Mengenal Batu Granit & Keunggulannya untuk Dekorasi Rumah

Anda ingin renovasi rumah ? ⏩ Kenali keistimewaan dan keunggulan batu granit untuk lantai rumah anda ☑️ proses terbentuknya batu granit☑️

Memilih bahan material untuk rumah buka perkara yang mudah di lakukan, apalagi jika rumah Anda memiliki konsep khusus. Apabila salah menggunakan material rumah, baik untuk pondasi atau dekorasi, pembangunan rumah tidak bisa maksimal.

Salah satu jenis material yang bisa Anda gunakan adalah batu granit, yang memiliki banyak fungsi dekorasi rumah, baik interior maupun eksterior. Selain harga batu granit yang relatif murah, jenis bebatuan alam yang satu ini juga mempunyai sifat tahan lama. Lalu apa sih granit itu ?

Pengertian Batu Granit

batu granit

Secara umum batu granit adalah bebatuan beku dari alam yang tersusun dari mineral kuarsa dan juga feldspar. Batu granit memiliki beraneka ragam warna cerah dan juga gelap yang bisa anda gunakan untuk dekorasi lantai dan dinding rumah anda.

Sebelum membahas mengenai fungsi granit, sebaiknya kita mengetahui apa itu granit. Seperti yang sudah kami paparkan diatas, Ia merupakan salah satu batuan betu, yang mengalami pendinginan di dalam bumi. Asalnya dari magma yang mengeras, bersifat asam dan memiliki tekstur yang kasar.

Granit memiliki butiran yang besar dan seringkali ditemukan di dalam permukaan bumi. Karena teksturnya yang keras dan kuat, ia sering digunakan sebagai bahan bangunan konstruksi, terutama untuk dinding maupun lantai.

Dengan mengetahui tentang pengertian batu granit tersebut, kini Anda mengetahui bagaimana proses pembentukan batuan granit. Untuk lebih lengkap, berikut merupakan cara pembentukan batuan beku tersebut secara singkat.

Proses Terbentuknya Batu Granit

granit lantai

Granit tidak terbentuk begitu saja, ia membutuhkan waktu yang lama sebelum ia ditemukan oleh manusia, untuk kemudian diolah menjadi bahan bangunan dan material dekorasi rumah. cara terbentuknya granit, bisa dijelaskan dalam tahap-tahap berikut.

  1. Granit keluar dari dalam bumi ketika naiknya magma ke luar permukaan bumi. Namun, sering ditemui kasus dimana celah keluar magma terlalu kecil, sehingga magma malah tidak bisa keluar dan membeku d dalam tanah.
  2. Proses pembentukan batu granit selanjutnya adalah magma tersebut kemudian mengalami pendinginan dalam waktu yang relatif lama. Kemudian, ia menjadi batu yang sering ditemui sekarang.

Dengan proses pembentukan yang tidak sebentar tersebut, membuat sifat batuan granit menjadi kasar dan keras. Sebab, ia merupakan mineral yang dipaksa dingin pada suhu tertentu dengan proses yang lambat.

Walaupun jarang terjadi, Anda bisa menemukan granit di permukaan bumi, ketika lelehan magma mengandung unsur mineral pembentuk granit di dalamnya.

Sifat batuan granit yang keras tersebut, disebabkan ia memiliki banyak struktur mineral penyusun, yakni kuarsa, fieldspar, plagioklas, natrium serta mineral marvis dengan jumlah yang berbeda-beda.

Manfaat Penggunaan Batu Granit

granit

Batu granit memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia, sebagi bahan konstruksi dan bangunan, berikut merupakan manfaat batu ganit.

  1. Sering digunakan sebagai bahan konstruksi. Sebab, teksturnya yang keras, membuatnya sesuai jika digunakan untuk bahan bangunan.
  2. Lembaran jenis batuan ini juga sering digunakan. Untuk di dapatkan batuan granit berbentuk lembaran, harus di proses terlebih dahulu. Lembaran granit biasanya berbentuk simetris agar pemasangannya mudah di lakukan. Umumnya lembaran granit digunakan sebagai ornamen dinding bangunan. Ada banyak gambar granit itu jenis lembaran yang bisa Anda pilih.
  3. Digunakan sebagai tekel lantai. Sering ditemukan lantai yang terbuat dari batuan jenis granit. Sebab, sifatnya yang tahan air membuatnya sesuai dengan fungsi yang satu ini. Bahkan potongannya yang sudah tidak digunakan, bisa dimanfaatkan sebagi teraso.
  4. Dengan mengetahui apa itu granit dan kualifikasinya, Anda bisa memanfaatkan batuan ini untuk digunakan sebagai alat pengukur koordinat. Sifatnya yang resisten terhadap air, membuatnya sesuai jika digunakan sebagi coordinate measuring machine, nama alat pengatur koordinat tersebut.

Keunggulan Batu Granit untuk Dekorasi

keunggulan granit

Jika Anda menggunakan batuan jenis ini untuk digunakan sebagai bahan dekorasi rumah, maka banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Resisten terhadap Air dan Kelembapan yang Tinggi

Apabila Anda ingin rumah Anda tetap cantik di musim hujan, tidak salah menggunakan granit sebagai bahan konstruksi. Penggunaan granit akan membuat lantai dan dinding Anda, maupun peralatan yang lainnya, terhindar dari kelembapan air. Ini membuat granit menjadi bahan bangunan yang awet, tidak mudah pecah dan lapuk termakan usia.

  1. Memiliki Warna yang Indah.

Kelebihan menggunakan granit selanjutnya adalah desain dan warna yang akan Anda dapatkan lebih cantik dan menarik. Hasil akhir yang akan Anda dapatkan berbeda-beda, tergantung jenis batuan granit yang Anda gunakan. Lantai dan tembok yang menggunakan batuan jenis ini juga terlihat lebih mewah dan elegan.

  1. Kualitas Sebanding dengan Harga

Harga batu granit memang tidak murah, namun hasil yang Anda dapatkan akan sesuai dengan kuantitas harga tersebut. Banyak ditemukan gambar batu granit yang digunakan sebagai interior rumah, membuatnya menjadi cantik dan indah. Kelebihan menggunakan batu granit tersebut membuatnya banyak digunakan oleh masyarakat.

Ragan Informasi Lainnya :
Roman Keramik Keramik Motif Kayu
Keramik Batu Alam Keramik Lantai
Keramik Teras Keramik Kamar Mandi

Itulah penjelasan singkat mengenai granit, dimulai dari pengertian batu granit, hingga manfaat batu granit, baik untuk konstruksi maupun hal lainnya. Dengan mengetahui berbagai ulasan tersebut, kini Anda tak perlu ragu lagi menggunakannya sebagai bahan bangunan untuk interior rumah Anda.

Kata Kunci :

biasanya batu dipekarangan rumah,granit adalah

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *