Kenali Jenis Batu Andesit Terbaik Untuk Dinding Batu Alam

Buat dinding rumah Anda makin cantik dengan pilihan batu andesit ini ☑️ harganya relatif murah ☑️ model batu andesit yang kekinian!❤️

Salah satu jenis batu alam yang biasa digunakan untuk membuat atau melapisi dinding adalah batu andesit bakar. Batu ini banyak digunakan untuk menghias rumah-rumah, baik untuk bagian dalam maupun luar ruangan khususnya pada dinding rumah anda.

Berbagai macam motif dan jenis yang dimiliki oleh batu alam membuat batu ini menjadi pilihan bagi para pemilik rumah. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian batu ini, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Batu Andesit?

gambar batu andesit
Gambar Batu Andesit

Batu alam andesit dikategorikan berdasarkan kegunaan, manfaat, dan motif serta variasi finishingnya. Batu alam ini merupakan salah satu jenis batu yang memiliki karakteristik butiran kristal halus. Biasanya batu ini memiliki warna abu-abu dan gelap.

Batu alam ini memiliki kandungan mineral paling banyak, yaitu mineral plagioclase feldspar. Adapun kandungan dan morfologi batu alam ini diantaranya adalah biotit, amfibol, dan piroksen.

Proses pembentukan batu alam ini dari butiran mineral halus yang ada karena proses lava yang mengalir di permukaan bumi, maka batu jenis ini juga dikenal dengan batu lava.

Ukuran mineralnya memang sangatlah kecil dan tidak dapat dilihat kasat mata, sehingga hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Beberapa batu yang diteliti, diketahui bahwa proses pembentukan batu ini yang sangat cepat dari lava yang dingin, membuat batu ini mengandung kaca dalam jumlah banyak.

Batu Andesit Bakar

Apakah Batu Andesit bakar itu? Nah, batu andesit bakat atau flamed merupakan salah satu variasi dari finishing batu alam ini. Batu ini banyak digunakan sama seperti batu palimanan, batu putih, dan juga batu cupang merah. Sebab ketika dibakar, sifatnya tidak banyak berubah.

Proses flamed atau pembakaran batu alam dengan menggunakan api las ini akan membuat kulit-kulit dari batu terkelupas dan membentuk tekstur yang tidak beraturan.

Adapun tujuannya adalah untuk menonjolkan motif-motif yang ada pada batu alam tersebut, supaya ketika digunakan batu ini memiliki kesan lebih dalam dan tegas. Salah satu fungsi batu andesit pada bangunan adalah sebagai penutup dinding atau lapisan dinding.

Adapun tujuan lain dari pembakaran ini juga agar terbentuk tekstur yang agak kasar, sehingga cocok digunakan untuk eksterior ataupun interior yang biasa terkena air hujan, sehingga tidak membuatnya licin.

Batu andesit bakar cocok untuk berbagai jenis bagian rumah, mulai dari tangga, lantai, dinding, kolam renang, kamar mandi, dinding carport, teras depan rumah, dan bagian-bagian rumah lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Andesit

batu andesit

Selain harga batu andesit yang terjangkau, batu ini masih memiliki kelebihan lain. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya yang bisa anda simak:

  1. Memiliki pori-pori kecil

Batu alam ini memiliki pori-pori yang kecil, sehingga kotoran-kotoran tidak mudah masuk ke batu ini, dan juga membuat batu ini tahan atau anti lumut. Dengan begitu, perawatan batu jenis ini juga cukup mudah.

  1. Batunya keras

Batu alam ini bisa tahan lama atau awet jika diaplikasikan pada bangunan, sebab batu ini memiliki sifat yang keras.

  1. Motifnya beragam

Kelebihan lain dari batu ini adalah motifnya yang unik-unik. Karena motif-motif beragam yang dimiliki, maka batu alam ini lebih banyak dicari orang. Sebab dengan pilihan yang banyak, mereka bisa menyesuaikan motif tersebut dengan gaya rumah masing-masing.

Adapun kekurangan dari batu alam ini adalah proses pembuatan yang cukup lama. Karena harus melalui penambangan, pemotongan, pendistribusian ke pengrajin, dibuat finishing, baru bisa diperjualbelikan. Belum lagi, ketika musim penghujan tiba dan cuaca menjadi ekstrem, maka proses penambangan tidak bisa dilangsungkan.

Proses Penambangan Batu Alam Andesit

batu andesit bakar

Sebelum fungsi batu ini pada bangunan bisa diterapkan, batu alam ini harus ditambang terlebih dahulu. Ada berbagai macam proses yang harus dilakukan untuk membuat batu alam jenis ini siap digunakan, seperti mempersiapkan bahan baku, memotong, dan finishing.

Penambangan batu jenis ini biasanya dilakukan di gunung atau bukit-bukit. Proses dan tingkat kesulitan penambangannya pun berbeda-beda, bergantung pada lokasi penambangan dan juga jenis batunya.

Ada yang bisa dilakukan secara manual, ada pula yang harus menggunakan alat berat untuk bisa menambang. Kandungan dan morfologi batu ini menjadi salah satu alasan mengapa batu ini banyak ditambang.

Setelah batu ini diambil dari gunung atau bukit, barulah batu alam ini akan dibentuk balok-balok, dan didistribusikan ke pabrik-pabrik atau pengrajin yang memproduksi batu ini menjadi siap pakai.

Nah, batu ini juga akan semakin langka ketika penambangannya terkendala hujan yang intensitasnya tinggi dan medan yang ekstrem. Maka harga batu andesit pun bisa cukup tinggi saat sedang langka.

Ragam Informasi Lainnya :
Pondasi Batu Kali Harga Batu Alam
7 Jenis Batu Alam Batu Granit

Nah,itulah tadi beberapa hal mengenai batu andesit mulai dari pengertian sampai kekurangan dan kelebihannya yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan batu alam ini atau batu lainnya.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda juga bisa menentukan di mana letak batu andesit seharusnya dipasang dan diaplikasikan pada bangunan rumah minimalis anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Kata Kunci :

batu andesit,andesit bakar untuk dinding

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *