Harga Atap Zincalume Terbaru 2021, Jenis & Keunggulannya

Ingin renovasi atap rumah dengan yang murah dan tahan lama ? ⭐ Cek⏩ promo harga atap zincalume terbaru☑️ flashing atap zincalume & kelebihan kekurangannya!

Atap menjadi bagian penting dari sebuah bangunan. Tanpa atap yang tepat, ketika turun hujan atau cuaca sedang ekstrem, maka bangunan menjadi taruhannya. Nah, salah satu jenis atap yang bagus adalah atap zincalume. Atap ini memiliki unsur pembentuk atau lapisan yang dapat melindungi bangunan dari cuaca ekstrem.

Apa itu Atap Zincalume ?

atap zincalume

Tahukah Anda apa itu zincalume? atap zincalume merupakan material penutup rangka atap yang bahannya dari baja dan dilapisi unsur aluminium dan zinc. Adapun proporsinya terdiri dari 55% aluminium, 43% seng, dan 1,5% unsur silikon. Aluminium sendiri memiliki sifat anti karat, lalu seng memiliki kekuatan yang keras, sehingga kumpulan material tersebut  menjadi sebuah komponen yang tahan karat, kaku, kuat, serta ringan.

Atap kekinian yang sering dikenal dengan nama spandek ini biasanya di Indonesia digunakan untuk penutup gudang atau pabrik. Dan bisa juga digunakan sebagai penutup garasi ataupun kanopi mobil. Selain itu, atap ini pun dapat diaplikasikan sebagai penahan saat melakukan pengecoran. Dalam proses pengaplikasian juga banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk flashing atap zincalume

Harga Atap Zincalume Per Meter

harga atap zincalume

Nah, jika Anda hendak membeli atap spandek jenis ini, ada  berbagai macam ukuran dan warna yang bisa Anda pilih. Adapun ketebalan dari atap spandek ini juga cukup beragam, seperti atap dengan ketebalan 0,3 mm, 0,35 mm, 0,4 mm, dan 0,5 mm.

Merk dan Jenis Ukuran Zincalume Harga
Zincalume Fumira GG750 L700 H225 Teb TCT 0.30 Rp. 48.000
Zincalume Fumira Eff : 735 mm Teb TCT 0,30 Rp. 67.000
Zincalume Spandek pasir lembaran TCT 0.30 mm x 1 x 5m Rp. 312.000
Zincalume Lysaght Ultra RIB BMT : 0.55 Berat 6.29 Rp. 139.750
Majadeck Type 1020 Zincalume AZ 150 BMT 0,35 L : 1020mm Rp. 72.000
Zincalume CBMROOF 680,750,755 0.25TCT – Teb 0.25 mm Rp. 35.500
Klip-Lok 406 Hi-Ten 0,50 TCT (0,45 BMT) Rp. 180.100
Spandek Hi-Ten 0,45 TCT (0,40 BMT) Rp. 142.800
Trimdek Hi-Ten 0,45 TCT (0,40 BMT) Rp. 130.950
Spandek Zincalume Lengkung Size Request Rp. 99.999

Untuk harga atap zincalume sendiri juga sangat beragam, bergantung dengan spesifikasi dan ukurannya. Ada perbedaan harga antara tipe atap satu dengan tipe atap yang lain. Perbedaan warna pun bisa memengaruhi harga, terlebih lagi ukuran dan ketebalannya.

Adapun harga atap zincalume per m2 berkisar antara 44.000 sampai dengan 150.000. Anda bisa melakukan survey lebih dulu ketika hendak membeli atap ini, karena biasanya harga juga dipengaruhi oleh faktor tokonya. Jadi Anda bisa, bandingkan dulu harga atap zincalume yang ada di antar toko supaya tidak mendapatkan harga yang terlalu tinggi.

Untuk menyesuaikan bugdet pembangunan yang Anda miliki, Anda juga perlu melakukan analisa harga satuan pekerjaan atap zincalume. Karena dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat rencana keuangan.

Analisa harga satuan pekerjaan atap zincalume juga bisa digunakan sebagai pertimbangan ketika Anda hendak menggunakan lebih banyak zincalume untuk beberapa hal.

Flashing dan Pemasangan Atap Zincalume

flashing atap zincalume

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menangani material yang satu ini, baik mengenai flashing atap zincalume, maupun yang lainnya. Termasuk pula proses penyimpanan dan pemasangan atap zincalume. Berikut ini penjelasannya:

  • Penyimpanan

Atap jenis ini harus disimpan dengan baik, dan jangan meletakkannya langsung ke tanah atau lantai. Anda bisa menggunakan penopang menggunakan kayu atau bahan lainnya supaya mencegah adanya gesekan antara lantai dengan atap ini. Dan proses penyimpanan ini juga harus dilakukan pada setiap lembarannya.

  • Pemasangan

Sebelum dipasang, Anda harus mengecek lebih dulu apakah masih ada material lain yang bahannya dari logam. Hal ini diperlukan supaya tidak ada gesekan antara atap dengan material lain yang bisa menimbulkan karat dan korosi.

  • Sistem pengikat

Dalam proses mengikat antar lembaran atap, butuh pengikat sealnat. Seanat ini haruslah netral, jangan sampai bahan dasarnya memiliki unsur amina atau asam asetat.

  • Pengelasan

Proses penyambungan atap jenis ini biasanya dilakukan dengan pengelasan. Dan dalam proses ini usahakan untuk memberikan lapisan cat yang memiliki kandungan seng pada sambungannya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Zincalume

zincalume atap

Ada banyak kelebihan yang dimiliki material atap ini dibandingkan dengan model atap lainnya. Dan meski ada berbagai macam jenis atap zincalume, semuanya memiliki kelebihan yang sama, yaitu:

  1. Tahan dengan karat dan korosi

Perpaduan dari bahan penyusun material atap ini, yaitu zinc, alumunium dan resin membuat atap ini memiliki daya tahan terhadap korosi dan karat yang sangat tinggi. Lalu lapisan resinnya juga membuat atap jenis ini tidak mudah lecet karena gesekan dan goresan.

  1. Mudah dipotong dan dibentuk

Karakter zincalume yang ringan menjadikannya mudah dipotong dan dibentuk. Sehingga atap ini juga dapat diaplikasikan dalam banyak hal, tidak hanya sebagai penutup atap saja. Seperti bisa diaplikasikan pada dinding ruangan atau penutup garasi.

  1. Tahan terhadap suhu dan cuaca ekstrem

Biasanya zincalum digunakan pada suhu permukaan 600 derajat farenheit, sehingga atap ini mampu bertahan saat suhu dan cuaca sedang ekstrem-ekstremnya. Ketahanannya terhadap panas bisa mencapai 315 derajat celcius, sehingga warnanya juga menjadi tidak mudah berubah.

Meski memiliki kelebihan, atap yang satu ini tentunya juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun kekurangan yang dimilikinya adalah membuat bangunan di bawahnya menjadi lebih panas.

Selain itu, ketika hujan turun, atap ini juga menimbulkan bunyi hujan yang cukup nyaring. Kekurangan inilah yang membuat beberapa orang akan mempertimbangkan ulang menggunakannya.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Biaya Pasang Atap Baja Ringan Biaya Pasang Atap Spandek
Besi Siku Harga Spandek

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai atap zincalume yang perlu Anda ketahui. Beberapa hal di atas cukup penting untuk diperhatikan, supaya Anda bisa menggunakan dan mengaplikasikan atap tersebut dengan tepat.

Dan yang perlu diperhatikan juga adalah harga atap zincalume per m2, supaya Anda bisa mengira-ngira kebutuhan atap dengan budget yang dimiliki. Sekian dan semoga bermanfaat!

Kata Kunci :

Spandek aluminium,atap zinc pemasangan,harga atap,harga atap zink,harga atap zinkalum

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *