10+ Alat Listrik & Penghemat Listrik Terbaik & Aman

15+ Alat alat listrik dan juga alat penghemat listrik yang aman untuk rumah☑️ colokan listrik☑️ alat ukur listrik☑️ penambah daya listrik☑️

Penggunaan listrik di rumah memang perlu diatur agar tidak boros dan menghabiskan banyak budget bulanan Anda. Saat ini sudah banyak alat listrik yang dianggap bisa membuat penggunaan listrik menjadi lebih hemat. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut merupakan rekomendasi alat penghemat listrik yang bisa Anda gunakan.

Alat Penghemat Listrik

alat penghemat listrik

Kegunaan alat penghemat listrik cukup penting sebagai penstabil arus listrik serta mencegah terjadinya korsleting. Penggunaannya yang panjang juga membuat pemakainya bisa aman ketika meninggalkan rumah tanpa khawatir arus pendek yang terjadi.

  • SORJ Soft Starter

Alat pertama adalah SORJ Soft Starter yang memiliki kapasitas beban maksimum mencapai 400 watt. Harga alat ini cukup terjangkau, sekitar 60 ribu sampai 100 ribu rupiah dan bisa Anda beli secara daring maupun konvensional di tokonya langsung.

  • Dragon Power

Alat alat listrik yang dapat melakukan penghematan pada meteran adalah Dragon Power, alat ini hadir dengan fitur lampu LED untuk memudahkan Anda memantaunya. Untuk harga, alat ini dapat Anda dapatkan dengan membayar sekitar 300 ribu rupiah. Ia bisa membatasi sumber daya dan penggunaan arus listrik.

  • Enter Indonesia

Jika Anda hendak menggunakan alat buatan lokal, Enter Indonesia merupakan pilihan yang tepat. Sebab ia dibuat dan diproduksi di dalam negeri, sehingga sesuai dengan kultur penggunaan listrik di Indonesia. Harganya sekitar 300 ribu rupiah dan bisa menghemat hingga 40 persen listrik tiap bulannya.

Alat Penambah Daya Listrik

Selain menghemat listrik, ternyata juga terdapat alat listrik yang bisa digunakan untuk menambah daya pada listrik. Sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal karena daya listrik yang dimiliki jauh lebih besar dibandingkan dengan daya awal. Umumnya alat ini bisa Anda temukan di toko listrik ataupun toko e-commerce.

Namun, Anda juga bisa membuat alat  penambah daya listrik secara mandiri dengan mengikuti tutorial yang ada di Youtube. Tapi Anda tidak disarankan untuk membuat alat ini jika merusak dan membuat meteran Anda tidak lagi legal.

Pembelian alat tambah daya listrik ini juga dapat dilakukan di website tertentu, khususnya website personal yang penjualannya dilakukan secara mandiri.

Alat Ukur Listrik

Jangan lupa, ketika Anda hendak menggunakan alat penambah daya listrik maupun penghematannya, Anda perlu mengetahui ukuran daya listrik yang Anda miliki. Karena itulah penggunaan alat ukur listrik menjadi penting, Anda bisa menggunakan beberapa alat berikut:

  1. Amperemeter, gunanya untuk mengetahui besaran tegangan pada arus listrik. Terdapat dua macam jenis alat ini, yakni amperemeter AC dan DC, Anda bisa memilih sesuai dengan keperluan.
  2. Voltmeter digunakan untuk mengetahui besar kecilnya tegangan pada listrik diantara rangkaian listrik. Volmeter memiliki batasan penggunaan, sehingga jika digunakan dengan tegangan yang melebihi kemampuan, alatnya akan rusak.
  3. Alat untuk mengukur listrik lainnya adalah Ohm Meter yang sering digunakan untuk mengetahui hambatan pada arus listrik dan rangkaian tertutup.

Macam Macam Alat Listrik

alat listrik

Anda juga harus mengetahui macam-macam alat listrik agar proses pemasangan dan instalasi listrik menjadi lebih mudah. Umumnya alat listrik dibedakan berdasarkan fungsinya, yakni alat rumah tangga, alat penerangan dan penunjang fungsi rumah, serta alat elektronik.

Alat rumah tangga biasanya berkaitan dengan alat-alat masak, kulkas, dan sebagainya. Sedangkan alat penerangan adalah lampu, alat pijak listrik, hingga kipas angin dan pendingin ruangan.

Sedangkan alat elektronik biasanya berkaitan dengan media, seperti televisi, ponsel, ataupun komputer yang membutuhkan daya listrik agar tetap hidup. Jika tegangan listrik di rumah Anda kecil, jangan memasak banyak alat dengan daya listrik yang besar disana.

Cara Memasang Colokan Listrik

Ketika Anda hendak memasang alat listrik, Anda juga harus memasang colokan. Sering disebut sebagai stop kontak, ia merupakan alat yang penting agar peralatan listrik dapat digunakan dengan baik. Jika Anda hendak memasang colokan, pastikan bahwa tidak ada kabelnya yang mencuat keluar, karena bisa membahayakan.

Colokan listrik juga harus dipasang dalam keadaan yang baik, usahakan tidak ada bagian yang rusak pada badan maupun kabelnya. Ketika Anda hendak mencabutnya, usahakan jari tidak dekat dengan lubang colokan untuk menghindari tersetrum. Jangan lupa memasang colokan di tempat yang aman agar tidak melukai penghuni rumah yang lain.

Tips Menghemat Listrik

Walaupun Anda menggunakan macam macam alat penghemat listrik, Anda tetap harus melakukan penghematan pada penggunaan listrik agar biayanya tidak membengkak. Selalu matikan peralatan listrik jika tidak digunakan dan gunakan peralatan yang mengkonsumsi daya listrik yang rendah.

Ragam Informasi Lainnya :
Kabel Listrik Kabel NYY
Kabel NYA Kabel NYM

Itulah berbagai macam alat listrik yang dapat menghemat penggunaan listrik dan berbagai informasi menarik lain yang berkaitan dengannya. Semoga informasi tersebut menambah pengetahuan Anda untuk dimanfaatkan ke depannya.

Kata Kunci :

penghemat listrik,Alat penghemat daya Listrik,alat penghemat daya listrik dan harga nya

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *