1 Truck Rp. 1.760.000

Jenis dan Ukuran Batu Split

harga batu split

Ada berbagai jenis yang sering dipakai sebagai material bangunan. Tidak hanya beragam jenis, terdapat variasi ukuran dan komposisi yang masing-masing dapat dipergunakan pada tipe bangunan berbeda-beda. Berikut jenis jenis yang perlu Anda ketahui.

  1. Batu Gajah

Batu ini dinamakan split gajah karena ukurannya lebih besar daripada batuan split pada umumnya. Batu ini biasanya digunakan sebagai material penimbun lahan yang berdampingan dengan pantai, karena berat jenis batu ini cukup tinggi dalam menahan ombak.

  1. Batu Agregat C

Batu ini sering disebut juga batuan asalan, yang terdiri atas gabungan batu batu beragam jenis. Bahannya berupa campuran pasir, batu abu, tanah, dan lain-lain. Batu ini juga sering dipakai sebagai material reklamasi atau pembangunan dermaga di pantai.

  1. Batu Agregat B

Jenis yang satu ini  masuk ke dalam golongan sirtu yang terdiri dari bahan pasir, tanah, dan batu split berukuran 20—30 mm dan ukuran 30—50 mm. Batuan split agregat B umumnya digunakan sebagai campuran untuk material pengeras jalan.

  1. Batu Agregat A

Batu agregat A juga tergolong A yang terdiri dari komposisi bahan berukuran lebih kecil daripada batu agregat B, sehingga berat jenis batu split ini lebih ringan daripada agregat B. Biasanya digunakan sebagai campuran bahan untuk mengecor dinding atau membuat dinding.

Fungsi dan Manfaat Batu Split

Dilihat dari ukuran yang cukup beragam, ada fungsi dan manfaat pada setiap jenisnya. Tidak hanya sebagai canpuran material saja, batuan split juga mempunyai fungsi penting yang tidak dapat ditemukan pada jenis batuan lain. Inilah beberapa fungsi dan manfaatnya.

  1. Sebagai campuran material bangunan. Material ini nantinya dapat digunakan pada bangunan, pembuatan beton, reklamasi, dan sebagainya.
  2. Sebagai bahan pengecoran. Fungsi/ manfaat batu satu ini telah banyak dikenal masyarakat luas, karena karakteristik batuan split yang kuat lebih tangguh untuk pengecoran.
  3. Sebagai pondasi konstruksi bangunan berlantai dan bertingkat.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Split

Kelebihan kekurangan menggunakan batu ini dapat dilihat pada berbagai aspek. Aspek pertama dari segi kualitas. Batuan split memberikan keunggulan berupa kualitas terbaik material yang kokoh dan tangguh sebagai pondasi konstruksi bangunan. Batuan split juga bisa diaplikasikan sebagai campuran berbagai material bangunan lain.

Namun, di sisi lain batu mempunyai kekurangan karena harga batu split per kubik relatif mahal. Tidak hanya dari aspek harga batu split per kubik saja, kekurangan batuan split yang lain adalah tidak mudah didapatkan di sekitar. Biasanya kontraktor dan para pembuat bangunan harus memesan terlebih dahulu kepada pihak tertentu untuk membelinya.

Ragam Informasi Lainnya :
Pondasi Batu Kali Harga Batu Alam
Batu Andesit Ukuran Batu Bata

Itulah hal-hal seputar bebatuan split yang perlu Anda ketahui. Mulai dari jenis, ukuran, hingga kelebihan dan kekurangannya. Batu ini mempunyai manfaat yang cukup penting dalam proses konstruksi bangunan.

Apabila ingin membeli batu ini, kualitas harus dijadikan pertimbangan utama karena harga saja tidak selalu menjamin komposisi batu split terbaik. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan anda seputar konstruksi bangunan.

Kata Kunci :

batu split,harga BATU SPLIT,Harga batu split 2021,harga batu split terkini,harga split,tren harga batu split

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *