Harga Aluminium Composite Panel (ACP) & Cara Pemasangannya

⏩ Ulasan daftar harga aluminium composite panel (ACP) terbaru di bulan ini ☑️ cara pasang ACP ☑️ fungsi dan kelebihan kekurangannya☑️

Aluminium composite panel (ACP) merupakan material yang berasal dari perpaduan antara composite dan aluminium. Bentuknya berupa lembaran-lembaran yang sangat kuat dan kokoh, tetapi menariknya memiliki ukuran yang cukup ringan.

Berbeda dengan material lainnya yang tidak memiliki warna, aluminium ini memiliki warna non logam dan meatlik. Anda bisa memanfaatkannya untuk pembangunan bangunan ataupun konstruksi tertentu.

Harga ACP Terbaru 2021

aluminium composite panel

ACP memiliki beberapa spesifikasi mulai dari ukuran hingga warnanya. Jenis material satu ini memang terbilang lebih khusus dibandingkan dengan jenis aluminium lainnya. Ukuran aluminium composite panel juga sudah ada ketentuannya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Nama Lebar  Panjang  Harga
Seven ACP PVDF Glossy 4mm 1220 mm 2440 mm 540.600
Seven ACP PVDF 4mm 1220 mm 2440 mm 770.300
Seven ACP PVDF Glossy 4mm 1220 mm 4880 mm 1.450.500
Seven ACP PVDF 4mm 1220 mm 4880 mm 1.530.200
Seven ACP PVDF Glossy 4mm 1220 mm 2440 mm 780.200
Seven ACP PVDF Sparkling Saffron 4mm 1220 mm 2440 mm 745.400
Seven ACP PE 4mm 1220 mm 4880 mm 1.080.300
Globond ACP PE 4mm 1220 mm 2440 mm 552.150
Globond ACP PVDF 4mm 1220 mm 2440 mm 772.450

Ukuran ACP

cara pemasangan ACP

Ukuran standar ACP ( aluminium composite panel ) adalah  1220 x 2440 mm. Ukuran ini sudah terstandarisasi sehingga sebagian besar distributor menjualnya dalam ukuran yang sama. Ketebalan standarnya adalah 4mm tetapi tetap saja terasa begitu ringan karena pada dasarnya aluminium satu ini tetap ringan meski ketebalannya tinggi.

Fungsi Aluminium Composite Panel

ACP sering kali dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan. Setiap jenisnya memiliki fungsi masing-masing. Terlebih karena warnanya yang beragam membuat aluminium ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Berikut ini beberapa ulasan mengenai fungsi aluminium composite panel.

  • Mempercantik Bangunan

ACP memiliki banyak sekali pilihan warna yang bisa mempercantik bangunan. Bahkan, warna-warna yang terang dan mencolok bisa tetap Anda pilih sesuai dengan selera. Fungsi aluminium composite panel satu ini tidak akan bisa ditemukan pada komponen material aluminium biasa.

  • Bahan Konstruksi

Fungsi yang kedua adalah bisa digunakan sebagai komponen pembentuk konstruksi. Dalam hal ini konstruksi yang dimaksud tidak hanya bangunan saja, melainkan juga bisa jembatan dan yang lainnya. Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak kesulitan ketika memotongnya. Tidak perlu mengkhawatirkan masalah biayanya karena harga aluminium composite panel sangat terjangkau.

Cara Pemasangan Aluminum Composite Panel

Setelah mengetahui spesifikasi dan fungsi dari ACP, kini saatnya Anda mengetahui cara pemasangannya. Sebenarnya, cara pemasangan ACP sangatlah mudah karena Anda hanya membutuhkan material tambahan berupa besi. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Membuat Kerangka

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kerangka yang terbuat dari besi dan nantinya akan dimanfaatkan sebagai penyangga. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk membuat kerangka yang pas dan sesuai dengan rancangan bangunan yang ingin dibuat. Jika tidak, Anda akan kesulitan ketika proses pemasangan aluminiumnya.

  • Memasang Aluminium

Cara pemasangan ACP yang selanjutnya adalah mengumpulkan seluruh lembaran-lembarannya dan kemudian disambung menggunakan cara grooving. Dalam proses ini Anda perlu berhati-hati dan teliti agar tidak ada goresan sama sekali. Tentunya, Anda sendiri yang akan dirugikan jika sampai terdapat goresan.

  • Atur Kerataannya

Proses yang terakhir adalah mengatur tingkat kerataannya. Artinya, Anda tidak boleh sampai membiarkan ACP berbentuk tidak beraturan. Pastikan untuk menatanya dengan rapi satu persatu agar bangunan atau konstruksi yang dibuat juga terkesan rapi dan enak dipandang.

Varian Warna ACP

Berbeda dengan material sejenis lainnya yang biasanya hanya berwarna hitam, putih, ataupun abu-abu saja, ACP memiliki warna yang cukup beragam. Anda bisa menemukan warna aluminium composite panel berupa merah, kuning, hijau, biru, dan masih banyak lagi. Memang aluminium satu ini menyediakan berbagai pilihan warna yang menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

harga ACP

Mengetahui kelebihan dan kekurangan aluminium composite panel akan memberikan keuntungan kepada Anda. Bagaimana tidak? Ketika membeli sebuah barang, hal yang akan dicari tahu pastilah tentang kelebihan dan kekurangannya sehingga informasi satu ini benar-benar sangat penting.

  • Daya Tahan Maksimal

Jika dibandingkan dengan aluminium biasa, ACP memang memiliki daya tahan yang lebih maksimal. Material ini bahkan tahan terhadap cuaca panas maupun dingin yang terjadi sehari-hari sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir, Bahkan, meskipun terkena hujan berkali-kali aluminium satu ini tidak mudah berkarat.

  • Permukaan Rata

Kelebihan dan kekurangan menggunakan ACP yang selanjutnya adalah memiliki permukaan yang rata. Permukaan yang rata ini memudahkan pemiliknya untuk dapat membersihkannya tetapi sayangnya pada proses pemasangannya sedikit ribet. Namun, tetap saja material ini bisa diaplikasikan pada berbagai desain konstruksi.

  • Harga Terjangkau

Perlu diketahui meskipun ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh material ini, harga aluminium composite panel terbilang sangat terjangkau. Bahkan Anda bisa membelinya dalam ukuran lembaran sehingga bisa lebih murah dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Ragam Informasi Lainnya :
Harga Baja Ringan Harga Besi Hollow
Harga Triplek Harga HPL
Harga GRC Harga Besi Beton

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ACP yang perlu Anda ketahui. Keistimewaan yang dimiliki oleh aluminium satu ini memang lebih banyak dibandingkan dengan aluminium biasa. Terlebih lagi Anda bisa mendapatkan seluruh keistimewaan tersebut dengan harga aluminium composite panel yang terjangkau.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *